• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah yang Menyebabkan Ibu Hamil Sering Merasa Lelah

Inilah yang Menyebabkan Ibu Hamil Sering Merasa Lelah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil adalah hal yang wajar terjadi, salah satunya menjadi lebih mudah lelah. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal ini terjadi, termasuk keberadaan janin di dalam kandungan. Selain itu, ibu hamil juga menjadi lebih mudah lelah karena perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan. 

Sering merasa lelah adalah keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil. Kebanyakan, hal ini akan muncul pada awal-awal kehamilan dan menjelang waktu persalinan. Selain sering merasa lelah, ibu hamil juga cenderung mengalami mual dan muntah. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sangat penting untuk mengetahui tips mengatasi dan mencegah kelelahan pada ibu hamil! 

Baca juga: Jangan Sepelekan kalau Ibu Sering Lelah di Trimester Pertama

Agar Ibu Hamil Tidak Mudah Merasa Lelah

Pertumbuhan janin di dalam rahim serta peningkatkan hormon progesteron di dalam tubuh menjadi penyebab ibu hamil mudah merasa lelah. Meski wajar, hal ini nyatanya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Kualitas tidur calon ibu di malam hari pun bisa terganggu dan memicu rasa kelelahan menjadi lebih parah pada keesokan harinya. 

Selain perubahan fisik dan hormon, kelelahan pada ibu hamil juga bisa disebabkan oleh kondisi mual muntah di awal kehamilan alias morning sickness, kurang tidur, pembagian nutrisi ke janin, serta jantung yang memompa darah lebih keras untuk meningkatkan volume darah. Kelelahan pada ibu hamil paling sering muncul pada awal kehamilan dan di trimester ketiga.

Ada tips yang bisa diterapkan agar kelelahan tidak terlalu mengganggu ibu hamil, di antaranya: 

  • Batasi Aktivitas Fisik

Terlalu aktif bisa menjadi salah satu penyebab ibu hamil mudah merasa lelah. Maka dari itu, sangat penting untuk membatasi aktivitas fisik dan hindari melakukan pekerjaan yang terlalu berat. Jangan memaksakan diri dan segera beristirahat jika rasa lelah yang parah mulai terasa.

  • Konsumsi Makanan Sehat

Saat awal kehamilan, ibu mungkin akan mengalami penurunan nafsu makan dan berujung pada kurangnya asupan nutrisi. Padahal, hal itu bisa menjadi salah satu penyebab tubuh tidak berenergi dan menjadi lebih mudah lelah. Untuk mencegahnya, biasakan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, meski dirasa sulit. 

Baca juga: 5 Alasan Ibu Hamil Enggak Boleh Kelelahan di Trimester Pertama

  • Minum Air Putih

Selain makanan yang bernutrisi, ibu hamil juga disarankan untuk banyak minum air putih. Hal ini penting untuk memastikan tubuh ibu mendapat asupan cairan yang cukup, sehingga terhindar dari dehidrasi. Selain itu, minum air putih juga bisa membantu mengurangi rasa lelah yang dialami.

  • Berolahraga

Meski sedang hamil, ibu tetap harus bergerak dan berolahraga. Namun tentu saja, aktivitas fisik dan olahraga yang dilakukan harus disesuaikan dan jangan memaksakan. Ibu bisa memilih jenis olahraga yang ringan namun bermanfaat, seperti berjalan-jalan agar aliran darah tetap mengalir lancar. Selain itu, ibu juga bisa meminta dampingan dan ahli jika ragu atau tidak yakin jenis olahraga apa yang harus dilakukan. 

  • Suplemen Tambahan

Untuk menjaga kondisi tubuh dan menghindari kelelahan, ibu juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan. Namun tentu saja, hal ini harus mendapat persetujuan dan rekomendasi dari dokter. Jangan sembarangan mengonsumsi suplemen karena bisa membahayakan ibu maupun janin yang dikandung.

Baca juga: Ibu Hamil Mengidap Asam Lambung, Apakah Bahaya?

Jika rasa lelah yang terjadi sangat ekstrim, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Sebagai pertolongan pertama, ibu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk meminta saran mengatasi rasa lelah. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang di App  Store dan Google Play!

Referensi:
Parents. Diakses pada 2020. How do I help pregnancy fatigue?
Web MD. Diakses pada 2020. Fatigue During Pregnancy - Topic Overview.