Ini Dokter yang Bisa Beri Info Seputar Pemeriksaan HBsAg

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 April 2024

“Pemeriksaan HBsAg dilakukan untuk mendeteksi virus hepatitis B (HBV). Apabila kamu berencana melakukan pemeriksaan HBsAg, konsultasikan terlebih dahulu bersama dokter spesialis di Halodoc.”

Ini Dokter yang Bisa Beri Info Seputar Pemeriksaan HBsAgIni Dokter yang Bisa Beri Info Seputar Pemeriksaan HBsAg

DAFTAR ISI:

  1. Rekomendasi Dokter Spesialis untuk Beri Informasi terkait Pemeriksaan HBsAg
    1. dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD
    2. dr. Agnita Irawaty Sp.PD
    3. dr. Vera Bahar Sp.PD
    4. dr. Cintya Andriani
    5. dr. Lim Jen Siong

Halodoc, Jakarta – Hepatitis B surface antigen (HBsAg) adalah zat protein yang terdeteksi dalam darah saat seseorang mengalami infeksi hepatitis B. Tes darah HBsAg merupakan metode yang digunakan untuk mengidentifikasi keberadaan antigen ini dalam tubuh.

Jika hasil tes HBsAg menunjukkan positif, itu mengindikasikan bahwa seseorang sedang mengalami infeksi aktif oleh virus hepatitis B (HBV), yang juga dapat menular ke orang lain. 

Penularan virus hepatitis B terjadi melalui kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi, seperti darah, air mani, dan cairan vagina. 

Oleh karena itu, hasil positif HBsAg memerlukan perhatian medis lebih lanjut untuk mengevaluasi tingkat infeksi, merencanakan pengobatan yang sesuai, serta mengambil tindakan pencegahan agar infeksi tidak menular ke orang lain.

Rekomendasi Dokter Spesialis untuk Beri Informasi terkait Pemeriksaan HBsAg

Jika kamu atau orang terdekat berencana untuk melakukan pemeriksaan HBsAg, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter di Halodoc untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan mendetail mengenai tes ini. 

Dokter-dokter rekomendasi di Halodoc telah memiliki pengalaman yang luas dalam menangani berbagai kondisi kesehatan, termasuk pemeriksaan dan penanganan terkait hepatitis B. 

Selain itu, mereka juga telah mendapatkan rating baik dari pasien yang sebelumnya telah mereka tangani.

Berikut adalah beberapa dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi untuk berkonsultasi terkait pemeriksaan HBsAg:

1. dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD

Kamu dapat menghubungi dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD untuk mendapatkan bantuan terkait pemeriksaan HBsAg.

Ia dalah lulusan dari Universitas Hang Tuah Surabaya pada tahun 2012 dan Universitas Sam Ratulangi Manado pada tahun 2020. 

Dokter Puguh juga merupakan anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dan saat ini menjalankan praktik medis di Bekasi dan Cikarang, Jawa Barat.

Dengan pengalaman selama 12 tahun dalam praktik medis, dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas, termasuk terkait pemeriksaan HBsAg. 

Kamu dapat berkonsultasi untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan mendetail mengenai prosedur pemeriksaan HBsAg, hasil tes, serta langkah-langkah selanjutnya yang perlu diambil.

Chat dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Agnita Irawaty Sp.PD

Pilihan selanjutnya adalah dr. Agnita Irawaty Sp.PD untuk mendapatkan bantuan terkait pemeriksaan HBsAg. 

Dokter Agnita merupakan lulusan dari Universitas Tarumanagara pada tahun 2010 dan Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2022. 

Ia saat ini adalah anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dan saat ini menjalankan praktik medis di Yogyakarta.

Dengan pengalaman selama 14 tahun dalam praktik medis, dr. Agnita Irawaty Sp.PD memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas dalam menangani berbagai kondisi kesehatan, termasuk pemeriksaan HBsAg. 

Chat dr. Agnita Irawaty Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Vera Bahar Sp.PD

Kamu juga dapat menghubungi dr. Vera Bahar Sp.PD yang merupakan lulusan dari Universitas Muslim Indonesia pada tahun 2008 dan Universitas Hasanuddin pada tahun 2021. 

Saat ini, dr. Vera Bahar Sp.PD menjalankan praktik medisnya di Wajo, Sulawesi Selatan, dan merupakan anggota dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalaman selama 15 tahun dalam praktik medis, dr. Vera Bahar Sp.PD memiliki pengetahuan yang luas, termasuk mengenai pemeriksaan HBsAg.

Chat dr. Vera Bahar Sp.PD mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Jika bayi ibu mengalami kesulitan saat menyusui, ibu perlu Ketahui tentang Tongue-tie pada Bayi Penyebab Sulit Menyusu.

4. dr. Cintya Andriani

Selanjutnya ada dr. Cintya Andriani merupakan alumni dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, dimana ia meraih gelar pada tahun 2016. 

Saat ini, dr. Cintya menjalankan praktik medisnya di Padang, Sumatera Barat. 

Dengan pengalaman sebagai seorang dokter umum selama 6 tahun, dr. Cintya Andriani telah mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang berbagai masalah kesehatan yang sering dialami oleh pasien.

Melalui layanan Halodoc, dr. Cintya Andriani menyediakan konsultasi terkait pemeriksaan HBsAg. 

Chat dr. Cintya Andriani dari Rp 22.500,- di Halodoc.

5. dr. Lim Jen Siong

Dokter Lim Jen Siong merupakan alumnus dari Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara yang telah meraih gelar pada tahun 2005. 

Saat ini, ia aktif berpraktik di Jakarta Utara. Dengan pengalaman selama 18 tahun sebagai seorang dokter umum, dr. Lim Jen Siong telah mengumpulkan pengetahuan yang luas dalam merawat pasien dengan berbagai macam kondisi kesehatan.

Selama berpraktik, dr. Lim Jen Siong terampil dalam memberikan saran medis yang relevan kepada pasien-pasien yang ia tangani, termasuk dalam hal pemeriksaan HBsAg.

Chat dr. Lim Jen Siong mulai dari Rp 45.000,- di Halodoc.  

Itulah berbagai rekomendasi dokter yang bisa kamu hubungi terkait informasi seputar pemeriksaan HBsAg.

Jika dokter tidak tersedia atau sedang offline, tak perlu khawatir, kamu masih dapat memesan jadwal konsultasi untuk waktu yang lain melalui aplikasi Halodoc

Jadi, jangan menunggu lebih lama lagi! Segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Hepatitis B Foundation. Diakses pada 2024. Hepatitis B Blood Tests.
VeryWell Health. Diakses pada 2024. Hepatitis B Surface Antigen Test (HBsAg).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan