Ini yang Akan Terjadi usai Seseorang Menjalani Operasi Katarak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Juni 2023

“Setelah menjalani operasi katarak, penglihatan mungkin masih agak kabur. Namun, hal itu akan berangsur membaik dan mata akan bertambah jernih dan tajam.”

Ini yang Akan Terjadi usai Seseorang Menjalani Operasi KatarakIni yang Akan Terjadi usai Seseorang Menjalani Operasi Katarak

Halodoc, Jakarta – Operasi katarak merupakan cara yang efektif untuk mengatasi kondisi mata yang menurunkan penglihatan tersebut. Prosedur ini aman dan tingkat keberhasilannya tinggi.

Meski begitu, mungkin masih banyak orang yang khawatir apa yang akan terjadi setelah menjalani operasi katarak. Apakah mata mereka bisa pulih dengan cepat dan apa saja perawatannya? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

Setelah Operasi Katarak Selesai

Operasi katarak merupakan prosedur medis untuk menghilangkan katarak dengan cara mengangkat lensa mata yang keruh dan menggantinya dengan lensa buatan. Prosedur ini dilakukan oleh dokter mata dan memakan waktu hanya sekitar 30-45 menit. 

Setelah operasi katarak selesai, kamu akan dibawa ke ruang pemulihan untuk memastikan tidak terjadi komplikasi, seperti tekanan mata naik. Kamu mungkin perlu tinggal sekitar satu hingga dua jam. Bila tidak terjadi efek samping apapun, kamu dapat pulang ke rumah. 

Namun, mata kamu mungkin masih belum bisa melihat dengan jelas. Oleh karena itu, penting untuk meminta keluarga atau orang terdekat untuk mengantar pulang setelah operasi.

Setelah menjalani operasi katarak, penglihatan kamu mungkin masih akan kabur pada awalnya saat mata sembuh dan menyesuaikan diri. Namun, setelah beberapa hari, penglihatan mulai membaik.

Kamu mungkin melihat warna tampak lebih cerah setelah operasi, karena memiliki lensa baru yang jernih. Katarak biasanya membuat penglihatan menjadi berwarna kuning atau cokelat sebelum operasi, yang mengaburkan warna.

Mata kamu mungkin juga akan terasa gatal atau sedikit tidak nyaman dan sensitif terhadap cahaya. Itu adalah hal yang normal dan bisa membaik selama beberapa hari. Ingat, hindari menggosok atau menekan mata.

Namun, hubungi dokter bila kamu mengalami efek samping berikut:

  • Kehilangan penglihatan.
  • Rasa sakit yang tidak kunjung reda, meski sudah mengonsumsi obat pereda nyeri.
  • Mata merah.
  • Pembengkakan kelopak mata.
  • Floaters, kilatan cahaya atau banyak bintik hitam kecil atau garis berlekuk-lekuk yang melayang melintasi pandangan kamu.

Kamu biasanya perlu menemui dokter mata satu atau dua hari setelah operasi, kemudian minggu berikutnya, dan kemudian lagi setelah sekitar satu bulan untuk memantau penyembuhan.

Kebanyakan orang perlu mengenakan kacamata atau kontak lensa baru setelah operasi katarak. Dokter mata akan memberitahumu ketika mata kamu sudah cukup sembuh untuk mendapatkan resep kacamata terbaru. Ini biasanya antara satu dan tiga bulan setelah operasi.

Bila kamu memiliki katarak di kedua mata, dokter biasanya akan menjadwalkan operasi kedua setelah mata pertama sembuh.

Tips Merawat Mata Setelah Operasi Katarak

Dokter mata akan menjelaskan cara melindungi mata setelah operasi katarak. Berikut perawatan yang perlu kamu lakukan selama pemulihan:

  • Gunakan obat tetes mata dari resep dokter untuk membantu penyembuhan mata.
  • Pakai lah pelindung mata atau penutup mata khusus selama beberapa hari setelah operasi. 
  • Kamu mungkin juga perlu menghindari beberapa aktivitas selama beberapa minggu, seperti menyentuh mata, membungkuk, atau mengangkat barang berat.

Kebanyakan orang benar-benar sembuh 8 minggu setelah operasi katarak. Dokter mata akan menjadwalkan pemeriksaan untuk memastikan mata kamu sembuh dengan benar.

Nah, penyakit mata ini bisa mengganggu penglihatan, bahkan menyebabkan kebutaan,  kamu perlu tahu 7 Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Katarak Sejak Dini.

Itulah penjelasan mengenai apa yang akan terjadi setelah menjalani operasi katarak. Bila ada yang ingin kamu tanyakan lebih lanjut seputar prosedur tersebut atau mengalami gangguan mata, jangan ragu untuk menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Cataract surgery.
National Eye Institute. Diakses pada 2023. Cataract surgery.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan