Kenali 5 Jenis Masker Wajah untuk Mengatasi Jerawat

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Oktober 2023

“Gunakan perawatan kulit yang tepat untuk mengatasi kondisi kulit berjerawat. Salah satunya, menggunakan masker untuk jerawat di Halodoc, seperti Garnier Bright Complete Clear Up Anti Acne Mask, Rojukiss Acne Pore Expert 5x Serum Mask, dan Himalaya Purifying Neem Mask.”

Kenali 5 Jenis Masker Wajah untuk Mengatasi JerawatKenali 5 Jenis Masker Wajah untuk Mengatasi Jerawat

DAFTAR ISI

Halodoc, Jakarta – Jerawat terjadi ketika folikel rambut di bawah kulit tersumbat oleh sebum dan sel kulit mati. Munculnya jerawat di beberapa area wajah dapat mengganggu penampilan hingga membuat kamu tidak percaya diri. 

Untuk itu, diperlukan perawatan kulit yang tepat untuk mengatasinya, misalnya dengan menggunakan masker wajah untuk jerawat. Ada beberapa jenis masker untuk jerawat yang bisa kamu coba. Berikut rekomendasinya!

Jenis Masker Jerawat dari Bahan Alami

Jika jerawat hilang dan timbul akibat hormon tubuh yang bergejolak, kamu bisa mengatasinya menggunakan bahan-bahan alami. Hal yang perlu ditegaskan, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya tanyakan dulu pada dokter spesialis kulit sebelum menggunakan bahan ini.

Pasalnya, bisa saja bahan-bahan alami ini malah membuat kulit teriritasi, sehingga jerawat semakin parah. Nah, berikut ini jenis masker jerawat dari bahan alami yang bisa kamu coba: 

1. Masker kunyit dan madu

Kunyit memiliki sifat antiinflamasi alami dan dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Bubuk atau tanaman kunyit dapat diubah menjadi masker untuk mengatasi jerawat. 

Jika dicampur dengan madu, maka akan menambah sifat antioksidan, antibakteri, dan antimikroba. Cara ini dapat menenangkan kulit yang meradang dan mencegah jerawat di kemudian hari. 

2. Masker clay dan tea tree

Tea tree oil bersifat antibakteri dan antiinflamasi, sehingga efektif jika digunakan untuk mengatasi jerawat. Namun, kamu perlu berhati-hati menggunakannya karena adanya tea tree oil di dalamnya.

Sebab, bahan tersebut berisiko tinggi mengiritasi kulit. Itulah sebaiknya tea tree oil dicampur ke dalam masker tanah liat atau clay bentonit kalsium. Dengan begitu dapat mencegah kemungkinan iritasi. 

Jerawat rentan muncul di T-zone, yaitu dahi, hidung, dan dagu. Jika muncul di area hidung, ini beberapa hal yang bisa saja menjadi penyebabnya: Kenali 7 Penyebab Jerawat di Hidung yang Perlu Diwaspadai

3. Masker witch hazel dan air mawar

Gabungan kedua bahan masker jerawat ini dapat membantu mengurangi minyak berlebih di kulit. Selain itu, kandungan didalamnya bersifat antibakteri alami dan antiinflamasi. 

Dengan menggunakannya secara rutin, jerawat perlahan bisa mengempis. Kedua bahan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi jerawat membandel yang hilang dan timbul. 

4. Masker gel lidah buaya

Gel lidah buaya merupakan bahan penenang alami. Ia dapat membantu meredakan jerawat yang sedang meradang dan teriritasi. Tanaman ini juga memiliki asam salisilat dan belerang alami.

Kedua kandungan tersebut sangat efektif sebagai penangkal jerawat. Terutama bagi orang yang memiliki wajah berminyak. Cara kerjanya dengan mengurangi produksi minyak berlebihan.

5. Masker oatmeal

Masker jerawat alami yang terakhir adalah oatmeal. Oat mengandung sifat antioksidan dan antiinflamasi. Gandum dari oat merupakan sumber vitamin B kompleks, vitamin E, protein, lemak, dan mineral yang baik untuk mengatasi kulit berjerawat. 

Kamu juga bisa mencampurkan bubuk oatmeal dengan beberapa tetes tea tree oil. Aplikasikan masker ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Rekomendasi Produk Masker untuk Mengatasi Jerawat

Untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat, kamu bisa mengombinasikannya dengan produk masker wajah. Ini beberapa rekomendasi masker untuk jerawat yang bisa kamu coba:

1. Garnier Bright Complete Clear Up Anti Acne Mask

Jenis masker jerawat ini memiliki formula vegan dan biodegradable. Setiap masker setara dengan satu botol serum. Selain itu, masker ini juga terdapat beberapa bahan tambahan, seperti:

  • Salicylic acid untuk melawan jerawat.
  • Niacinamide untuk menenangkan kulit.
  • Vitamin C untuk mencerahkan kulit. 

Kombinasi ketiganya mampu melawan noda hitam bekas jerawat dan membuat wajah terlihat lebih cerah. Hasilnya sudah dapat terlihat dalam satu minggu pemakaian.

Selain menggunakan masker untuk jerawat secara rutin, sebaiknya hindari juga makanan yang dapat memperparah kondisi jerawat kamu: “Awas, Kenali 5 Makanan Penyebab Jerawat di Wajah”.

Rentang harga: Rp23.000 – Rp31.500 per sachet.

Dapatkan Garnier Bright Complete Clear Up Anti Acne Mask di Toko Kesehatan Halodoc

2. Rojukiss Acne Pore Expert 5x Serum Mask 25 ml

Masker perawatan wajah ini mengandung 5x serum intensif sebagai perawatan untuk kulit berminyak cenderung berjerawat. Setiap sasetnya memiliki essence setara 5 botol serum jerawat yang mengandung:

  • Beta hydroxy acid (BHA). Bahan ini larut dalam minyak, sehingga dapat mengatasi jerawat akibat pori-pori yang tersumbat oleh sebum, kulit mati, dan kotoran.
  • Ekstrak bija. Kandungan ini bekerja sebagai agen antiinflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan jerawat.
  • Ekstrak witch hazel. Di dalamnya mengandung zat antiinflamasi yang dapat menghilangkan peradangan dan mencegah bakteri masuk ke dalam pori-pori.

Rentang harga: Rp18.000 – Rp27.000 per sachet. 

Dapatkan Rojukiss Acne Pore Expert 5x Serum Mask 25 ml di Toko Kesehatan Halodoc

3. Himalaya Purifying Neem Mask 100 ml

Kamu juga bisa menggunakan masker wajah dari Himalaya. Masker ini dapat membantu sekresi minyak berlebih, membersihkan pori-pori yang tersumbat, serta mencegah timbulnya jerawat. 

Produk ini memiliki kandungan utama yang sangat bagus untuk kesehatan kulit, yaitu Neem. Kandungan ini berperan sebagai antibakteri yang dapat mencegah kambuhnya jerawat. 

Kombinasinya dengan kunyit juga membantu memaksimalkan sifat antibakteri yang dimiliki oleh Neem untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat. 

Sedangkan, kandungan Fuller earth berguna untuk mendinginkan, menyejukkan kulit, dan memperbaiki teksturnya, sehingga lebih bersih.

Kamu bisa oleskan produk ini secara merata di bagian wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Setelah itu, diamkan 10-15 menit dan cuci dengan air dingin.  

Rentang harga: Rp26.900 – Rp49.500 per tube.

Dapatkan Himalaya Purifying Neem Mask 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa masker untuk jerawat yang ampuh mengatasi masalah kulitmu. Dapatkan produk masker di atas secara praktis dan mudah melalui Toko Kesehatan Halodoc. 100% produknya asli karena dikirim dari apotek tepercaya. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. The Best DIY and Store-Bought Face Masks for Acne.
WebMD. Diakses pada 2024. How to Choose a Facial Mask.
Science Alert. Diakses pada 2024. Aloe vera Juice and Acne Vulgaris: A Placebo-Controlled Study.
PubMed. Diakses pada 2024. The efficacy of 5% topical tea tree oil gel in mild to moderate acne vulgaris: a randomized, double-blind placebo-controlled study.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan