Ini Dokter Paru yang Bisa Mengobati Bronkopneumonia

5 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   29 Februari 2024

“Bronkopneumonia nyatanya bisa sebabkan komplikasi berbahaya jika tak segera ditangani. Hubungi segera dokter paru di Halodoc jika kamu atau orang terdekat mengalaminya.”

Ini Dokter Paru yang Bisa Mengobati BronkopneumoniaIni Dokter Paru yang Bisa Mengobati Bronkopneumonia

DAFTAR ISI

  1. Komplikasi Berbahaya dari Bronkopneumonia
  2. Rekomendasi Dokter Paru di Halodoc untuk Pengobatan Bronkopenumonia
    1. DR. dr. Mulkan Azhary M.Sc, Sp.P
    2. dr. Made Agustya Darma Putra Wesnawa Sp.P
    3. dr. Kornelis Aribowo Sp.P
    4. dr. Ayudiah Puspita Mayasari Sp.P

Halodoc, Jakarta – Bronkopneumonia adalah suatu jenis pneumonia (radang paru-paru) yang melibatkan peradangan pada bronkiolus, yaitu saluran udara kecil di dalam paru-paru. Pneumonia terjadi ketika mikroorganisme seperti bakteri, virus, atau jamur menginfeksi paru-paru, menyebabkan peradangan dan gangguan pada fungsi pernapasan.

Pada bronkopneumonia, infeksi umumnya dimulai di bronkiolus, saluran udara kecil yang membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru. Infeksi ini kemudian dapat menyebar ke jaringan paru-paru di sekitarnya. Gejala bronkopneumonia bisa termasuk batuk, demam, sesak napas, nyeri dada, dan produksi lendir yang berlebihan.

Komplikasi Berbahaya dari Bronkopneumonia

Komplikasi yang dapat terjadi akibat bronkopneumonia dapat bervariasi tergantung pada keparahan infeksi dan faktor-faktor lain seperti usia dan kesehatan umum pasien.

Beberapa komplikasi yang mungkin timbul akibat bronkopneumonia meliputi:

  • Abses Paru-paru: Infeksi paru-paru yang tidak diobati dengan baik dapat menyebabkan pembentukan kantong nanah yang disebut abses paru-paru.
  • Efusi Pleura: Ini adalah penumpukan cairan di antara lapisan luar paru-paru (pleura) dan dinding dada, yang dapat mengganggu pernapasan.
  • Sepsis: Infeksi paru-paru yang parah dapat menyebabkan bakteri atau toksin dari paru-paru masuk ke dalam aliran darah, menyebabkan infeksi sistemik yang dikenal sebagai sepsis, yang bisa berpotensi mengancam jiwa.
  • Gagal Napas: Kondisi paru-paru yang terpengaruh oleh bronkopneumonia dapat menyebabkan kesulitan bernapas, bahkan hingga gagal napas.
  • Pleura Empyema: Ini adalah kondisi saat nanah berkumpul di ruang antara lapisan paru-paru dan pleura, menyebabkan infeksi serius.
  • Pneumothoraks: Sekitar abses paru-paru atau efusi pleura, udara bisa masuk ke dalam rongga pleura, menyebabkan paru-paru kolaps sebagian atau sepenuhnya.
  • Penyakit Jantung: Pneumonia dapat menyebabkan stres pada sistem kardiovaskular, terutama pada individu yang sudah mengidap penyakit jantung.
  • Komplikasi Neurologis: Pneumonia yang parah dapat menyebabkan hipoksia (kurangnya oksigen) yang dapat berdampak negatif pada otak dan sistem saraf.
  • Kerusakan Paru-paru Jangka Panjang: Pneumonia berulang atau yang parah dapat menyebabkan kerusakan permanen pada paru-paru, seperti jaringan parut.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua kasus bronkopneumonia akan mengalami komplikasi, dan banyak faktor dapat memengaruhi risiko dan keparahan komplikasi yang mungkin timbul.

Langkah-langkah pencegahan yang tepat, pengobatan yang cepat dan tepat, serta pemantauan yang cermat dapat membantu mengurangi risiko terjadinya komplikasi.

Selain itu, karena Gejala Tidak Jelas, Bronkopneumonia Datang Tiba-Tiba.

Rekomendasi Dokter Paru di Halodoc untuk Pengobatan Bronkopenumonia

Penting untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan medis yang tepat jika kamu mengalami gejala yang mencurigakan atau memiliki riwayat keluarga dengan kondisi ini. 

Nah, berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis paru yang sudah memiliki pengalaman dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Ini daftarnya:

1. DR. dr. Mulkan Azhary M.Sc, Sp.P

Kamu bisa menghubungi DR. dr. Mulkan Azhary M.Sc, Sp.P jika ingin mengatasi bronkopneumonia yang kamu alami.

Ia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala pada 2008 dan Universitas Indonesia pada 2020. 

DR. dr. Mulkan Azhary M.Sc, Sp.P saat ini melakukan praktik di Banda Aceh dan tergabung sebagai anggota aktif Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

Berbekal pengalaman selama 16 tahun yang ia miliki membuat DR. dr. Mulkan Azhary M.Sc, Sp.P bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait gangguan pernapasan, seperti bronkopneumonia , asma, dan masih banyak lagi.

Chat DR. dr. Mulkan Azhary M.Sc, Sp.P mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Made Agustya Darma Putra Wesnawa Sp.P

Dokter Made Agustya Darma Putra Wesnawa Sp.P adalah alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 2014 dan Universitas Airlangga pada 2021. 

Kini, dr. Made Agustya Darma Putra Wesnawa Sp.P berpraktik di Badung, Bali, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

Dengan pengalaman selama 10 tahun sebagai dokter paru, ia bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar bronkopneumonia .

Kamu juga bisa menghubunginya untuk bertanya tentang penyakit paru lainnya, seperti batuk kronis, COVID-19, tuberkulosis, pneumonia, dan bronkitis. 

Chat dr. Made Agustya Darma Putra Wesnawa Sp.P mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Kornelis Aribowo Sp.P

Selanjutnya, dr. Kornelis Aribowo Sp.P juga bisa kamu hubungi untuk meminta solusi perawatan bronkopneumonia .

Ia mendapatkan gelarnya dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas pada 2014 dan 2022. 

Kini, dr. Kornelis Aribowo Sp.P berpraktik di Padang, Sumatera Barat dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

Berpengalaman selama 10 tahun, dr. Kornelis Aribowo Sp.P dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang penyakit bronkopneumonia .

Ia juga dapat memberikan konsultasi terkait batuk kronis, tuberkulosis, PPOK, pneumonia dan bronkitis. 

Chat dr. Kornelis Aribowo Sp.P mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

4. dr. Ayudiah Puspita Mayasari Sp.P

Dokter Ayudiah Puspita Mayasari Sp.P mendapatkan gelarnya dari Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia pada 2012 dan Universitas Lambung Mangkurat pada 2021.  Ia saat ini berpraktik di Banjar Baru dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dokter Ayudiah Puspita Mayasari Sp.P juga tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

Memiliki pengalaman selama 12 tahun, dr. Ayudiah Puspita Mayasari Sp.P dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang penyakit bronkopneumonia .

Chat dr. Ayudiah Puspita Mayasari Sp.P mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis paru yang bisa kamu hubungi untuk meminta solusi perawatan penyakit bronkopneumonia.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline. 

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Yuk, segera hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2024. What is bronchopneumonia?
Healthline. Diakses pada 2024. Bronchopneumonia.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan