Ini 5 Penyakit yang Dapat Terjadi Akibat Infeksi Jamur

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Januari 2023

“Infeksi jamur dapat menyebabkan beberapa penyakit. Mulai dari penyakit kaki atlet, infeksi jamur di selangkangan, kurap, kandidiasis, dan penyakit jamur kuku.”

Ini 5 Penyakit yang Dapat Terjadi Akibat Infeksi JamurIni 5 Penyakit yang Dapat Terjadi Akibat Infeksi Jamur

Halodoc, Jakarta –   Infeksi jamur dapat menyerang siapa saja, dan dapat muncul di beberapa bagian tubuh. Misalnya, atlet dengan kutu air, bayi dengan sariawan, dan infeksi jamur vagina pada wanita. 

Dalam kasus lain, jamur yang biasanya ada di dalam atau di dalam tubuh dapat berkembang biak di luar kendali dan menyebabkan infeksi. Informasi selengkapnya menjadi penyakit yang dapat terjadi akibat infeksi jamur bisa dibaca di sini!

Infeksi Jamur dapat Memicu Jenis Penyakit Ini

Infeksi jamur bisa menular dari satu orang ke orang lainnya. Seseorang juga dapat tertular jamur dari hewan yang terinfeksi atau tanah atau permukaan yang terkontaminasi. Lantas, penyakit yang dapat terjadi akibat infeksi jamur adalah:

1. Penyakit kaki atlet

Penyakit kaki atlet juga dikenal sebagai tinea pedis, yang disebabkan oleh infeksi jamur. Tinea pedis dapat memengaruhi kulit kaki, serta tangan dan kuku. Infeksi ini disebabkan oleh dermatofita, sekelompok jamur yang tumbuh subur di area hangat dan lembap di sela-sela jari kaki.

Kondisi ini sangat umum di kalangan atlet dan orang yang berolahraga. Seseorang juga dapat tertular infeksi jamur dari permukaan yang terkontaminasi, seperti kamar mandi umum atau lantai ruang ganti.

2. Infeksi jamur di selangkangan

Infeksi jamur juga dapat memengaruhi kulit di area selangkangan, serta paha bagian dalam dan bokong. Jenis infeksi ini kebanyakan menyerang pria dan anak laki-laki, tetapi wanita dan anak perempuan juga dapat mengembangkan kondisi ini.

3. Kurap

Kurap adalah infeksi jamur yang dapat memengaruhi kulit dan kulit kepala. Mirip dengan kaki atlet dan gatal di selangkangan, ini disebabkan oleh dermatofita. Kurap juga merupakan bagian dari kelompok jamur yang tumbuh di kulit, terutama di bagian tubuh yang lembap. Biasanya gejala kurap dimulai dengan ruam kemerahan, gatal, dan bersisik yang seiring waktu, bercak kurap dapat menyebar dan membentuk cincin merah.

4. Kandidiasis

Candida albicans adalah sejenis jamur yang dapat menginfeksi kulit, mulut, saluran pencernaan, saluran kemih, atau alat kelamin. Keberadaan candida albicans dalam jumlah kecil tidak berbahaya. Namun, akan berdampak buruk bila jamur ini berkembang biak terlalu banyak, sehingga menyebabkan infeksi jamur sesuai dengan lokasi yang terinfeksi. Jadi, bisa di mulut, tenggorokan, ataupun di vagina.

5. Penyakit jamur kuku

Onikomikosis adalah jenis infeksi jamur yang dapat menyebabkan penyakit jamur pada kuku. Kondisi ini juga disebut sebagai tinea unguium. Jamur kuku biasanya dimulai sebagai bintik kecil berwarna terang di kuku, yang kemudian menyebar lebih luas yang dapat mengubah bentuk dan warna kuku. Seiring waktu, jika tidak ditangani dengan benar, penyakit jamur kuku ini dapat menyebabkan kuku menjadi lebih tebal dan rapuh.

Cara Mencegah Infeksi Jamur

Pencegahan infeksi jamur dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan tubuh. Berikut ini adalah tips sederhana yang bisa dipraktikkan sehari-hari:

1. Mengenakan pakaian yang menyerap keringat dan tidak ketat

Jika kamu tipikal orang yang mudah berkeringat, sebaiknya kenakanlah pakaian yang menyerap keringat dan tidak terlalu ketat. Pakaian yang ketat dapat meningkatkan suhu tubuh dan kelembapan di area-area tertentu, terutama organ intim. 

2. Gunakan antibiotik sesuai dengan anjuran dokter

Gunakan antibiotik hanya jika memang diperlukan. Jika berlebihan, justru akan mengurangi jumlah bakteri baik dalam tubuh, yang dapat memicu infeksi jamur.

3. Mengonsumsi yoghurt

Konsumsi yoghurt yang mengandung kultur aktif dapat menjaga keseimbangan pertumbuhan bakteri baik.  Ini pada akhirnya dapat membantu tubuh mencegah perkembangan jamur di tubuh.

Itulah informasi mengenai jenis penyakit yang dapat terjadi akibat infeksi jamur. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai penyakit tertentu, download saja Halodoc. Lewat Halodoc, kamu juga bisa mendapatkan obat dan vitamin tanpa harus keluar rumah ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Everything You Need to Know About Fungal Infection.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Fungal Infections (Mycosis).
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2023. Yeast Infection

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan