• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Obat Demam yang Bisa Dibeli Tanpa Resep Medis

Ini 4 Obat Demam yang Bisa Dibeli Tanpa Resep Medis

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini 4 Obat Demam yang Bisa Dibeli Tanpa Resep Medis

Halodoc, Jakarta - Demam sering terjadi sebagai gejala dari banyak gangguan kesehatan. Saat anak, pasangan, atau orang terkasih mengalami demam, kamu tentu khawatir dan melakukan upaya untuk meredakan demam. Salah satunya mungkin dengan memberikan obat demam yang bisa dibeli tanpa resep di apotik.

Berbagai obat demam yang ada umumnya hanya membantu meredakan demam, bukan mengatasi apa yang jadi penyebab timbulnya demam. Meski begitu, sebagai pertolongan pertama di rumah, obat demam bisa membantu. Lantas, apa saja obat demam yang bisa dibeli tanpa resep medis?

Baca juga: Ini 5 Tanda Anak Demam Harus Dibawa ke Dokter

Berbagai Jenis Obat Demam yang Dijual Bebas

Ada beberapa jenis obat demam yang dijual bebas di apotik, dan bisa dibeli tanpa resep dari dokter, yaitu:

1.Paracetamol (Acetaminophen)

Obat demam yang satu ini mudah didapatkan di apotik, dengan berbagai merek. Fungsinya untuk meredakan demam dan nyeri. Bentuk sediaan paracetamol pun beragam, mulai dari tablet, kapsul, hingga sirup. 

Pastikan untuk membaca label dosis dan aturan pakai pada kemasan. Sebab, obat demam punya dosis yang berbeda-beda untuk bayi di atas 6 bulan, anak-anak, hingga dewasa. Efek samping yang dapat timbul dari konsumsi paracetamol adalah mual, muntah, sulit tidur, alergi, dan gatal-gatal. 

Berhati-hatilah dalam mengonsumsi paracetamol jika sedang mengonsumsi obat-obatan lain secara teratur. Sebab, obat demam ini bisa menimbulkan interaksi berbahaya, terutama jika dikonsumsi bersamaan dengan:

  • Obat pengencer darah, seperti misalnya warfarin.
  • Obat tuberkulosis, seperti isoniazid.
  • Obat kejang, seperti carbamazepine atau phenytoin.

2.Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat demam yang juga bisa membantu meredakan peradangan atau inflamasi dan nyeri dalam tubuh. Sama seperti paracetamol, penting untuk memerhatikan dosis dan aturan pakai yang tertera dalam kemasan obat. 

Secara umum, ibuprofen aman dikonsumsi mulai dari bayi usisa 6 bulan ke atas, anak-anak, hingga orang dewasa, selama memerhatikan dosis dan aturan pakai. Namun, pada beberapa orang, obat demam ini bisa menimbulkan efek samping berupa sakit perut. 

Jika sedang mengonsumsi obat-obatan lain, terutama obat pengencer darah, berhati-hatilah dalam minum ibuprofen. Obat demam ini juga disarankan untuk tidak dikonsumsi bersamaan dengan celecoxib, cyclosporine, diuretik dan obat darah tinggi.

Baca juga: Demam Saat Hamil? Ini Pilihan Obat yang Aman

3.Naproxen

Naproxen juga merupakan obat demam yang bisa dibeli tanpa resep medis. Namun, obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh anak di bawah 12 tahun, tanpa konsultasi dokter terlebih dahulu. 

Sama seperti ibuprofen, naproxen juga bisa meredakan peradangan dan nyeri di dalam tubuh. Efek samping yang mungkin dialami beberapa orang setelah mengonsumsi obat demam ini adalah sakit perut. Jadi, obat ini dianjurkan untuk dikonsumsi setelah makan. 

4.Aspirin

Dibandingkan ketiga obat demam tadi, aspirin tergolong lebih keras dan tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak tanpa anjuran dokter. Pada orang dewasa atau yang berusia 18 tahun ke atas, obat ini aman dikonsumsi. Efek samping yang dapat ditimbulkan aspirin pada beberapa orang juga lebih serius, seperti perdarahan hingga tukak lambung. 

Itulah beberapa jenis obat demam yang bisa dibeli bebas tanpa resep medis. Pastikan mematuhi dosis dan aturan pakai masing-masing jenis obat, yang tercantum pada label kemasan. Kamu bisa membeli obat demam tersebut dengan mudah lewat aplikasi Halodoc

Baca juga: Waspadai Demam Naik Turun Tanda 3 Penyakit Ini

Namun, jika sedang mengonsumsi obat-obatan lain secara teratur dan ragu apakah aman jika mengonsumsi obat demam juga, gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari risiko interaksi obat yang dapat membahayakan kesehatan.  

Selain minum obat demam, pastikan juga untuk minum air putih dan istirahat yang cukup. Jika suhu tubuh tak kunjung turun, atau malah tambah tinggi setelah minum obat demam yang dijual bebas, segera periksakan diri ke dokter. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Choosing the Best Fever Reducer.
Medical News Today. 2021. Fever: What You Need To Know.
Mayo Clinic. 2021. Fever treatment: Quick Guide To Treating a Fever.