Ini 5 Rekomendasi Krim untuk Mengatasi Eksim atau Dermatitis Atopik

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 April 2024

“Eksim atau dermatitis atopik sering kali memicu rasa gatal, kemerahan, hingga kulit kering akibat peradangan. Oleskan krim seperti Kenacort, Bufacomb, Esperson, Pharmason, dan Desoximetasone yang bisa kamu beli di Halodoc untuk mengatasinya.”

Ini 5 Rekomendasi Krim untuk Mengatasi Eksim atau Dermatitis AtopikIni 5 Rekomendasi Krim untuk Mengatasi Eksim atau Dermatitis Atopik

DAFTAR ISI

Halodoc, Jakarta – Eksim atau dermatitis atopik adalah kondisi peradangan pada kulit yang ditandai dengan gatal-gatal, kemerahan, kering, dan pecah-pecah. Kondisi ini tidak hanya terjadi satu atau dua hari, tapi bisa berlangsung hingga bertahun-tahun. 

Penyebabnya bisa jadi akibat gangguan sistem imun tubuh, faktor lingkungan, genetik, perubahan hormonal, dan gangguan lapisan pelindung kulit. Eksim harus segera diobati agar tidak memengaruhi penampilan kamu. Sebab, jika digaruk bisa membuat kulit timbul bopeng, berlubang, dan menggelap. 

Mau tahu apa saja krim yang dapat digunakan untuk mengatasi eksim atau dermatitis atopik? Ini rekomendasinya!

Rekomendasi Krim untuk Mengatasi Eksim atau Dermatitis Atopik

Berikut ini adalah rekomendasi krim yang bisa kamu beli untuk mengatasi eksim atau dermatitis atopik, antara lain:

1. Kenacort-A 0.1% Cream 10 g

Untuk mengobati permasalahan kulit seperti eksim, kamu bisa gunakan sediaan topikal berbentuk cream ini. Krim eksim ini mengandung Triamcinolone acetonide yang bekerja melepaskan enzim hidrolase yang sifatnya asam dan desktruktif dari sel darah putih, sehingga menurunkan permeabilitas dinding kapiler dan pembentukan edema.  

Itulah sebabnya krim ini ampuh untuk mengobati peradangan atau inflamasi, gatal-gatal, dan kemerahan serta kekeringan pada kulit.  

Oleskan krim ini 2-3 kali sehari. Hentikan penggunaan apabila terjadi iritasi pada kulit yang dioleskan. 

Kisaran harga: Rp132.600 per tube.

Dapatkan Kenacort-A 0m1% Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Bufacomb Cream 5 gr

Bufacomb adalah krim yang dapat mengatasi gonore, stomatitis aftosa, periadenitis mukosa nekrotika rekurens, ulserasi traumatik, ulkus aftosa herpetiformis, ulserasi akibat obat, serta dermatitis atopik. 

Di dalam krim eksim ini, terkandung Triamcinolone yang juga berfungsi untuk meredakan peradangan pada kondisi eksim yang sedang dialami. Oleskan tipis-tipis ke bagian yang gatal sebanyak 2-3 kali sehari. 

Kisaran harga: Rp32.100 – Rp32.400 per tube.

Dapatkan Bufacomb Cream 5 gr di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Esperson Cream 0.25% 5 g

Esperson adalah obat eksim yang mengandung desoximetasone. Desoximetasone berasal dari golongan kortikosteroid. Obat ini bekerja untuk meredakan peradangan akut yang berat, kelainan kulit alergi, dan psoriasis. 

Kamu bisa mengoleskannya ke bagian kulit yang sakit sebanyak 1-2 kali sehari. Gosoklah dengan lembut dan perlahan. Obat ini tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang. 

Selama pengobatan, penting bagi pengidapnya untuk menghindari beberapa hal yang dapat memicu kambuhnya eksim. Baca selengkapnya di artikel ini: “5 Hal yang Bisa Memicu Kambuhnya Dermatitis Atopik”.

Kisaran harga: Rp85.500 per tube.

Dapatkan Esperson Cream 0,25% 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Pharmason 0.25% Cream 15 g

Apakah kamu sedang mengidap eksim atau dermatitis atopik? Nah, kamu bisa segera mengoleskan Pharmason 0.25% Cream untuk mengatasi masalah tersebut. Oleskan krim ini ke bagian kulit yang meradang sebanyak 1-2 kali sehari. Jika perlu, bisa ditingkatkan menjadi tiga kali sehari. 

Apabila kemerahan di kulitnya sudah mulai membaik, maka frekuensi penggunaan bisa dikurangi. Contohnya, dari 2 kali menjadi 1 kali sehari. 

Dokter juga kadang meresepkan krim ini untuk pengobatan gejala peradangan pada alergi dan pruritus. Jika kamu ingin menggunakan krim eksim ini pada area tubuh yang lebih luas (lebih dari 10% permukaan tubuh) selama lebih dari 4 minggu, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter.

Kisaran harga: Rp37.000 per tube.

Dapatkan Pharmason 0.25% Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Desoximetasone 0.25 % Cream 15 gr

Krim eksim terakhir yang bisa digunakan adalah Desoximetasone 0.25% Cream. Obat ini dapat digunakan untuk mengobati gejala peradangan termasuk radang akut, psoriasis, dan kelainan kulit alergis serta kronis.

Cara penggunaannya yaitu dengan dioleskan 1-2 kali sehari pada kulit yang sedang meradang secara perlahan. Setelah dipakai, hindari paparan panas atau api dari kulit!

Kisaran harga: Rp19.100 per tube.

Dapatkan Desoximetasone 0.25% Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Jika eksim tidak membaik hingga beberapa hari, kamu bisa konsultasikan bersama dokter spesialis kulit di Halodoc

Itulah pilihan krim eksim atau dermatitis atopik yang bisa kamu dapatkan di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya 100% asli dan dikirim dari apotek tepercaya. Yuk, pesan obatnya sekarang juga agar kondisimu makin membaik!

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Atopic dermatitis (eczema)

National Eczema Association. Diakses pada 2024. Atopic Dermatitis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan