Ini 5 Rekomendasi Obat Asma Inhaler yang Bagus dan Efektif

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Januari 2024

“Ada berbagai produk asma inhaler yang bagus dan efektif. Mulai dari Ventolin Nebules 2.5 mg 5 Ampul, Ventolin Inhaler 100 mcg 200 Doses, hingga Suprasma Inhaler 100 mcg 200 Dose”

Ini 5 Rekomendasi Obat Asma Inhaler yang Bagus dan EfektifIni 5 Rekomendasi Obat Asma Inhaler yang Bagus dan Efektif

DAFTAR ISI

  1. Rekomendasi Obat Inhaler Asma

Halodoc, Jakarta – Asma adalah kondisi ketika saluran udara mengalami penyempitan dan pembengkakan serta menghasilkan lendir yang berlebihan. Kondisi ini dapat memicu kesulitan untuk bernapas, batuk, sesak napas, hingga mengi.

Melakukan tindakan pencegahan agar asma tidak kambuh menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Namun, jika gejalanya kambuh dan semakin memburuk, sebaiknya segera lakukan pengobatan sesuai dengan saran dokter.

Nah, mau tahu apa saja obat asma inhaler yang ampuh untuk mengatasi serangan asma? Berikut ulasannya!

Rekomendasi Obat Asma Inhaler

Berikut ini rekomendasi obat asma inhaler yang bagus dan efektif untuk mengatasi dan menurunkan gejala asma:

1. Ventolin Nebules 2.5 mg 5 Ampul

Obat ini merupakan salah satu obat yang sangat efektif untuk mengatasi penyakit pada saluran pernapasan, seperti asma hingga penyakit paru. Namun, penggunaan obat ini memerlukan peralatan nebulizer.

Obat inhaler ini mengandung zat aktif salbutamol. Kandungan ini merupakan obat sistem saluran napas yang termasuk agonis adrenoreseptor beta-2 selektif kerja pendek.

Cara kerjanya dengan merangsang selektif reseptor beta-2 terutama pada otot bronkus sehingga otot bronkus mengalami relaksasi. Penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan saran dokter, jadi kamu tidak bisa sembarangan menggunakan obat inhaler ini.

Rentang harga: Rp36.300-Rp85.900 per strip.

Dapatkan Ventolin Nebules 2.5 mg 5 Ampul di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Seretide Inhaler 25/50 mcg 120 Dosis

Obat asma inhaler ini mampu membantu kamu mengurangi gejala asma dengan cepat. Penggunaan obat ini pun harus sesuai dengan dosis dan saran dokter. Jadi, tidak boleh menggunakannya sembarangan. 

Menggunakan obat ini tidak sesuai dengan dosis dapat menyebabkan efek samping, seperti sakit kepala, iritasi tenggorokan, hingga jantung berdebar.

Rentang harga: Rp187.600-Rp192.800 per box.

Dapatkan Seretide Inhaler 25/50 mcg 120 Dosis di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Ventolin Inhaler 100 mcg 200 Doses

Ventolin inhaler merupakan obat asma yang bisa langsung kamu gunakan tanpa bantuan alat nebulizer. Obat asma inhaler ini juga memiliki kandungan salbutamol untuk mengatasi penyakit asma dan penyakit paru.

Penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dari dokter. Untuk menggunakannya, kocok dahulu inhaler sebelum menggunakannya. Kemudian, duduk tegak. Tekan inhaler bersama dengan tarik napas panjang. Tahan napas selama 10 detik setelah menghirup obat ini. Lalu, buang napas secara perlahan.

Kamu juga bisa cari tahu lebih banyak cara tepat menggunakan inhaler melalui artikel “Cara Menggunakan Inhaler Asma dengan Tepat”.

Rentang harga: Rp161.900 – Rp164.600 per botol.

Dapatkan Ventolin Inhaler 100 mcg 200 Doses di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Flixotide 50 mcg Inhaler

Obat inhaler asma ini mengandung fluticasone propionate sebesar 50 mcg. Kandungan tersebut mampu menurunkan gejala asma dan mencegah kondisi asma menjadi semakin memburuk.

Obat ini merupakan obat yang penggunaannya harus memerlukan resep dokter. Jadi, kamu tidak sembarangan boleh menggunakan obat ini.

Rentang harga: Rp132.900-Rp170.700 per box.

Dapatkan Flixotide 50 mcg Inhaler di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Suprasma Inhaler 100 mcg 200 Dose

Obat asma inhaler ini mampu mengatasi penyempitan saluran napas yang terjadi akibat asma dan sesak nafas. Produk ini juga mampu meringankan gejala asma, seperti mengi, dada terasa sesak, hingga napas menjadi lebih pendek.

Namun, penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan saran yang diberikan oleh dokter. Bila digunakan secara berlebihan, obat inhaler asma ini berisiko meningkatkan efek samping, seperti iritasi mulut dan tenggorokan.

Rentang harga: Rp90.000-Rp97.700 per box.

Dapatkan Suprasma Inhaler 100 mcg 200 Dose di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah berbagai obat asma inhaler yang bagus dan efektif untuk menurunkan gejala asma. Jika setelah penggunaan obat ini gejala tidak membaik, sebaiknya segera kunjungi rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan secara langsung.

Waspada terhadap berbagai penyebab asma. Cari tahu ulasannya melalui artikel “7 Faktor Penyebab Asma yang Harus Diketahui”. Cegah asma dengan menghindari pemicu alergi, menjaga kebersihan lingkungan, rutin berolahraga, dan menjaga berat badan tetap stabil.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Asthma.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Asthma.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan