Ini Dokter yang Bisa Beri Info Seputar Vaksin HPV

5 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   08 April 2024

“Vaksin HPV merupakan salah satu imunisasi dasar yang perlu kamu lakukan karena telah terbukti efektif untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh infeksi Human Papillomavirus (HPV). Jika kamu hendak melakukannya, sebaiknya hubungi dulu dokter di Halodoc untuk mendapatkan informasi lengkap.”

Ini Dokter yang Bisa Beri Info Seputar Vaksin HPVIni Dokter yang Bisa Beri Info Seputar Vaksin HPV

DAFTAR ISI

  1. Manfaat Vaksin HPV
  2. Dokter di Halodoc yang Bisa Beri Informasi Vaksin HPV
    1. dr. Marsell Phang Sp.OG
    2. dr. Effendy Gunawan Sp.OG
    3. dr. Lucia Leonie Sp.OG
    4. dr. Nuriati Harahap
    5. dr. Septianus Hermanto

Halodoc, Jakarta – Vaksin HPV merupakan vaksin yang melindungi tubuh dari infeksi Human Papillomavirus (HPV). HPV terdiri dari berbagai jenis, 40 di antaranya ditularkan melalui kontak seksual dan dapat memengaruhi berbagai bagian tubuh, seperti organ reproduksi, mulut, dan tenggorokan.

Bahkan, World Health Organization (WHO) merekomendasikan vaksinasi HPV sebagai salah satu program imunisasi wajib karena dapat membantu mencegah dan menurunkan kasus kanker genital, terutama kanker serviks. 

Manfaat Vaksin HPV

Vaksin HPV memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit yang bisa disebabkan oleh infeksi Human Papillomavirus (HPV).

Artinya, vaksinasi HPV dapat mencegah berbagai penyakit, yaitu:

  • Kutil kelamin.
  • Kanker anus.
  • Kanker vagina, serviks, dan vulva pada wanita.
  • Kanker penis pada pria.

Beberapa jenis virus HPV juga dapat mengakibatkan kanker di mulut dan tenggorokan sehingga vaksin ini dapat mencegah hal tersebut.

Selain itu, vaksin HPV tidak hanya bermanfaat untuk melindungi individu yang divaksinasi, tetapi juga dapat membantu melindungi orang lain di sekitarnya melalui efek herd immunity. 

Ini adalah sebuah kondisi ketika sebagian besar populasi telah menjadi imun terhadap suatu penyakit sehingga melindungi individu lain yang rentan atau tidak dapat divaksinasi.

Oleh karena itu, vaksinasi HPV sangat penting untuk dilakukan guna melindungi diri sendiri dan orang terdekat dari infeksi HPV.

Catat, Ini Waktu Terbaik Memberikan Vaksin HPV pada Anak.

Dokter di Halodoc yang Bisa Beri Informasi Vaksin HPV

Apabila kamu masih ragu atau memiliki pertanyaan terkait vaksin HPV, kamu dapat menghubungi dokter di Halodoc.

Dokter tersebut dapat memberi berbagai informasi terkait vaksin HPV, seperti prosedur, cara kerja, hingga efek samping dari vaksin HPV.

Berikut dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Marsell Phang Sp.OG

Pertama, kamu bisa menghubungi dr. Marsell Phang Sp.OG yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2012 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2018. 

Ia saat ini berpraktik di Gresik, Jawa Timur, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Berbekal pengalaman selama 12 tahun, ia mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang berbagai informasi seputar vaksin HPV. 

Dokter Marsell Phang Sp.OG juga bisa memberikan saran terkait program hamil, keluarga berencana, kesehatan kandungan, kehamilan berisiko tinggi dan penyakit kelamin. 

Chat dr. Marsell Phang Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Effendy Gunawan Sp.OG

Selanjutnya, kamu juga bisa menghubungi dr. Effendy Gunawan Sp.OG. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha pada 2008 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2018. 

Dokter Effendy Gunawan Sp.OG saat ini berpraktik di Tangerang, Banten, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 16 tahun yang ia miliki, dr. Effendy Gunawan Sp.OG bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar vaksin HPV.

Ia juga bisa memberikan saran terkait program hamil, gangguan haid dan hormon, kesuburan, kesehatan kandungan dan kehamilan berisiko tinggi. 

Chat dr. Effendy Gunawan Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Lucia Leonie Sp.OG

Kamu juga bisa menghubungi dr. Lucia Leonie Sp.OG. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha pada 2011 dan Universitas Hasanuddin pada 2017. 

Dokter Lucia Leonie Sp.OG saat ini berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 13 tahun yang ia miliki, dr. Lucia Leonie Sp.OG bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait informasi mengenai vaksin HPV.

Chat dr. Lucia Leonie Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Vaksin HPV terbagi menjadi dua, yaitu HPV kuadrivalen dan nonavalen. Nah, Ini Beda Vaksin HPV Kuadrivalen dan Nonavalen yang Wajib Diketahui.

4. dr. Nuriati Harahap

Selanjutnya, ada dr. Nuriati Harahap yang bisa kamu hubungi. Ia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatra Utara pada 2010.

Dokter Nuriati Harahap kini berpraktik di Kab. Serdang Bedagai, Sumatra Utara dan tergabung sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Dengan pengalamannya selama 14 tahun, dr. Nuriati Harahap bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc mengenai berbagai informasi tentang vaksin HPV. 

Chat dr. Nuriati Harahap dari Rp 22.500,- di Halodoc.

5. dr. Septianus Hermanto

Kamu juga dapat menghubungi dr. Septianus Hermanto. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran UKRIDA pada 2007.

Ia pun kini membuka praktik di Bekasi, Jawa Barat dan masih tergabung sebagai anggota aktif Ikatan Dokter Indonesia (IDI). 

Dengan pengalaman selama 16 tahun, dr. Septianus Hermanto bisa memberikan informasi dan layanan konsultasi di Halodoc terkait vaksin HPV.

Chat dr. Septianus Hermanto mulai dari Rp 22.500,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter yang bisa kamu hubungi jika kamu memerlukan informasi vaksin HPV secara lebih lengkap.

Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter agar informasi yang didapat terjamin keakuratannya. 

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cancer. Diakses pada 2024. Human Papillomavirus (HPV) Vaccines.
CDC. Diakses pada 2024. Human Papillomavirus (HPV) Vaccination: What Everyone Should Know.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. HPV Vaccine.
Healthline. Diakses pada 2024. Is the HPV Vaccine Safe for Kids?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. HPV (Human Papillomavirus).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan