Ini Penyebab Multiple Myeloma yang Perlu Diketahui

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 September 2023

“Penyebab multiple myeloma sebenarnya masih belum diketahui para ahli. Namun, penyakit ini terjadi ketika ada perubahan terjadi pada satu sel plasma di sumsum tulang.”

Ini Penyebab Multiple Myeloma yang Perlu DiketahuiIni Penyebab Multiple Myeloma yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Multiple myeloma adalah jenis kanker darah yang berkembang dari sel plasma di sumsum tulang. Sel plasma merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang membantu melawan infeksi dengan membuat protein bernama antibodi. 

Namun, ketika bersifat kanker, sel abnormal ini menumpuk di sumsum tulang, sehingga tidak ada cukup ruang untuk membuat sel darah normal dalam jumlah yang cukup. Alih-alih membuat antibodi yang berguna, sel-sel kanker malah membuat protein yang tidak berfungsi dengan baik.

Lantas, sebenarnya apa yang menjadi penyebab multiple myeloma bisa terjadi? Ketahui ulasannya di sini!

Penyebab Multiple Myeloma

Sebenarnya belum jelas apa yang menjadi penyebab multiple myeloma. Penyakit ini berawal dari satu sel plasma di sumsum tulang.

Sumsum tulang adalah bahan lunak di dalam tulang tempat produksi sel darah.

Ketika ada sesuatu yang mengubah sel plasma menjadi sel myeloma kanker, sel ini mulai membuat lebih banyak sel myeloma dengan cepat.

Sel-sel sehat tumbuh dengan kecepatan tertentu dan mati pada waktu tertentu. Namun, sel kanker tidak mengikuti aturan ini. 

Mereka membuat banyak sel ekstra. Sel-sel itu terus hidup ketika sel-sel sehat mati.

Akibatnya, sel-sel kanker menumpuk di sumsum tulang dan menyingkirkan sel-sel darah yang sehat. Hal ini menyebabkan tubuh kelelahan dan tidak mampu melawan infeksi.

Sel-sel myeloma terus berusaha membuat antibodi, seperti halnya sel plasma yang sehat.

Namun tubuh tidak dapat menggunakan antibodi yang bernama protein monoklonal atau protein M.

Sebaliknya, protein M menumpuk di dalam tubuh dan menimbulkan masalah, seperti kerusakan pada ginjal. Sel myeloma dapat merusak tulang dan meningkatkan risiko patah tulang.

Multiple myeloma berawal sebagai suatu kondisi yang disebut monoclonal gammopathy of undertermined significance, atau MGUS. Pada MGUS, kadar protein M dalam darah rendah.

Protein M tidak menyebabkan kerusakan pada tubuh. Jadi, memiliki MGUS bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit ini.

Agar lebih jelas, kamu bisa baca artikel ini: Hubungan Multiple Myeloma dengan MGUS.

Itulah penjelasan mengenai penyebab multiple myeloma. Bila kamu ingin bertanya lebih lanjut mengenai penyakit ini, jangan ragu untuk menghubungi dokter di Halodoc melalui gambar di bawah ini.✔️

chat dokter halodoc
Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Multiple myeloma
American Cancer Society. Diakses pada 2023. Multiple myeloma

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan