Ini Penyebab Gigi Berlubang yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Oktober 2023

“Gigi berlubang terjadi akibat plak menumpuk yang lama kelamaan mengikis enamel gigi dan menimbulkan lubang. Ada berbagai hal yang bisa jadi penyebab gigi berlubang, mulai dari kebersihan gigi yang buruk hingga faktor genetik.”

Ini Penyebab Gigi Berlubang yang Perlu DiketahuiIni Penyebab Gigi Berlubang yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Gigi berlubang adalah kondisi saat area tertentu di gigi rusak secara permanen yang kemudian berkembang menjadi bukaan atau lubang kecil. Ada banyak penyebab gigi berlubang atau karies gigi ini.

Gigi berlubang terbentuk dalam waktu yang panjang. Hal ini terjadi ketika plak dari sisa makanan menumpuk pada gigi dan bakteri menghasilkan asam yang mengikis bagian keras gigi (enamel) terus menerus. Simak penyebab gigi berlubang lebih lengkap di sini!

Penyebab Gigi Berlubang yang Perlu Diketahui

Plak gigi adalah lapisan lengket bening yang melapisi gigi kamu. Lapisan itu bisa ada karena konsumsi banyak gula dan pati serta tidak membersihkan gigi dengan baik. 

Ketika gula dan pati tidak dibersihkan dari gigi, bakteri dengan cepat mulai memakannya dan membentuk plak. Plak yang tertinggal di gigi dapat mengeras di bawah atau di atas garis gusi menjadi karang gigi

Nah, plak bisa menghasilkan asam yang menghilangkan mineral di enamel luar gigi yang keras. Erosi ini menyebabkan bukaan atau lubang kecil pada enamel, yakni tahap pertama dari gigi berlubang. 

Setelah area email terkikis, bakteri dan asam dapat mencapai lapisan gigi berikutnya, yang bernama dentin.

Saat kerusakan gigi berkembang, bakteri dan asam bisa terus bergerak melalui gigi, bergerak ke bagian dalam gigi (pulpa) yang berisi saraf dan pembuluh darah. Itulah mengapa gigi berlubang bisa menyebabkan nyeri yang hebat.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan gigi berlubang:

1. Tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik

Malas menyikat gigi atau membersihkan gigi dengan benang gigi, serta tidak menggunakan obat kumur atau menyikat lidah akan membuat gigi rentan mengalami kerusakan.

Menyikat gigi kurang dari dua menit setiap kali juga dapat menyebabkan gigi berlubang.

Mau tahu obat-obatan yang ampuh mengatasi gigi berlubang? Baca di artikel ini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh untuk Dewasa

2. Pola makan yang buruk

Bila kamu suka mengonsumsi makanan dan minuman manis atau memiliki pola makan kaya karbohidrat, kamu berisiko tinggi mengalami gigi berlubang.

Makanan yang sangat asam juga bisa merusak gigi dengan cara melemahkan enamel.

3. Masalah mulut kering

Lisozim adalah enzim yang ada dalam air liur yang secara alami menghambat pertumbuhan plak.

Kondisi mulut yang sangat kering, misalnya karena dehidrasi atau merokok, bisa mengurangi jumlah enzim tersebut sehingga membuatnya tidak mampu melawan bakteri dan menyebabkan kerusakan gigi.

4. Menggertakan gigi

Banyak orang tidak sadar bahwa mereka memiliki kebiasaan menggertakan gigi, seperti yang sering terjadi saat mereka sedang tidur.

Kebiasaan ini akan menghilangkan enamel gigi, sehingga lebih rentan terhadap pembusukan.

Untuk mengatasinya, dokter gigi bisa merekomendasikan pelindung gigitan yang bisa kamu pakai pada malam hari.

5. Genetik

Beberapa orang lebih rentan mengalami gigi berlubang karena adanya faktor genetik. 

Meskipun hal ini tidak bisa kamu ubah, tapi kamu bisa menurunkan risikonya dengan lebih menjaga kebersihan gigi dan memerhatikan pola makan.

Itulah beberapa penyebab gigi berlubang yang perlu kamu ketahui agar bisa mewaspadainya.

Kamu juga bisa mendapatkan produk perawatan gigi yang kamu butuhkan lewat aplikasi Halodoc.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023.  Cavities/tooth decay
Newport Beach Dental. Diakses pada 2023. 10 Common Causes Of Cavities

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan