Ini 5 Pilihan Obat Sakit Gigi yang Aman untuk Ibu Hamil

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Januari 2024

“Sakit gigi pada ibu hamil bisa membuat mereka kesulitan makan dan mendapatkan nutrisi penting untuk tubuhnya serta janin dalam kandungan. Beberapa rekomendasi obatnya, yaitu yaitu Sumagesic, Paracetamol, Biogesic, Panadol Extra, dan Cefadroxil.”

Ini 5 Pilihan Obat Sakit Gigi yang Aman untuk Ibu HamilIni 5 Pilihan Obat Sakit Gigi yang Aman untuk Ibu Hamil

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Sakit Gigi Ibu Hamil


Halodoc, Jakarta – Sakit gigi rentan terjadi jika tidak bisa menjaga kebersihan gigi dengan baik. Masalah ini bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, tak terkecuali pada ibu hamil.

Sakit gigi pada ibu hamil bisa meningkatkan risiko peradangan dan pembengkakan gusi. Untuk menurunkan potensi sakit yang berkelanjutan, ibu hamil bisa mengonsumsi beberapa obat di bawah ini!

Rekomendasi Obat Sakit Gigi Ibu Hamil

Gejala sakit gigi akan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Umumnya ditandai dengan rasa sakit tumpul yang tidak kunjung hilang, sakit berdenyut, demam, sakit kepala, dan gusi bengkak.

Ini beberapa rekomendasi obat sakit gigi ibu hamil yang bisa dicoba:

1. Sumagesic 600 mg 4 Tablet

Sumagesic mengandung 600 mg paracetamol di setiap tabletnya. Tak hanya mengatasi gejala sakit gigi saja, obat ini juga efektif mengatasi sakit akibat saraf kejepit, gigi, dan menurunkan demam.

Sumagesic berisi kandungan paracetamol yang bekerja dengan menghambat sintesis prostaglandin. Kandungan tersebut yang pada akhirnya mampu mengatasi nyeri gigi ringan hingga sedang. 

Ibu hamil bisa mengonsumsi Sumagesic 1 tablet, 3-4 kali sehari, sesuai dengan kebutuhan. Obat juga bisa diminum sebelum atau setelah makan dengan air putih. Hal yang perlu ditegaskan, segeralah hubungi dokter jika nyeri sakit gigi tak kunjung membaik dalam beberapa hari. 

Rentang harga: Rp2.500 – Rp3.900 per strip.

Dapatkan Sumagesic 600 mg 4 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Ketahui di sini beberapa rekomendasi obat sakit gigi jika mengalami gigi berlubang: Ini 5 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh untuk Dewasa

2. Paracetamol 500 mg 10 Kaplet

Rekomendasi obat sakit gigi ibu hamil selanjutnya adalah merek Paracetamol 500 mg yang berisi 10 kaplet. Obat ini bekerja pada pusat pengatur suhu di hipotalamus untuk menurunkan suhu tubuh (antipiretik).

Selain itu, obat juga efektif menghambat sintesis prostaglandin sehingga dapat mengurangi nyeri ringan sampai sedang (analgesik). Ibu hamil bisa mengonsumsi Paracetamol sebelum atau setelah makan.

Rentang harga: Rp3.800 per strip.

Dapatkan Paracetamol 500 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Biogesic 500 mg 4 Tablet

Biogesic 500 mg berisi 4 tablet mengandung 500 gram paracetamol setiap tabletnya. Khasiatnya efektif untuk meredakan sakit gigi, sakit kepala, nyeri tubuh, hingga menurunkan demam. 

Paracetamol berfungsi sebagai analgesik akan meningkatkan ambang rasa sakit. Bukan itu saja, paracetamol juga bersifat antipiretik yang bisa mengatur panas di bagian hipotalamus. 

Dosis penggunaannya akan disesuaikan berdasarkan usia pengidapnya. Untuk orang dewasa sebanyak 1-3 kaplet, 4 kali sehari. Sedangkan untuk anak 6-12 tahun sebanyak 0.5-1 kaplet, 3 sampai 4 kali per hari. 

Rentang harga: Rp2.300 per strip.

Dapatkan Biogesic 500 mg 4 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Panadol Extra 10 Kaplet

Panadol Extra 10 Kaplet juga bisa menjadi obat sakit gigi ibu hamil. Di dalamnya mengandung paracetamol dan caffeine yang berfungsi sebagai analgetik dan menghambat kerja reseptor adenosin untuk mengurangi rasa nyeri.

Obat sakit gigi ibu hamil ini mengandung 500 miligram paracetamol dan 65 miligram caffeine. Anak di atas 12 tahun dan dewasa bisa meminum obat ini dengan dosis satu kaplet sebanyak 3-4 kali sehari. 

Rentang harga: Rp13.900 – Rp15.500 per strip.

Dapatkan Panadol Extra 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Cefadroxil 250 mg 10 Kapsul

Rekomendasi obat sakit gigi ibu hamil yang terakhir adalah Cefadroxil 250 mg. Obat berisi 10 kapsul ini digunakan sebagai antibiotik untuk mengobati sakit gigi dan infeksi sistem pernapasan. 

Dosis penggunaannya ditentukan langkah oleh dokter gigi sesuai dengan masalah kesehatan yang dialami pasien. Penggunaan obat disarankan bersamaan dengan makanan untuk meminimalisir risiko gangguan pencernaan.

Rentang harga: Rp22.800 per strip.

Dapatkan Cefadroxil 250 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi obat sakit gigi ibu hamil untuk membantu menurunkan gejalanya. Kamu bisa mendapatkan obat-obatan di atas dengan cepat dan praktis melalui Toko Kesehatan Halodoc

Pastikan juga untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian dan kelengkapan produk, serta periksa juga masa berlaku produk yang kamu beli.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Toothache.
Healthline. Diakses pada 2024. Why Teeth Pain During Pregnancy Is a Thing — and What You Can Do About It.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan