Ini 5 Obat untuk mengatasi Asam Lambung Selama Puasa

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Maret 2024

Tidak adanya asupan makanan hingga 12 jam selama berpuasa bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Namun, kamu bisa mengonsumsi obat asam lambung seperti Famocid, Inpepsa Suspensi, Sanmag Suspensi, Polysilane Suspensi, dan Farmacrol Forte Suspensi yang bisa kamu dapatkan di Halodoc.

Ini 5 Obat untuk mengatasi Asam Lambung Selama PuasaIni 5 Obat untuk mengatasi Asam Lambung Selama Puasa

DAFTAR ISI

Halodoc, Jakarta – Perut yang kosong selama berpuasa bisa menjadi salah satu pemicu naiknya asam lambung. Dalam medis, kondisi ini dikenal sebagai GERD atau gastroesophageal reflux disease yang ditandai dengan rasa nyeri dan perih di bagian perut dan ulu hati.

Meskipun memiliki asam lambung, kamu tetap bisa kok menjalani ibadah puasa Ramadan dengan maksimal . Asalkan, memperhatikan pola makan dan segera meminum obat asam lambung saat kambuh. 

Mau tahu apa saja rekomendasi obat asam lambung yang ampuh? Berikut ulasannya!

Pilihan Obat untuk Mengatasi Asam Lambung

Ada beberapa obat asam lambung yang ampuh mengatasi rasa nyeri di perutmu, antara lain:

1. Famocid 20 Mg 6 Tablet

Obat asam lambung pertama yang bisa konsumsi adalah Famocid Tablet. Obat ini mengandung zat aktif dari golongan histamin H2, yaitu famotidine. 

Famotidine bekerja dengan menghambat reseptor histamin H2 secara kompetitif, sehingga produksi asam lambung menurun. 

Famocid juga bisa mengatasi penyakit saluran cerna lainnya, seperti tukak lambung, Zollinger ellison syndrome, Ulkus duodenum, dan GERD. 

Jika kamu menggunakan obat ini sebagai terapi pemeliharaan, maka bisa mengonsumsi satu kali sehari sebelum tidur. 

Kisaran harga: Rp33.700 per strip.

Dapatkan Famocid 20 mg 6 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. GRATIS ongkir dan 100% produknya asli!

Gratis ongkir (s.d.) Rp. 22rb, dengan minimum transaksi Rp. 80rb, berlaku untuk semua produk di Toko Kesehatan Halodoc. Periodenya berlaku: 25 Feb – 9 Apr 2024.

2. Inpepsa Suspensi 100 ml

Kamu juga bisa mengonsumsi Inpepsa Suspensi untuk mengatasi asam lambung selama bulan puasa. Obat ini mengandung zat aktif sukralfat yang bekerja untuk melindungi mukosa lambung. 

Inpepsa juga banyak digunakan untuk mengobati ulkus duodenum, tukak lambung, dan gastritis kronis. Orang dewasa bisa mengonsumsi obat ini 4 kali sehari 2 sendok takar, setara dengan 10 ml. 

Jika ibu hamil dan menyusui ingin mengonsumsi obat ini, sebaiknya konsultasikan pada dokter. Sebab, terserap atau tidaknya obat ini ke dalam ASI masih belum diketahui. 

Rentang harga: Rp98.600 – Rp99.500 per botol.

Dapatkan Inpepsa Suspensi 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc.  Obatnya dikirim dari apotek tepercaya!

3. Sanmag Suspensi 120 ml

Naiknya asam lambung, tukak lambung, gastritis, kram saluran cerna, dispepsia, hingga tukak usus dua belas jari bisa diobati dengan Sanmag Suspensi ini. 

Kombinasi dari zat aktif alumunium hidroksida dan magnesium trisilicate bekerja menetralkan asam lambung, sehingga rasa nyeri berkurang. 

Di dalam obat ini, juga ada simethicone yang bisa mengatasi perut kembung dan sendawa akibat adanya peningkatan produksi gas di saluran cerna. 

Kamu bisa juga bisa mengatasi perut kembung dengan beberapa cara. Baca disini: “Inilah 5 Cara Mengatasi Perut Kembung yang Ampuh”.

Kamu bisa mengonsumsi 1-2 sendok takar (5-10 ml) sebanyak 3-4 kali sehari. Obat ini diberikan saat perut kosong atau 2 jam setelah makan agar bekerja maksimal.

Rentang harga: Rp36.500 – Rp37.300 per botol.

Dapatkan Sanmag Suspensi 120 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 100% produknya asli!

4. Polysilane Suspensi 100 ml

Polysilane Suspensi 100 ml mengandung aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida. Keduanya bekerja efektif untuk menetralkan asam lambung dan menginaktifkan pepsin. 

Jika enzim pepsin dibiarkan tetap aktif, maka dinding lambung akan semakin terkikis, sehingga tidak bisa melindunginya dari asam lambung. 

Saat asam lambung naik, pengidapnya akan mengalami rasa penuh pada lambung seperti kembung dan ingin sendawa. Kondisi ini bisa diatasi dengan obat ini karena mengandung simethicone sebagai anti kembung. 

Obat ini tidak hanya bisa dikonsumsi orang dewasa, tapi juga anak-anak 6-12 tahun. Dosis penggunaan untuk orang dewasa yaitu 5-10 ml diminum 3-4 kali sehari.

Sedangkan untuk dosis anak-anak 2,5-5 ml diminum 3-4 kali sehari. Konsumsilah 1-2 jam setelah makan atau menjelang tidur. 

Rentang harga: Rp27.900 – Rp31.000 per botol.

Dapatkan Polysilane Suspensi 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc. Pesanan kamu akan sampai dalam satu jam!

5. Farmacrol Forte Suspensi 100 ml

Naiknya asam lambung bisa membuat perut tidak nyaman seharian, bahkan bisa mengganggu aktivitas harianmu. Untuk itu, kamu harus mengonsumsi Farmacrol Forte Suspensi untuk mengatasinya. 

Obat ini mengandung magnesium hidroksida dan aluminium hidroksida sebagai penetral asam lambung. Selain itu, juga ada kandungan simethicone yang efektif untuk mengatasi perut kembung. 

Farmacrol juga sering diresepkan dokter untuk mengatasi berbagai masalah penyakit saluran cerna. Contohnya, perut kembung, gastritis, tukak lambung, tukak usus, hiperasiditas, dispepsia, hiatus hernia, dan maag. 

Anak-anak dan dewasa bisa mengonsumsi obat ini dengan dosis yang sesuai, yaitu:

  • Untuk anak-anak: dosisnya  1/2 sendok takar (5 ml) 3-4 kali sehari.
  •  Untuk dewasa: dosisnya 1 sendok takar (5 ml) 3-4 kali sehari.

Rentang harga: Rp71.100 – Rp74.600 per botol.

Dapatkan Farmacrol Forte Suspensi 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc. Praktis, tak perlu keluar rumah, dan obatnya dikirim dari apotek tepercaya.

Itulah beberapa obat asam lambung untuk mengatasi naiknya asam lambung selama berpuasa. Obat-obatan di atas bisa kamu dapatkan melalui Toko Kesehatan Halodoc dengan mudah dan praktis. Produknya juga akan dikirim dari apotek tepercaya.

Referensi:
Medline Plus. Diakses pada 2024. GERD.
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2024. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan