• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Meditasi Berjalan yang Perlu Diketahui

Ini Manfaat Meditasi Berjalan yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Manfaat Meditasi Berjalan yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta - Selama ini mungkin kamu hanya mengenal teknik meditasi dengan cara duduk bersila. Namun, ada juga teknik meditasi lain yang mungkin bisa dicoba. Salah satunya adalah meditasi berjalan, teknik meditasi ini berasal dari ajaran Buddha dan dapat digunakan sebagai bagian dari latihan fokus. 

Teknik meditasi berjalan memiliki banyak manfaat yang dapat membantu kamu merasa lebih membumi, seimbang, dan tenang. Teknik meditasi berjalan juga akan membantu tubuhmu mengembangkan kesadaran yang berbeda tentang lingkungan, tubuh, dan pikiran.

Baca juga: Hilangkan Stres dengan Meditasi

Bagaimana Cara Melakukan Meditasi Berjalan?

Biasanya, selama meditasi berjalan kamu akan berjalan dalam lingkaran, bolak-balik dalam garis lurus atau dalam labirin. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk melakukan jalan kaki yang jaraknya yang lebih jauh lagi.

Cepat atau lambatnya langkah kaki bervariasi tergantung pada teknik spesifiknya. Seringkali, praktisi melakukan sesi meditasi berjalan di antara meditasi duduk. Ada beberapa jenis meditasi jalan seperti kinhin, theravada, dan vipassana. Teknik juga bisa sedetail seperti memecah setiap langkah menjadi enam bagian atau hanya berjalan dengan penuh kesadaran di suatu ruang. Dalam tiap langkah, kamu bisa sambil mengatur napas. 

Baca juga: Ketahui 9 Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari

Manfaat Meditasi Berjalan

Di bawah ini kamu menemukan banyak manfaat yang mungkin didapatkan dari meditasi berjalan, yaitu:

  • Meningkatkan Aliran Darah

Meditasi berjalan bagus untuk dilakukan oleh pekerja kantoran, atau mereka yang sering duduk untuk waktu yang lama. Latihan berjalan membantu membuat darah mengalir, terutama ke kaki. Ini membantu meringankan perasaan lamban atau stagnan. 

  • Meningkatkan Pencernaan

Berjalan setelah makan adalah cara yang baik untuk meningkatkan proses pencernaan, terutama jika kamu tengah merasa kekenyangan. Gerakan berjalan akan membantu makanan bergerak melalui saluran pencernaan dan juga dapat mencegah sembelit.

  • Mengurangi Kecemasan

Jika kamu tengah mencari cara untuk menurunkan tingkat stres, mungkin kamu bisa mencoba untuk melakukan latihan meditasi duduk sebelum atau setelah berolahraga. Melansir dari Healthline, ada sebuah studi pada 2017 yang dilakukan pada orang dewasa muda menunjukkan bahwa berjalan lebih efektif dalam mengurangi gejala kecemasan ketika dikombinasikan dengan meditasi.

Mereka menunjukkan perubahan paling signifikan dalam tingkat kecemasan mereka baik bermeditasi, bermeditasi sebelum berjalan, atau berjalan sebelum bermeditasi. Sementara mereka yang hanya berjalan saja tanpa menerapkan teknik meditasi tidak menunjukkan banyak perbaikan. Padahal, sesi hanya berlangsung selama 10 menit.

  • Penurunan Kadar Glukosa dalam Darah

Praktik meditasi berjalan juga memiliki efek positif pada kadar glukosa dalam darah dan sirkulasi pada orang dengan diabetes tipe 2. Orang-orang berlatih berjalan sadar atau tradisional selama 30 menit, 3 kali seminggu selama 12 minggu. Kelompok yang melakukan latihan meditasi berjalan menunjukkan penurunan kadar glukosa dalam darah.

  • Mengurangi Depresi

Seiring bertambahnya usia, sangat penting untuk tetap aktif. Untuk itu, olahraga teratur adalah kunci untuk membantu meningkatkan tingkat kebugaran dan meningkatkan suasana hati, yang mana keduanya berisiko menurun pada orang dewasa yang lebih tua. Dengan melakukan meditasi berjalan, maka gejala depresi tidak muncul dan olahraga ini meningkatkan tekanan darah dan tingkat kebugaran fungsional mereka. 

  • Meningkatkan Kesejahteraan

Jika memungkinkan, lakukanlah meditasi berjalan di alam, seperti taman, atau tempat dengan pepohonan. Hal ini akan meningkatkan perasaan kesejahteraan secara keseluruhan dan membantu kamu merasa lebih seimbang.

  • Meningkatkan Kualitas Tidur

Cara untuk mendapatkan manfaat dari olahraga, tidak perlu melakukan latihan yang intens. Penelitian dari tahun 2019 menunjukkan bahwa olahraga teratur yang ringan memiliki efek positif pada kualitas tidur. Berjalan membantu meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi ketegangan otot sehingga kamu akan merasa lebih baik secara fisik. Kamu juga lebih cenderung terhindar dari stres dan kecemasan, terutama jika melakukannya di pagi hari. Semua manfaat ini dapat membuat kamu tenang, pikiran jernih sehingga kamu siap tertidur dan tidur nyenyak setiap malam.

Baca juga: Kenalan dengan Sofrologi, Metode Relaksasi yang Menenangkan

Itulah beberapa manfaat meditasi berjalan yang bisa kamu peroleh. Namun, jika perasaan stres dan cemas kamu tak kunjung hilang, kamu juga bisa menghubungi psikolog di aplikasi Halodoc untuk mendapatkan bantuan yang tepat.

Psikolog akan membantu dan memberikan saran-saran yang tepat untuk mengatasi rasa cemas dan stres kamu. Yuk, segera gunakan aplikasi Halodoc untuk kemudahan terhubung dengan psikolog profesional kapan saja dan di mana saja. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Meditation Walking.
The Greater Good Science Center at the University of California, Berkeley. Diakses pada 2020. Walking Meditation.
Wiki How. Diakses pada 2020. How to Do Walking Meditation.