Ini Manfaat Sinar Matahari Pagi bagi Kesehatan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 November 2021
Ini Manfaat Sinar Matahari Pagi bagi KesehatanIni Manfaat Sinar Matahari Pagi bagi Kesehatan

“Manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan tidaklah main-main. Mulai dari meningkatkan suasana hati, menyehatkan tulang, menyembuhkan kondisi kulit tertentu, hingga mencegah kanker.”

Halodoc, Jakarta – Meski sering dianggap mengganggu, nyatanya manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan sangatlah banyak, lho. Bukan hanya untuk bayi, manfaat ini bisa didapatkan oleh semua orang dari berbagai tingkat usia. Apa saja manfaat yang dimaksud? Yuk simak pembahasannya!

Manfaat Sinar Matahari Pagi

Berikut ini beberapa manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan yang perlu diketahui:

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Sinar matahari dapat memicu pelepasan hormon serotonin di otak. Hormon ini dikaitkan dengan peningkatan suasana hati dan bisa membantu kamu merasa tenang dan fokus. 

  1. Membangun Tulang yang Kuat

Paparan radiasi ultraviolet-B di sinar matahari dapat merangsang kulit untuk memproduksi vitamin D. Vitamin ini memainkan peran besar dalam kesehatan tulang. 

Kadar vitamin D yang rendah dapat meningkatkan risiko rakhitis pada anak-anak dan penyakit pengeroposan tulang seperti osteoporosis dan osteomalacia.

  1. Mencegah Kanker

Meskipun sinar matahari berlebih dapat menyebabkan kanker kulit, sinar matahari dalam jumlah sedang sebenarnya memiliki manfaat pencegahan dalam hal kanker.

Menurut studi pada 2008 yang diterbitkan di Clinical Journal of the American Society of Nephrology, orang yang tinggal di daerah dengan jam siang hari yang sedikit, lebih mungkin untuk mengidap beberapa jenis kanker tertentu. Hal ini jika dibandingkan dengan mereka yang tinggal di tempat yang lebih banyak sinar matahari di siang hari. 

Beberapa jenis kanker yang dimaksud adalah:

  • Kanker usus besar.
  • Limfoma Hodgkin.
  • Kanker ovarium.
  • Kanker pankreas.
  • Kanker prostat.
  1. Menyembuhkan Kondisi Kulit

Manfaat sinar matahari pagi lainnya adalah dapat menyembuhkan beberapa kondisi kulit, seperti:

  • Psoriasis.
  • Eksim.
  • Penyakit kuning.
  • Jerawat.

Itulah beberapa manfaat sinar matahari pagi yang perlu diketahui. Dapat disimpulkan bahwa sinar matahari ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh, sehingga jangan selalu menjadikannya musuh, ya.

Selain meluangkan waktu untuk berjemur setiap pagi, kamu juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh dengan cara makan makanan bergizi seimbang dan olahraga teratur. Kalau sakit, download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit saja.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Clinical Journal of the American Society of Nephrology. Diakses pada 2021. Vitamin D and Sunlight: Strategies for Cancer Prevention and Other Health Benefits.Healthline. Diakses pada 2021. What Are the Benefits of Sunlight?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan