Ini 5 Rekomendasi Obat Penurun Panas Dewasa yang Paling Ampuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Januari 2024

“Demam menjadi pertanda bahwa tubuh sedang berusaha melawan infeksi. Kamu bisa mengonsumsi obat penurun panas untuk mengatasinya, seperti Paracetamol, Panadol, Sanmol, Sumagesic, dan Sanmol.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Penurun Panas Dewasa yang Paling AmpuhIni 5 Rekomendasi Obat Penurun Panas Dewasa yang Paling Ampuh

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Penurun Panas untuk Dewasa


Halodoc, Jakarta – Demam terjadi ketika suhu tubuh meningkat di atas normal. Kondisi ini bukanlah penyakit, tapi merupakan gejala dari berbagai masalah kesehatan yang mendasari.

Demam menjadi pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang aktif melawan infeksi dari patogen yang masuk ke dalam tubuh. Kondisi ini juga bisa menjadi efek samping pengobatan tertentu.

Salah satu langkah paling efektif untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi obat penurun panas. Mau tahu apa saja rekomendasi obatnya? 

Rekomendasi Obat Penurun Panas untuk Dewasa

Demam pada orang dewasa terjadi ketika suhu tubuh berada di atas 37.2 derajat Celsius hingga 37.5 derajat Celsius. Kondisi ini dapat diatasi dengan berbagai rekomendasi obat penurun panas ini:

1. Paracetamol 500 mg

Paracetamol adalah obat yang efektif menurunkan demam pada orang dewasa, juga sakit kepala dan sakit gigi. Obat ini bekerja pada pusat pengatur suhu di hipotalamus untuk menurunkan suhu tubuh (antipiretik).

Selain itu, obat juga efektif menghambat sintesis prostaglandin sehingga dapat mengurangi nyeri ringan sampai sedang (analgesik). Kamu bisa mengonsumsi Paracetamol sebelum atau setelah makan.

Rentang harga: Rp3.800 per strip.

Dapatkan Paracetamol 500 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Panadol 500 mg

Rekomendasi obat penurun panas untuk dewasa selanjutnya adalah Panadol. Obat ini mengandung paracetamol yang mampu meringankan demam dan rasa sakit di area saraf yang bermasalah.

Panadol bekerja dengan di area pusat pengatur suhu otak (hipotalamus) untuk menurunkan suhu tubuh dan menghambat sintesis prostaglandin. Pada akhirnya, demam dapat teratasi.

Setiap kaplet Panadol mengandung 500 mg paracetamol yang bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Namun, sebaiknya konsumsilah obat sesudah makan jika kamu memiliki masalah pada pencernaan.

Rentang harga: Rp12.700 – Rp14.000 per strip.

Dapatkan Panadol 500 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Sanmol Forte

Pilihan obat penurun panas untuk dewasa lainnya adalah adalah Sanmol Forte. Obat ini mengandung 650 mg paracetamol sebagai bahan aktif pereda demam.

Sanmol Forte bekerja pada pusat pengatur suhu di hipotalamus untuk menurunkan suhu tubuh (antipiretik), serta menghambat sintesis prostaglandin sehingga dapat mengurangi nyeri ringan sampai sedang (analgetik).

Kamu bisa mengonsumsi obat ini 3-4 kali sehari sebanyak 1 tablet saja.

Kisaran harga: Rp2.500 – Rp3.000 per strip.

Dapatkan Sanmol Forte 4 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Jika yang mengalami panas adalah Si Kecil, ibu bisa memberikan beberapa rekomendasi obat dalam artikel ini: Murah dan Mudah Didapat, Ini 7 Rekomendasi Obat Penurun Panas Anak.

4. Sumagesic 600 mg

Sumagesic mengandung 600 mg paracetamol di setiap tabletnya. Tak hanya mengatasi demam saja, obat ini juga efektif mengatasi sakit kepala, gigi, dan meredakan gejala saraf kejepit.

Sama dengan merek sebelumnya, kandungan paracetamol dalam obat bekerja dengan menghambat sintesis prostaglandin yang mampu mengatasi demam dan nyeri ringan hingga sedang. 

Kamu bisa mengonsumsi Sumagesic 1 tablet, 3-4 kali sehari, sesuai dengan kebutuhan. Obat juga bisa diminum sebelum atau setelah makan dengan air putih. Segera hubungi dokter jika nyeri masih berlanjut.

Rentang harga: Rp2.700 – Rp3.100 per strip.

Dapatkan Sumagesic 600 mg 4 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Sanmol 500 mg

Rekomendasi lainnya adalah Salmol yang juga bisa meringankan demam, rasa sakit kepala, dan sakit gigi. Kandungan paracetamol di dalamnya bekerja pada pusat pengatur suhu di hipotalamus untuk menurunkan demam.

Rentang harga: Rp2.500 per strip.

Dapatkan Sanmol 500 mg di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi obat penurun panas untuk dewasa. Pastikan untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian dan kelengkapan produk, serta periksa juga masa berlaku produk yang akan kamu gunakan.

Segera hubungi dokter spesialis jika sakit masih berlanjut setelah menggunakan beberapa rekomendasi obat di atas. Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan dengan men-download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Penn Medicine. Diakses pada 2023. Fever.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Fever.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan