Ini 6 Cara Simpel Mencegah Penyakit Menular Seksual

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Agustus 2020
Ini 6 Cara Simpel Mencegah Penyakit Menular SeksualIni 6 Cara Simpel Mencegah Penyakit Menular Seksual

Halodoc, Jakarta - Mau tahu berapa banyaknya jumlah kasus penularan infeksi seksual yang terjadi tiap harinya? Jangan kaget, menurut data yang dilansir Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setidaknya ada sekitar satu juta kasus penularan infeksi seksual tiap harinya. Cukup banyak, kan?

Pertanyaannya, bagaimana sih cara mencegah penyakit menular seksual?

1. Tidak Melakukan Seks Bebas

Pelaku seks bebas harus siap berhadapan dengan berbagai risiko penyakit seksual. Mulai dari HIV, sifilis, gonore (kencing nanah), hingga herpes genital. Hal yang bikin khawatir, pelaku seks bebas yang telah terinfeksi ini bisa menjadi orang yang menularkan penyakit kelamin pada orang lain. 

Seks bebas punya beragam definisi yang sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku di masyarakat. Salah satu definisinya, melakukan hubungan seksual tanpa ikatan pernikahan dan dilakukan dengan banyak orang. 

Ingat, berbagai penelitian telah membuktikan bahwa berhubungan seks dengan beberapa orang, bisa meningkatkan risiko tertular penyakit menular seksual. 

Baca juga: 6 Tanda Fisik Jika Mengidap Penyakit Seksual

2.Jangan Berhubungan dengan Pasangan yang Terinfeksi

Saat pasanganmu terinfeksi penyakit menular seksual, seperti sifilis atau gonore, hindarilah untuk melakukan hubungan seksual dengannya. Sebaiknya lakukan pengobatan dahulu ke dokter sampai penyakit tersebut benar-benar sembuh. Biasanya dokter nanti akan menyarankan dirimu kapan dapat kembali berhubungan intim dengan pasangan, bila keadaannya sudah aman. Dengan kata lain, secinta apa pun dirimu dengan pasangan, sebaiknya tunda dulu aktivitas yang satu ini sampai benar-benar pulih.

3.Gunakan Kondom

Menurut ahli dari Centers for Disease Control and Prevention, penggunaan kondom secara konsisten efektif untuk mencegah penyakit menular seksual. Apalagi, bagi mereka yang aktif secara seksual dan sering bergonta-ganti pasangan. Meskipun terkadang enggak dapat mencegah penyakit seksual sepenuhnya, alat kontrasepsi ini efektif jika pemakaiannya benar. 

Baca juga: Cari Tahu Tentang Gonore yang Ditularkan dari Hubungan Intim

4.Sunat pada Laki-laki

Hal yang satu ini terbukti dapat memangkas risiko kaum adam untuk terkena penyakit HIV dari hubungan seksual sebanyak 60 persen. Enggak cuma itu saja, kata ahli sunat juga bisa membantu untuk mencegah penularan herpes dan infeksi HPV. 

5.Setia pada Satu Pasangan

Setia pada satu pasangan tidak hanya baik bagi kebahagian hidupmu saja. Kesetiaan ini juga bisa mencegah dirimu dan pasangan dari penyakit menular seksual.

Oleh sebab itu, pastikan pasanganmu hanya berhubungan seksual dengan dirimu. Enggak cuma itu, sebelum rutin melakukan hubungan intim, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri demi memastikan tidak ada yang terinfeksi penyakit menular seksual. 

6.Bentengi Diri dengan Vaksin

Kata ahli, beberapa penyakit seksual bisa dicegah dengan pemberian vaksinasi dewasa. Misalnya, hepatitis B, kutil kelamin, dan kanker serviks yang disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV). Vaksinasi HPV sebenarnya direkomendasikan untuk anak perempuan berusia 9-13 tahun. Namun, wanita di bawah 26 tahun yang belum divaksin juga disarankan untuk melakukannya segera. 

Baca juga: 4 Fakta tentang Sifilis yang Ditularkan dari Hubungan Intim

Mau tahu lebih jauh mengenai cara mencegah penyakit menular seksual? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc, kapan saja dan di mana saja.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Understanding Sexually Transmitted Disease Prevention 
Healthline. Diakses pada 2020. STD Prevention.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Sexually Transmitted Diseases (STDs). How You Can Prevent Sexually Transmitted Diseases. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Diseases & Conditions. Sexually Transmitted Diseases (STDs).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan