Kenali 5 Tanda Anjing Husky Alami Stres

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   13 Juni 2021
Kenali 5 Tanda Anjing Husky Alami StresKenali 5 Tanda Anjing Husky Alami Stres

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu, husky adalah anjing yang sensitif lho. Di balik tingkah mereka sehari-hari yang konyol dan nakal, mereka sebenarnya memiliki tingkat kepekaan yang tinggi. Hal ini membuat anjing Husky lebih rentan mengalami hal-hal seperti kecemasan akan perpisahan, yaitu bentuk stres yang parah karena ditinggal sendirian.

Banyak situasi dan lingkungan bisa menyebabkan anjing Husky merasa stres dan cemas. Penting untuk mengetahui tanda-tanda stres pada anjing Husky, agar kamu bisa segera mencari cara untuk memperbaiki suasana hatinya. Berikut ulasannya.

Baca juga: Kenali Karakter Anjing Siberian Husky

Tanda Anjing Husky Stres

Kamu perlu mengetahui bahasa tubuh anjing . Berikut ini beberapa tanda utama yang menunjukkan anjing Husky sedang mengalami stres atau cemas:

  1. Suara 

Anjing Husky dikenal sebagai hewan yang bawel. Namun, seringkali hewan berbulu indah ini mencoba memberi tahu sesuatu yang penting saat ia bersuara. Seperti ras lain, anjing Husky mungkin akan menggonggong atau merengek, tapi ia juga bisa melolong berlebihan saat merasa stres atau cemas.

  1. Ekor yang Terselip

Tanda yang paling jelas ketika hewan ini sedang stress bisa dilihat dari ekornya yang melengkung. Bila biasanya ekor Husky berada di belakangnya atau mungkin sedikit tidak melengkung, ekor yang tergeletak di bawah punggungnya atau terselip menandakan bahwa ada sesuatu yang mengganggunya.

  1. Menjilat Bibir

Menjilat bibir adalah tanda umum anjing yang sedang stres. Anjing Husky mungkin menjilat bibirnya dan menguap saat ia sedang stres. Ia menjilat bibirnya lebih lambat daripada saat mereka mencicipi sesuatu yang enak. Tanda ini bisa terlihat seperti ‘flick’ di mana lidah keluar dan masuk kembali tanpa anjing benar-benar menjilat bibirnya.

  1. Terengah-engah

Ini adalah salah satu tanda yang perlu mendapat perhatian khusus, karena banyak orang yang menganggap bahasa tubuh anjing yang terengah-engah hanya sebagai tanda bahwa mereka sedang kepanasan. 

Anjing memang akan terengah-engah ketika mereka sedang kepanasan. Namun, ketika cuaca sedang adem dan kamu tidak sedang mengajaknya berolahraga, terengah-engah bisa jadi pertanda hewan tersebut stres. 

Perhatikan lah tanda-tanda yang lain juga untuk memastikan apakah anjing kesayangan tersebut sedang kepanasan atau mengalami stres.

  1. Telinga Melipat ke Belakang

Sebagian besar anjing Husky memiliki telinga yang sangat tegak. Sesekali kamu juga bisa melihat salah satu telinganya naik dan satunya lagi turun, tapi ini jarang terjadi.

Posisi telinga adalah cara yang baik untuk memeriksa suasana hati hewan kesayangan kamu tersebut. Bila ia meletakkan telinganya ke bawah dan ke samping, seperti pesawat, ia mungkin mengalami stres atau sedang cemas tentang sesuatu.

Baca juga: 4 Alasan Anjing Perlu Diajak Jalan-Jalan dan Bermain

Apa yang Harus Dilakukan?

Bila anjing Husky sedang stres, hal pertama yang perlu dilakukan adalah jauhkan dia dari penyebab stres dan bawa ke tempat yang tenang. Tahan keinginan untuk terlalu menghiburnya.

Bila kamu ingin memanjakannya dengan belaian atau camilan, buatlah ia melakukan suatu aktivitas dulu untuk mendapatkannya, misalnya menyuruh ia untuk duduk. Menanggapi perintah rutin bisa mengalihkan perhatian anjing dan memberikan rasa normal. Kamu akan melihat betapa efektifnya memberi perintah, seperti duduk, berdiri atau memberi tangan bagi anjing yang sedang khawatir.

Selain itu, sama seperti manusia, olahraga juga bisa menjadi pereda stres yang efektif. Aktivitas fisik seperti berjalan atau bermain lempar tangkap bisa membantu kamu dan anjing Husky melepas ketegangan. Memberi anjing tempat yang aman di rumah di mana ia bisa melarikan diri dari situasi yang membuatnya cemas juga baik untuk membantu ia mengatasi perasaannya tersebut.

Namun, bila anjing Husky terus-menerus stres, segera temui dokter hewan. Setelah memastikan bahwa perilaku anjing kamu tidak disebabkan oleh kondisi medis, dokter hewan bisa merujuk kamu ke pelatih atau ahli perilaku hewan untuk mengevaluasi masalah yang berhubungan dengan stres. Mereka mungkin juga meresepkan obat penurun kecemasan bila perlu.

Baca juga: Lakukan Tips Ini saat Berolahraga dengan Anjing

Nah, kamu bisa membawa anjing peliharaan berobat ke dokter hewan dengan buat janji di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk membantu mendapatkan solusi terlengkap untuk hewan peliharaan kamu.

Referensi:
I Heart Dogs. Diakses pada 2021. 5 Signs Your Husky Is Stressed.
VCA. Diakses pada 2021. Signs Your Dog is Stressed and How to Relieve It

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan