Ini 5 Buah yang Baik Dikonsumsi saat Diet

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Mei 2022

“Ada banyak buah untuk diet yang cocok dikonsumsi secara rutin. Nah, berikut beberapa buah yang dapat menurunkan berat badan, yaitu jeruk bali, apel, dan kiwi.”

Ini 5 Buah yang Baik Dikonsumsi saat DietIni 5 Buah yang Baik Dikonsumsi saat Diet

Halodoc, Jakarta – Buah adalah salah satu pilihan makanan yang dikonsumsi saat seseorang sedang dalam program diet. Buah memiliki nutrisi alami yang menyehatkan, sehingga sangat baik untuk penurunan berat badan. Namun, buah apa saja sih yang baik dikonsumsi untuk diet? Berikut beberapa buah yang direkomendasikan!

Pilihan Buah Saat Menjalani Diet

Buah adalah makanan bergizi yang baik dikonsumsi untuk penurunan berat badan. Selain itu, makanan ini juga sangat baik untuk menahan keinginan  mengonsumsi makanan manis yang kurang menyehatkan. Konsumsi buah juga dapat membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama karena kaya akan serat.

Nah, apa saja sih buah yang baik dikonsumsi saat menjalani diet?

1. Jeruk Bali

Jeruk Bali

Jeruk bali termasuk salah satu buah yang baik untuk diet serta penurunan berat badan. Setengah dari jeruk bali mengandung 39 kalori serta menyediakan 65 persen asupan harian untuk vitamin C. Buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah, berarti mampu melepaskan gula ke dalam aliran darah dengan lebih lambat. Buah ini mampu menurunkan kalori yang masuk ke tubuh, peningkatan kadar kolesterol, serta mengurangi lemak tubuh.

2. Apel

Buah Apel

Apel termasuk buah yang rendah kalori dan tinggi serat. Buah untuk diet ini mengandung sekitar 116 kalori dan 5,4 gram serat untuk ukuran yang besar. Maka dari itu, buah ini mampu untuk mendukung penurunan berat badan. Hal ini disebabkan apel yang dimakan utuh dapat mengurangi rasa lapar sehingga nafsu makan terkendali. Kamu juga bisa mengonsumsinya menjadi salad buah atau dicampur dengan yoghurt.

3. Kiwi

Buah Kiwi

Kiwi memiliki konsentrasi nutrisi yang tinggi, sehingga buah ini sangat baik untuk penurunan berat badan. Buah ini kaya akan serat, vitamin E, vitamin C, dan folat. Maka dari itu, kiwi termasuk buah untuk diet yang sangat baik dikonsumsi. Buah ini juga dapat meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi tekanan darah. Kiwi dapat diolah menjadi smoothie atau jus dan bahkan dibuat menjadi salad buah.

4. Beri

Buah Beri

Beri termasuk buah yang dapat meningkatkan tenaga dengan rendah kalori. Terbukti jika buah beri dapat menimbulkan rasa kenyang saat dikonsumsi. Selain itu, buah ini dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah, dan menurunkan peradangan, yang sangat baik dikonsumsi seseorang dengan kelebihan berat badan. Buah ini bisa dikombinasikan dengan sereal atau yoghurt.

5. Jeruk

Buah Jeruk

Jeruk adalah buah dengan rendah kalori dan tinggi vitamin C juga serat. Buah ini dapat menimbulkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. Maka dari itu, sangat baik untuk mengonsumsi buah ini secara rutin untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan. 

Itulah beberapa buah untuk diet yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Jika kamu sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, pastikan untuk mengonsumsi buah yang disebutkan secara rutin. Tentu saja, manfaatnya bukan hanya agar tubuh lebih langsing, tetapi juga menyehatkan secara keseluruhan. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi buah secara rutin setiap hari.

Kamu juga bisa menggunakan fitur tanya dokter dari Halodoc terkait buah yang cocok dikonsumsi saat dalam program diet. Untuk bisa menggunakan fitur ini, download aplikasi Halodoc sebelumnya. Lalu, kamu bisa berinteraksi dengan dokter hanya dengan penggunaan smartphone. Nikmati kemudahannya sekarang juga!

Referensi:
Healthify Me. Diakses pada 2022. 10 Weight Loss Fruits That You Must Eat. 
Healthline. Diakses pada 2022. The 11 Best Fruits for Weight Loss.
Women’s Health. Diakses pada 2022. 11 Best Fruits For Weight Loss, According To A Nutritionist.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan