Ini Tujuan dari Tindakan Operasi Tulang Belakang

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Oktober 2023

“Operasi tulang belakang menjadi metode terakhir jika gangguan tulang tidak merespon obat-obatan yang diberikan. Tujuannya memperbaiki kelainan bentuk tulang dan mengatasi infeksi tulang belakang.”

Ini Tujuan dari Tindakan Operasi Tulang BelakangIni Tujuan dari Tindakan Operasi Tulang Belakang

Halodoc, Jakarta – Operasi tulang belakang menjadi pilihan yang efektif untuk mengobati cedera muskuloskeletal atau saraf kejepit. Prosedurnya kompleks dan memerlukan persiapan serta perhatian khusus.  

Keputusan menjalani operasi berdasarkan evaluasi medis yang cermat dan diskusi para ahli bedah tulang belakang. Tujuan dan manfaatnya tentu harus lebih besar ketimbang risikonya.

Ketahui selengkapnya terkait manfaatnya di bawah ini!

Tujuan Operasi Tulang Belakang

Sakit punggung yang memicu rasa nyeri biasanya tertangani dengan pengobatan konservatif, termasuk terapi fisik dan obat-obatan. Namun, operasi tulang belakang dibutuhkan jika nyeri berasal dari:

1. Memperbaiki kelainan bentuk tulang belakang

Skoliosis atau pembengkokan tulang belakang memerlukan operasi jika kondisinya sangat parah. Pasien juga membutuhkan prosedur jika penyakit mengganggu kualitas hidup atau mengancam kesehatannya. 

Tanpa penanganan, masalah dapat mengganggu fungsi organ dalam seperti paru-paru dan jantung. Dampaknya berupa kesulitan bernapas dan masalah kardiovaskular.

2. Mengatasi infeksi tulang belakang

Infeksi tulang belakang atau osteomielitis memerlukan operasi dalam beberapa situasi tertentu. Misalnya jika terjadi infeksi parah dan pasien tidak merespon obat-obatan dari dokter.

Di fase tersebut, operasi tulang belakang bermanfaat untuk mencegah gangguan semakin parah. Caranya dengan menghilangkan jaringan tulang dan jaringan yang terinfeksi.

Sebelum memulai prosedur, Ini Persiapan Operasi Tulang Belakang yang Perlu Diketahui.

3. Mengatasi trauma tulang belakang

Pasien membutuhkan operasi dalam beberapa situasi tertentu, salah satunya fraktur tulang belakang parah. Terutama jika melibatkan tulang belakang leher (vertebrae cervical) atau punggung bawah (vertebrae lumbal).

Operasi tulang belakang bertujuan untuk memperbaiki fraktur tersebut. Langkah ini menjadi satu-satunya cara untuk mengembalikan stabilitas dan struktur tulang belakang.

4. Mengangkat tumor tulang belakang

Tujuannya adalah mengangkat tumor yang tumbuh di dalam atau di sekitar tulang belakang. Pengangkatan tumor ini berguna untuk mencegah pertumbuhan lebih lanjut.

Prosedur mampu mengurangi tekanan pada struktur tulang belakang. Sekain itu juga bertujuan untuk memeriksa apakah tumor bersifat jinak (non-kanker) atau ganas (kanker).

5. Mengurangi tekanan pada saraf akibat degenerasi tulang belakang

Degenerasi tulang belakang bisa mengakibatkan penyempitan saluran tulang belakang (stenosis spinal) dan tekanan pada sumsum tulang belakang. Di sini pasien akan mengalami nyeri, kelemahan, atau kesemutan. 

Prosedur operasi tulang belakang mampu mengurangi tekanan pada saraf dan menghilangkan gejala tersebut. Tanpa penanganan, gangguan bisa menyebabkan kehilangan stabilitas tulang belakang.

Setelah operasi berlangsung, ini waktu yang diperlukan untuk proses penyembuhannya: Berapa Lama penyembuhan Operasi Tulang Belakang? Ini Faktanya!

Operasi tulang belakang melibatkan sayatan di sepanjang tulang punggung. Kemudian, dokter memindahkan otot dan jaringan lunak ke samping untuk mendapatkan akses ke tulang dan sumsum tulang belakang.

Sebelum melakukan operasi tulang belakang, ketahui terlebih dulu risiko yang bisa saja terjadi. Baca selengkapnya di sini: Ini 9 Efek Samping Operasi Tulang Belakang yang Perlu Diketahui.

Jangan ragu untuk tanyakan pada dokter di Halodoc mengenai risiko tindakan operasi ini.

Referensi:
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2023. Back and Spine Surgery.
Penn Medicine. Diakses pada 2023. Types of Spine Surgery and How to Know When You Might Need Surgery.
American Society of Anesthesiologists. Diakses pada 2023. Back Surgery.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan