Kenali Daftar Makanan yang Mengandung Mineral Tinggi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 Februari 2023

“Ada berbagai makanan yang mengandung mineral tinggi yang baik untuk kesehatan. Beberapa di antaranya adalah brokoli, daging, hingga alpukat.”

Kenali Daftar Makanan yang Mengandung Mineral TinggiKenali Daftar Makanan yang Mengandung Mineral Tinggi

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya vitamin, protein, dan karbohidrat, nyatanya tubuh juga membutuhkan asupan mineral dalam tubuh. Mineral berfungsi untuk membantu proses metabolisme tubuh menjadi bahan baku kinerja enzim. Selain itu, mineral yang terpenuhi dengan baik juga bisa membuat fungsi otak hingga tulang menjadi lebih optimal.

Bukan hanya anak-anak, memenuhi kebutuhan mineral orang tua juga menjadi hal yang perlu dilakukan. Namun, banyaknya kebutuhan mineral setiap orangnya akan berbeda-beda yang disesuaikan dengan usia, kegiatan, hingga kondisi kesehatan.

Nah, berikut jumlah kebutuhan mineral per harinya dan dan berbagai daftar makanan yang mengandung mineral tinggi. 

Penuhi Kebutuhan Mineral Setiap Hari

Ada berbagai jenis mineral yang perlu kamu penuhi setiap hari. Berikut ini jenis mineral yang diperlukan dan jumlah kebutuhannya dalam tubuh setiap hari untuk orang dewasa, yaitu:

  • Kalsium: 1300 mikrogram (mcg).
  • Klorida: 2300 mcg.
  • Kromium: 35 mcg.
  • Tembaga: 0,9 miligram (mg).
  • Iodium: 150 mg.
  • Zat besi: 18 miligram.
  • Magnesium: 420 mg.
  • Mangan: 2,3 mg.
  • Molibdenum: 45 mcg.
  • Fosfor: 1250 mg.
  • Kalium: 4700 mg.
  • Selenium: 55 mcg.
  • Natrium: 2300 mg.
  • Zink: 11 mg.

Itulah berbagai jenis mineral dan jumlah kebutuhannya dalam tubuh. Kamu bisa mendapatkan asupan mineral dari berbagai makanan sehat yang bisa kamu konsumsi.

Daftar Makanan yang Mengandung Mineral Tinggi

Ada berbagai jenis makanan sehat yang bisa kamu konsumsi sebagai langkah pemenuhan kebutuhan mineral. Berikut makanan yang mengandung mineral tinggi:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan menjadi salah satu makanan sehat yang mengandung mineral. Ada banyak jenis mineral yang bisa kamu penuhi dengan mengonsumsi kacang-kacangan, seperti magnesium, zink, mangan, tembaga, selenium, hingga fosfor. 

Tidak hanya dijadikan camilan sehat, kamu juga bisa menambahkan kacang-kacangan pada salad hingga oatmeal yang kamu konsumsi.

2. Brokoli

Sayuran ini menjadi salah satu makanan sehat yang terkenal akan manfaatnya untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan. Brokoli memiliki kandungan belerang, jenis mineral yang diperlukan untuk menjalankan fungsi sel, produksi DNA, serta detoksifikasi. 

Selain belerang, brokoli juga merupakan makanan yang mengandung mineral lainnya, seperti magnesium, potasium, mangan, dan kalsium.

3. Daging

Daging, khususnya daging sapi memiliki kandungan mineral cukup tinggi. Ada berbagai mineral yang terkandung pada makanan ini, seperti seng, selenium, zat besi, dan niasin. 

Selain mineral, daging juga memiliki vitamin yang baik untuk kesehatan, yaitu vitamin B12 dan B6.

4. Telur

Telur menjadi salah satu jenis makanan sehat. Makanan ini merupakan makanan yang mengandung mineral dan vitamin yang tinggi. Ada berbagai mineral yang terkandung di dalamnya, seperti zat besi, fosfor, zink, dan selenium.

5. Alpukat

Buah ini terkenal akan kandungan lemak yang sehat. Namun, tidak hanya itu, alpukat mengandung mineral yang cukup tinggi. Ada berbagai jenis mineral di dalam buah ini, seperti magnesium, potasium, tembaga, dan mangan.

6. Kentang

Kentang menjadi salah satu makanan yang bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat. Namun, sayuran ini juga memiliki kandungan mineral yang cukup baik untuk kebutuhan tubuh, seperti potasium, magnesium, mangan, kalsium, zat besi, hingga tembaga.

Itulah berbagai makanan yang mengandung mineral yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan setiap hari. Pastikan kamu mengolah berbagai makanan tersebut secara tepat agar kandungan nutrisinya bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit jika kamu mengalami berbagai keluhan kesehatan yang tidak membaik. Yuk, buat janji pemeriksaan kesehatan di rumah sakit pilihan kamu menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2023. 16 Foods Rich in Minerals.

Healthline. Diakses pada 2023. Beef 101: Nutrition Facts and Health Effects.

Web MD. Diakses pada 2023. Food Sources for Vitamins and Minerals.

Medical News Today. Diakses pada 2023. What is The Required Daily Intake of Vitamins and Minerals?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan