Tak Hanya Lezat, Ini 13 Manfaat Durian bagi Kesehatan

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Desember 2023

“Manfaat durian terjadi berkat kandungan vitamin dan mineral penting di dalamnya. Beberapa khasiatnya adalah mencegah perubahan sel abnormal, mencegah penuaan dini, hingga meningkatkan kesehatan kulit.”

Tak Hanya Lezat, Ini 13 Manfaat Durian bagi KesehatanTak Hanya Lezat, Ini 13 Manfaat Durian bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Sebagian orang tidak menyukai buah durian karena baunya yang menyengat dan rasanya yang tajam.

Padahal, buah satu ini memiliki rasa yang nikmat dan mengandung berbagai kandungan vitamin dan mineral. Jika konsumsinya tidak berlebihan, kamu bisa mendapatkan manfaat durian untuk kesehatan.

Durian sendiri memiliki banyak jenis, mulai dari durian montong, musang king, petruk, tembaga, bokor, hingga bokor. Saat ini, jenis yang paling mahal adalah super tembaga Klamunot dengan harga sampai Rp1,5 juta per kilogramnya. 

Sementara itu, masa panen buah ini di Indonesia sendiri umumnya berlangsung selama 4 bulan, mulai dari April sampai Juli.

Manfaat Buah Durian bagi Kesehatan

Dengan kandungan nutrisi yang beragam, mengonsumsi buah satu ini juga mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Berikut ini manfaat durian bagi kesehatan:

1. Mencegah perubahan sel abnormal kanker

Antioksidan pada buah ini menjadi salah satu zat yang bisa menjaga sekaligus melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Hal ini membuat tubuh terhindar dari perubahan sel menjadi abnormal yang dapat memicu penyakit kanker. 

Studi berjudul Bioactive compounds, nutritional value, and potential health benefits of indigenous durian (Durio zibethinus murr.): A review dalam Food menyebutkan, buah ini memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko kanker. 

Buahnya mengandung polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan kanker, bahkan membunuh sel kanker. Studi lain juga menyebutkan bahwa buah ini menunjukkan efek perlindungan terhadap garis sel kanker payudara.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Mirip dengan buah lainnya, durian juga memiliki kandungan serat. Asupan serat tubuh yang mencukupi mendukung kinerja organ pencernaan. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari konstipasi atau sembelit.

Selain itu, kandungan serat dalam makanan sehat ini juga efektif merangsang gerakan peristaltik pada pencernaan.

Hal ini yang membuat buah satu ini mampu mengatasi perut kembung, sakit perut, hingga kram perut.

3. Mencegah munculnya nyeri

Kandungan nutrisi lain yang tak kalah pentingnya dalam buah durian adalah vitamin C. Tubuh membutuhkan nutrisi ini untuk mencegah keluhan berupa rasa nyeri, terutama pada area sendi.

Jika kamu mengalami masalah kesehatan ini, tak ada salahnya untuk mengonsumsi buah ini, tapi dalam batasan wajar, ya!

4. Mencegah penuaan dini

Manfaat durian berikutnya adalah mencegah terjadinya penuaan dini. Ini lagi-lagi berkat kandungan vitamin C yang berperan aktif sebagai antioksidan. Kandungan satu ini bekerja aktif dengan menghalau paparan radikal bebas, termasuk pada kulit. 

5. Menjaga kesehatan tulang

Menjaga kesehatan tulang jadi manfaat durian lainnya yang perlu kamu tahu. Ini karena kandungan magnesium dan potasium yang bekerja aktif dalam menjaga kepadatan tulang.

Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari osteoporosis pada masa mendatang. Selain itu, kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan lainnya untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Lengkapnya baca ulasan berikut: Coba Konsumsi 5 Makanan untuk Mencegah Osteoporosis.

6. Mencegah penyakit jantung

Guna mencegah penyakit jantung, kandungan potassium dalam buah ini bekerja dengan menurunkan lemak tidak sehat dan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, nutrisi ini juga menurunkan risiko penyakit hati yang terjadi karena penumpukan lemak. 

Tak ketinggalan, kandungan serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL-C) dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Fakta ini tertulis pada studi berjudul Effects of soluble dietary fiber on low-density lipoprotein cholesterol and coronary heart disease risk, dalam Current Atherosclerosis Reports.

7. Mengatur tekanan darah

Manfaat durian lainnya adalah mengatur tekanan darah. Kegunaan ini berasal dari kandungan potasium dan kalium.

Keduanya bekerja secara aktif dengan melemaskan dinding pembuluh darah, sehingga peredaran darah pada tubuh menjadi lebih lancar.

8. Mencegah diabetes

Penelitian dengan judul “Exotic fruits as therapeutic complements for diabetes, obesity and metabolic syndrome”, dalam Food Research International menyebutkan, kandungan mangan dalam durian dapat membantu menjaga kadar gula darah. 

Menurut studi tersebut, durian mampu memperbaiki kurva respons insulin pada 10 pengidap penyakit kencing manis.

Selain itu, antioksidan dalam buah satu ini juga membantu mengurangi stres oksidatif yang dapat memperburuk gejala diabetes.

9. Mencegah anemia

Anemia terjadi ketika tubuh seseorang kekurangan sel darah merah yang sehat untuk mengalirkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Dampaknya, tubuh menjadi lelah dan lemas serta wajah akan terlihat pucat.

Kandungan asam folat dalam durian dapat mempertahankan kadar sel darah merah yang sehat. Informasi lengkapnya bisa kamu baca dari artikel Makan Durian Bisa Meredakan Anemia, Ini Faktanya.

Jika tekanan darah melonjak, segera lakukan pemeriksaan melalui aplikasi Halodoc dengan klik gambar berikut:

homelab - durian

10. Mengatasi insomnia

Insomnia tak hanya mengganggu produktivitas, tetapi juga berpengaruh pada penurunan kesehatan tubuh. Kamu bisa mencoba mengatasinya dengan mengonsumsi buah durian.

Kabarnya, manfaat durian ini membantu mengurangi insomnia berkat kandungan asam amino triptofan yang efektif untuk gangguan tidur tersebut.

Nutrisi ini bekerja dengan memicu munculnya perasaan senang dengan meningkatkan kadar serotonin dalam otak. Melalui hormon ini, kamu akan merasa tenang sehingga lebih mudah terlelap.

11. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat durian selanjutnya adalah membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Hal ini berkat kandungan vitamin C yang bekerja sebagai antioksidan. Asupan ini membantu memerangi paparan radikal bebas dari polusi dan debu yang masuk ke tubuh.

Tak hanya durian, artikel Buah-Buahan untuk Kulit yang Bersinar memberikan daftar buah lain yang baik untuk kulit lebih sehat dan cerah

12. Mencegah depresi

Kandungan asam amino esensial triptofan dalam durian bekerja dengan meningkatkan kadar serotonin.

Manfaatnya tak hanya meningkatkan kualitas tidur, tapi juga membantu menstabilkan suasana hati. Hal ini berdampak pada penurunan kadar depresi dan kecemasan dalam tubuh.

13. Mengatasi disfungsi seksual

Manfaat durian yang terakhir adalah mengatasi disfungsi seksual. Khasiat ini terjadi karena adanya zat afrodisiak dalam buah yang berkerja dengan meningkatkan gairah seksual pada pria dan wanita.

Itu tadi manfaat durian untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan dalam porsi yang tidak berlebihan. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Durian adalah buah yang tinggi kalori dan lemak, sehingga tidak boleh kamu konsumsi saat sedang menjalani program diet atau mengidap tekanan darah tinggi serta sakit jantung.

Selain itu, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap durian. Gejala reaksi alergi termasuk bersin-bersin, hidung berair, mata memerah dan gatal, atau ruam kulit.

Tak ketinggalan, kamu bisa mendapatkan manfaat durian dengan tidak mengonsumsi buah ini bersama dengan minuman beralkohol. 

Sebab, senyawa pada durian dapat mencegah enzim tertentu pada tubuh untuk memecah alkohol. Hal ini berdampak pada peningkatan kadar alkohol dalam darah yang dapat membuat kamu mengalami mual, muntah, hingga jantung berdebar.

Jika kamu merasakan gejala yang tidak biasa pada tubuh setelah mengonsumsi buah durian, segera hentikan konsumsinya dan hubungi dokter untuk bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Durian Fruit: Potent smell but Incredibly Nutritious.
Style Craze. Diakses pada 2023. 11 Promising Health Benefits Of The Nutritious Durian Fruit.
Very Well Fit. Diakses pada 2023. Durian Nutrition Facts and Health Benefits.
Food Research International. Diakses pada 2023. Exotic fruits as therapeutic complements for diabetes, obesity and metabolic syndrome.
Current Atherosclerosis Reports. Diakses pada 2023. Effects of soluble dietary fiber on low-density lipoprotein cholesterol and coronary heart disease risk.
Foods. Diakses pada 2023. Bioactive compounds, nutritional value, and potential health benefits of indigenous durian (Durio zibethinus murr.): A review.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan