• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini yang Akan Terjadi Ketika Merasa Insecure

Ini yang Akan Terjadi Ketika Merasa Insecure

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini yang Akan Terjadi Ketika Merasa Insecure

"Insecure adalah kondisi yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Pasalnya, hal ini bisa berkaitan dengan kondisi tubuh secara menyeluruh, bahkan bisa menurunkan kualitas hidup seseorang. Orang yang mengalami kondisi ini seringkali akan merasa tidak percaya diri, sering membandingkan diri dengan orang lain, dan tidak berani keluar dari zona nyaman."


Halodoc, Jakarta – Insecure adalah sebuah kondisi mental yang menyebabkan seseorang merasa “tidak aman”, dan hal ini bisa berlaku pada banyak hal. Kondisi ini menyebabkan seseorang merasa cemas dan takut secara berlebihan sehingga cenderung melakukan sesuatu dengan berhati-hati. Bahkan, terkadang seseorang yang mengalami insecure sering menaruh curiga pada orang lain maupun lingkungan di sekitarnya. 

Perasaan takut dan cemas adalah hal yang wajar dan normal terjadi sesekali. Ada banyak hal yang bisa menjadi sumber rasa takut maupun cemas dalam kehidupan sehari-hari. Namun, rasa cemas yang terjadi dalam jangka panjang dan mulai terasa tidak sehat sebaiknya tidak diabaikan. Kondisi ini bisa menjadi tanda insecure dan bisa memengaruhi kualitas hidup pengidapnya. Apa yang akan terjadi? 

Baca juga: Insecure Bikin Hubunganmu Runyam

Kenali Tanda Diri Ketika Merasa Insecure

Seringkali, orang yang mengalami insecure tidak menyadari hal tersebut. Sebab, rasa takut dan cemas sebenarnya normal dialami oleh siapa saja. Namun, biasanya ada sejumlah gejala dan perubahan yang terjadi saat seseorang mengalami insecure, di antaranya: 

1. Merasa Rendah Diri

Ketika seseorang mengalami insecure tanda yang paling terlihat adalah merasa rendah diri. Sebaiknya, kenali dan cintai diri sendiri agar agar terhindar dari rasa tidak percaya diri yang menyebabkan gangguan psikologis dan bisa memengaruhi kondisi tubuh secara menyeluruh. 

2. Mengalami Takut Berlebih

Tidak hanya pada hal besar, seseorang yang mengalami insecure akan mengalami rasa takut berlebih, termasuk pada hal-hal kecil. Jika rasa takut yang muncul mulai mengganggu dan terasa tidak sehat, cobalah untuk segera mencari bantuan ahli. 

Kamu bisa menemui psikolog atau psikiater untuk mulai memeriksakan diri dan mengetahui penyebab munculnya rasa tidak aman. Biar lebih mudah, temukan daftar rumah sakit atau klinik yang menyediakan layanan ahli psikologi menggunakan aplikasi Halodoc. Atur lokasi dan temukan klinik terdekat yang bisa dikunjungi. Download Halodoc di App Store dan Google Play!

3. Tidak Mau Keluar Zona Nyaman

Seseorang yang memiliki kecemasan dan ketakutan pada tantangan umumnya akan enggan keluar zona nyaman. Rasa takut dan cemas menjadi salah satu alasan mengapa hal ini bisa terjadi. 

4. Sering Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Seseorang yang memiliki insecure lebih sering membandingkan dirinya dengan orang lain. Seseorang yang mengalami kondisi ini akan lebih merasa kehidupan orang lain lebih baik dari dirinya.

Baca juga: Pentingnya Support System untuk Pengembangan Diri

Berdampak pada Kesehatan Mental 

Dilansir dari Good Therapy, tidak ada penyebab pasti seseorang merasa insecure terhadap diri maupun kehidupannya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang selalu merasa tidak aman pada dirinya, seperti trauma, memiliki masalah pada penampilannya atau alami body dysmorphic disorder, dan kepercayaan diri yang rendah.

Tidak hanya itu, faktor ekonomi seseorang, lingkungan dan hubungan sosial bisa menyebabkan seseorang alami rasa insecure. Jika tidak ditangani segera, kondisi ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental, seperti depresi, gangguan kepribadian batas ambang, mengalami gangguan kecemasan, alami paranoid, gangguan makan, dan masalah pada body image. Lakukan beberapa hal ini untuk dapat melakukan untuk mengatasi insecure, seperti:

  • Selalu Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Meningkatkan rasa percaya diri menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa insecure yang kamu alami. Tidak ada salahnya untuk semakin mengenali diri kamu agar kamu semakin percaya diri.

  • Pilih Lingkungan dengan Suasana yang Baik

Tidak ada salahnya untuk memilih lingkungan yang baik agar terhindar dari perasaan insecure. Sebaiknya, pilihlah lingkungan yang membangun percaya diri dan body image kamu menjadi positif agar terhindar dari kondisi insecure.

Baca juga: Ini Alasan Tersembunyi Kenapa Orang Selingkuh

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri sehingga terhindar dari perasaan tidak aman alias insecure. Yuk, mulai cintai diri sendiri agar selalu bahagia!


Referensi:
Good Therapy. Diakses pada 2021. Insecurity
Psychology Today. Diakses pada 2021. 4 Signs That Someone is Probably Insecure
Psych Central. Diakses pada 2021. 5 Things to Do When You Feel Insecure