Ini Perbedaan Gejala Penyakit Herpes HSV 1 dan HSV 2

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Januari 2023

“Gejala penyakit herpes akibat HSV 1 dan HSV 2 bisa berbeda. HSV 1 lebih terkait dengan herpes oral, sedangkan HSV 2 dengan herpes genital.”

Ini Perbedaan Gejala Penyakit Herpes HSV 1 dan HSV 2Ini Perbedaan Gejala Penyakit Herpes HSV 1 dan HSV 2

Halodoc, Jakarta – Penyakit herpes bisa terjadi karena banyak jenis virus herpes. Termasuk herpes simplex virus 1 (HSV 1) dan herpes simplex virus 2 (HSV 2). Kedua virus ini sangat menular dan dapat menyebabkan lepuh berair pada kulit dan selaput lendir mulut, bibir, hidung, alat kelamin, dubur, dan mata.

Meskipun HSV 1 lebih sering terkait dengan herpes mulut (cold sore) dan HSV 2 dengan herpes genital, keduanya dapat ditularkan ke bagian tubuh lain melalui seks oral. Mengetahui perbedaan gejala infeksi kedua virus ini sangat penting dalam menentukan pengobatan yang tepat.

Perbedaan Gejala Penyakit Herpes HSV 1 dan HSV 2

Banyak orang tidak tahu bahwa penyakit herpes sering kali tidak memiliki gejala sama sekali. Kebanyakan orang yang terinfeksi tidak tahu bahwa mereka mengidapnya, atau kemungkinan besar mereka mendapatkannya dari seseorang yang juga tidak tahu bahwa mereka mengidapnya.

Jika ada gejala, biasanya itu datang dan pergi. Kekambuhan herpes genital lebih sering terjadi pada infeksi HSV 2 dibandingkan dengan HSV 1. Namun, virus virus itu sendiri akan tetap hidup. Sebab, virus ini bersifat laten tetapi tidak pernah sepenuhnya diberantas oleh sistem kekebalan tubuh.

Gejala penyakit herpes genital akibat HSV 2 mungkin termasuk luka genital (benjolan merah kecil atau lepuh putih), bisul, dan keropeng. Kemunculan lesi awal sering disertai demam, pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan, sakit kepala, dan nyeri otot.

Sementara itu, gejala herpes oral yang terjadi akibat infeksi HSV 1 biasanya adalah luka berisi cairan di bibir, di dalam mulut, dan di belakang tenggorokan. Kelenjar getah bening di leher juga bisa membengkak.

Bagaimana Mengetahui Itu HSV 1 atau HSV 2?

Cukup mudah untuk berasumsi bahwa herpes oral disebabkan oleh HSV 1, dan herpes genital disebabkan oleh HSV 2. Namun, banyak orang yang mengalami herpes genital terjadi akibat infeksi HSV 1.

Jadi, sulit untuk membedakan penyakit herpes karena HSV 1 atau HSV 2 baik dari tampilan atau lokasi munculnya lesi. Ini hanya dapat dilakukan dengan tes diagnostik.

Satu perbedaan utama antara HSV 1 dan HSV 2 adalah risiko kekambuhan. Semua virus herpes cenderung kambuh (berulang) setelah gejala awal, seringkali dalam tahun pertama. 

Namun, pada penyakit herpes genital karena HSV 1, lebih kecil kemungkinannya untuk kambuh dalam setahun. Dalam beberapa kasus, pengidapnya hanya akan mengalami gejala satu kali, tanpa kekambuhan.

Sebaliknya, kekambuhan lebih umum terjadi pada infeksi HSV 2. Jika tidak diobati, beberapa orang mungkin mengalami gejala berulang dari satu hingga 12 kali per tahun. Selain itu, episode berulang cenderung jauh lebih parah dibandingkan dengan HSV 1 dan dapat bertahan selama bertahun-tahun. 

Bagaimana Mendiagnosis Penyakit Herpes?

Penyakit herpes akibat infeksi HSV 1 dan HSV 2 didiagnosis dengan cara dan alat yang sama. Berikut ini beberapa tes yang umum digunakan:

  • Tes Swab. Biasanya untuk orang yang bergejala, dilakukan dengan mengumpulkan cairan dan sel dari luka herpes. Lalu materi genetiknya diperiksa dengan teknologi polymerase chain reaction (PCR).
  • Tes Darah. Dapat digunakan pada orang yang bergejala atau tidak bergejala. Ini termasuk tes berbasis antibodi, yang mendeteksi protein kekebalan sebagai respons terhadap virus, bukan virus itu sendiri. 
  • Tes Pungsi Lumbal. Ini digunakan ketika herpes diduga telah menyebar ke otak dan sumsum tulang belakang, dan menyebabkan ensefalitis.

Itulah pembahasan mengenai perbedaan gejala penyakit herpes akibat HSV 1 dan HSV 2. Jika kamu mengalami kondisi ini, segera download Halodoc untuk membuat janji rumah sakit dengan dokter.

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2023. Genital Herpes Causes: HSV-1 and HSV-2.
Health. Diakses pada 2023. Herpes Simplex Virus 1 vs. Herpes Simplex Virus 2—Understanding the Difference.
Very Well Health. Diakses pada 2023. HSV-1 vs. HSV-2: What Are the Differences?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan