Pilihan Obat Penambah Darah yang Aman untuk Lambung

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Januari 2024

“Mengonsumsi obat penambah darah yang aman untuk lambung sangat penting untuk mereka yang mengalami gejala anemia dan punya masalah tertentu pada pencernaan. Ada beberapa pilihan obat yang bisa kamu gunakan seperti Sangobion, Folavit, Maltofer, dan Emineton.”

Pilihan Obat Penambah Darah yang Aman untuk LambungPilihan Obat Penambah Darah yang Aman untuk Lambung

DAFTAR ISI

Obat Penambah Darah yang Aman untuk Lambung


Halodoc, Jakarta – Anemia bisa terjadi saat tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah atau sel darah merah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kadang, pengidap anemia perlu mengonsumsi obat penambah darah demi mengatasi gejala anemia. 

Obat yang aman untuk lambung juga penting agar nantinya tidak ada efek samping selama proses pengobatan. Yuk ketahui berbagai jenis obat penambah darah yang aman untuk lambung berikut ini!

Obat Penambah Darah yang Aman untuk Lambung

Berikut ini adalah pilihan obat penambah darah yang aman untuk lambung dan bisa kamu dapatkan di apotek terdekat:

1. Sangobion 10 Kapsul

Sangobion mengandung Ferrous gluconate, manganese sulfate, copper sulfate, vitamin C, folic acid, dan vitamin B12.

Kandungan tersebut akan membantu proses pembentukan hemoglobin di tubuh, sehingga dapat membantu mengatasi anemia saat menstruasi, hamil, menyusui, masa pertumbuhan, dan setelah mengalami pendarahan.

Kisaran harga: Rp21.900 per strip.

Dapatkan Sangobion 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.


Namun, selain dengan suplemen, Ini 3 Cara Mengatasi Anemia pada Remaja Perempuan.

2. Folavit 400 mcg 10 Tablet

Folavit  mengandung asam folat yang berguna untuk pembentukan sel darah merah dan menjaga kesehatan sistem saraf.  Suplemen ini juga baik untuk  ibu hamil karena bisa membantu perkembangan janin. Untuk pemakaiannya, Folavit bisa dikonsumsi sebelum dan sesudah makan. 

Rentang harga: Rp12.600 – Rp13.300 per strip. 

Dapatkan Folavit 400 mcg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Maltofer Fol Chewable 6 Tablet

Obat ini mengandung Besi (III)-hidroksida polimaltosa (IPC) dan asam folat. IPC diserap agar tubuh mendapatkan zat besi yang sesuai dengan kebutuhan agar mencegah kekurangan zat besi laten dan anemia. Selain itu, Maltofer juga bisa mencegah kekurangan asam folat sebelum, selama, dan setelah kehamilan serta menyusui. 

Rentang harga: Rp24.000 per strip. 

Dapatkan Maltofer Fol Chewable 6 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Emineton 10 Tablet

Emineton berguna untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada anak, menambah darah, dan mempercepat proses pemulihan saat sakit. Suplemen ini baik dikonsumsi saat makan untuk menjaga saluran pencernaan. 

Rentang harga: Rp25.400 per strip. 

Dapatkan Emineton 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Folavit 1000 mcg 4 Tablet

Obat ini efektif untuk membantu berbagai kondisi medis karena mengandung asam folat. Kandungan asam folat bekerja dalam proses pembentukan DNA, yang bermanfaat bagi pengidap anemia, ibu hamil dan menyusui, sampai dengan kondisi medis lain yang membutuhkan asam folat. Untuk cara mengkonsumsinya, obat ini bisa diminum 1 kali sehari sebelum atau sesudah makan. 

Rentang harga: Rp10.500 per strip. 

Dapatkan Folavit 1000 mcg 4 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah obat penambah darah untuk membantu atasi gejala anemia. Perlu diingat, anemia bisa berbahaya untuk ibu hamil, baca informasi lengkapnya di sini: Kekurangan Zat Besi saat Hamil, Ketahui Dampak yang Bisa Terjadi.

Kamu juga bisa lho cari obat dan suplemen penambah darah lainnya di di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya tepercaya, pengiriman cepat dan aman! 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Anemia.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Anemia.
NHS. Diakses pada 2024. About folic acid.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan