Ini Pilihan Obat Pilek yang Ampuh dan Mudah Didapatkan

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 April 2024

“Apabila flu yang dialami sudah mengganggu aktivitas sehari-hari, ada baiknya untuk mengonsumsi obat pilek. Pilihan yang sesuai seperti Panadol Cold & Flu, Nalgestan, Alpara, Actifed Vicks, dan Flutamol yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Ini Pilihan Obat Pilek yang Ampuh dan Mudah DidapatkanIni Pilihan Obat Pilek yang Ampuh dan Mudah Didapatkan

DAFTAR ISI:

Halodoc, Jakarta – Flu atau bisa disebut juga influenza merupakan infeksi pada hidung, tenggorokan, dan terkadang paru-paru yang merupakan bagian dari sistem pernapasan. Biasanya gejalanya seperti pilek, hidung tersumbat, sakit tenggorokan dan sakit kepala.

Umumnya, flu dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, apabila sudah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari, lebih baik jika kamu mengonsumsi obat untuk mengatasinya.

Jangan khawatir, ada beberapa rekomendasi obat pilek atau flu yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mengatasi kondisi tersebut. Mau tahu apa saja pilihan obatnya? Simak, rekomendasinya di artikel ini!

Rekomendasi Obat Pilek yang Ampuh

Di bawah ini adalah pilihan obat pilek atau flu yang bisa kamu dapatkan dengan mudah:

1. Panadol Cold & Flu 10 Kaplet

Panadol Cold & Flu Kaplet adalah pilihan obat pilek pertama yang direkomendasikan untuk meredakan gejala kamu. Obat ini mengandung tiga zat aktif yaitu paracetamol, pseudoephedrine HCl, dan Dextromethorphan HBr. 

Ketiga kandungan ini bekerja meredakan berbagai gejala influenza, mulai dari sakit kepala, demam, hidung tersumbat, hingga batuk tidak berdahak. 

Jangan biarkan anak-anak di bawah 12 tahun mengonsumsi obat ini kecuali atas petunjuk dokter. Sementara itu, dewasa dan anak berusia lebih dari 12 tahun dapat meminum 1 kaplet tiga kali sehari. Jangan konsumsi lebih dari 8 kaplet dalam 24 jam.

Kisaran harga: Rp16.200 per strip.

Dapatkan Panadol Cold & Flu 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Nalgestan 4 Tablet

Munculnya pilek kadang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Itu sebabnya kamu perlu mengonsumsi obat pilek. Contohnya, Nalgestan 4 Tablet. Obat ini mengandung Phenylpropanolamine HCl dan Chlorpheniramine maleate. 

Gunanya adalah untuk meringankan bersih serta hidung tersumbat yang disebabkan oleh pilek. Obat ini bekerja dengan melegakan hidung tersumbat, bersin-bersin, dan selesma serta mengurangi reaksi alergi yang menjadi pemicu flu atau pilek. 

Kamu dapat menggunakan obat ini 1 tablet 3-4 kali sehari sebelum atau pun sesudah makan. Jika berencana untuk perjalanan jarak jauh, jangan mengemudikan kendaraan terlebih dahulu, karena obat ini dapat menyebabkan kantuk. 

Kisaran harga: Rp10.200 per strip.

Dapatkan Nalgestan 4 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Alpara 10 Kaplet

Alpara adalah obat yang dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan sekaligus, seperti demam, pilek, flu, alergi, sakit kepala, hingga batuk kering. Adapun kandungan yang ada dalam Alpara antara lain paracetamol, Phenylpropanolamine HCl, Klorfeniramin maleat, dan Dextromethorphan HBr. 

Namun, meminum obat ini dapat menyebab rasa kantuk karena adanya kandungan antihistamin seperti Klorfeniramin maleat. Dosis untuk pemberiannya bisa mengacu pada aturan berikut ini:

  • Anak di atas usia 12 tahun dan dewasa: 1 kaplet tiga kali sehari sesudah makan. 
  • Anak 6-12 tahun:½ kaplet tiga kali sehari sesudah makan.

Rentang harga: Rp10.600 – Rp10.900 per strip.

Dapatkan Alpara 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Actifed Sirup 60 ml (Kuning)

Selain batuk kering dan berdahak, Actifed juga tersedia untuk membantu keluhan pilek sekaligus meredakan gejala alergi. Kandungannya adalah Pseudoephedrine HCl dan Triprolidine HCl.

Adapun aturan pakainya sebagai berikut:

  • Dewasa dan anak usia di atas 12 tahun: 1 sendok takar (5 ml) tiga kali sehari sesudah makan.
  • Anak 6-12 tahun: ½ sendok takar (2,5 ml) tiga kali sehari. 
  • Anak berusia kurang dari 6 tahun: tidak dianjurkan. 

Jika kamu sedang mendapatkan terapi obat tertentu (phenelzine dan selegiline) dalam 2 minggu terakhir, maka tidak disarankan untuk mengonsumsi obat ini dalam mengatasi pilek. 

Rentang harga: Rp68.500 – Rp69.800 per botol.

Dapatkan Actifed Sirup 60 ml (Kuning) di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Vicks Inhaler

Apabila ingin lebih praktis, kamu bisa menggunakan Vicks Inhaler dengan cara dihirup dalam-dalam tiap lubang hidung sesuai kebutuhan. 

Vicks Inhaler adalah produk inhalasi yang mengandung menthol dan camphor untuk membantu melegakan hidung tersumbat akibat pilek. Kandungan tersebut juga memberikan sensasi dingin lalu hangat saat diaplikasikan ke hidung. 

Kamu juga bisa menggunakan cara lainnya untuk mengobati pilek di rumah. Baca selengkapnya di artikel ini: Bagaimana Cara Mengobati Pilek di Rumah?

Rentang harga: Rp15.700 – Rp26.200 per piece.

Dapatkan Vicks Inhaler di Toko Kesehatan Halodoc.

6. Intunal F 10 Tablet

Pilihan obat pilek lainnya yang bisa dibeli secara bebas di apotek adalah Intunal F 10 Tablet. Obat ini mengandung parasetamol sebagai penurun panas, Phenylephrine HCl sebagai pereda hidung tersumbat, dan Dexchlorpheniramine maleat sebagai pereda gejala alergi seperti pilek dan bersin-bersin.

Jika mengidap batuk berdahak ataupun tidak berdahak, Intunal F juga termasuk obat yang bisa kamu konsumsi karena mengandung Dextromethorphan dan Glyceryl guaiacolate. 

Sebelum digunakan, kamu bisa perhatikan dulu dosis pemberian di bawah ini:

  • Dewasa dan anak di atas usia 12 tahun: 1 tablet tiga kali sehari sesudah makan.
  • Anak 6-12 tahun: ½ tablet tiga kali sehari sesudah makan.

Kisaran harga: Rp10.600 per strip.

Dapatkan Intunal F 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

7. Flutamol 10 Kaplet

Kamu juga bisa mengandalkan Flutamol 10 Kaplet sebagai solusi untuk mengatasi pilek. Obat pilek ini juga dapat meredakan gejala demam, hidung tersumbat, bersin-bersin, sakit kepala, dan batuk berdahak. 

Berikut adalah aturan dosis pemberian Flutamol 10 Kaplet:

  • Dewasa dan anak berusia lebih dari 12 tahun: 1 kaplet 3-4 kali sehari sesudah makan.
  • Anak 6-12 tahun: ½ kaplet 3-4 kali sehari sesudah makan.

Apabila gejala tidak membaik setelah 3 hari penggunan, sebaiknya hubungan dokter di Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Pilek berkepanjangan bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan tertentu. 

Cari tahu selengkapnya di artikel ini:

Kisaran harga: Rp17.400 per strip.

Dapatkan Flutamol 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

Selain menggunakan obat-obatan, kamu juga bisa mencoba beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mengobati flu. Untuk cara-caranya bisa kamu baca selengkapnya di sini: “Alami Flu, Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengobatinya”. 

Itulah beberapa obat pilek  yang ampuh dan mudah dicari. Kamu juga bisa menemukannya dengan mudah di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

Vaksin Flu Bisa di Rumah Pakai Halodoc

Sebenarnya flu masih bisa dicegah dan diminimalisir keparahan gejalanya jika kamu telah mendapatkan vaksin influenza. 

Dengan vaksinasi, risiko kamu mengidap gangguan yang lebih serius seperti bronkitis dan pneumonia juga lebih kecil. Untuk itu, sebaiknya segera lakukan Vaksinasi Influenza untuk mencegah risiko tersebut.

Nah, kini kamu bisa mendapatkan vaksin flu dengan mudah tanpa harus keluar rumah.

Kamu bisa menggunakan layanan Halodoc Home Lab (tersedia di Jadetabek, Bandung, dan Surabaya) untuk melakukan Paket Vaksinasi Influenza + Pneumonia dari rumah. 

Layanan dari Halodoc Home Lab akan mendatangkan dokter khusus vaksinasi ke tempat atau di lokasi mana pun yang kamu pilih untuk pemberian vaksin. 

Berikut beberapa keunggulan melakukan imunisasi anak dan vaksin dewasa lewat layanan Home Lab & Vaksinasi di Halodoc:

✔ Vaksinasi diberikan 100% oleh Dokter Khusus Vaksinasi. 

✔ Protokol kesehatan ketat. 

✔ Setelah vaksin diberikan, petugas medis akan melakukan observasi kondisi kesehatanmu untuk memastikan tidak ada efek samping yang berbahaya.

✔ Partner resmi produsen vaksin internasional sehingga vaksin terjamin keasliannya dan sudah terdaftar BPOM. 

✔ Hemat waktu dan biaya. 

✔ Harga vaksin influenza mulai dari Rp440.000,-, sementara untuk paket vaksin influenza dan pneumonia adalah Rp1.334.000,-, kamu bahkan bisa melakukan family booking untuk mendapatkan ekstra diskon.

✔ Tanpa perlu antre menunggu.

✔ Tanpa biaya tambahan.

Kapan saja kamu atau keluarga hendak mendapatkan vaksin ini, cukup pesan langsung melalui aplikasi Halodoc. Nanti, petugas kesehatan akan langsung datang ke rumah. Tenang saja, prosesnya aman dan cepat!

Booking Paket Vaksinasi Influenza + Pneumonia Lebih Mudah di Rumah Lewat Halodoc.

Kamu bisa order vaksinasi melalui aplikasi atau hubungi langsung nomor WhatsApp 0888-0999-9226. Yuk, vaksinasi sekarang!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses Pada 2024. Influenza (flu).
CDC. Diakses Pada 2024. Influenza (flu).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan