Ketahui 5 Cara Melancarkan Buang Air Besar dengan Alami

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Mei 2024

“Masalah pencernaan seperti susah buang air besar tentu dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman. Maka dari itu, ketahui cara alami melancarkan buang air besar yang benar di sini!”

Ketahui 5 Cara Melancarkan Buang Air Besar dengan AlamiKetahui 5 Cara Melancarkan Buang Air Besar dengan Alami

DAFTAR ISI

Cara Melancarkan Buang Air Besar dengan Alami

Rekomendasi Obat Susah Buang Air Besar yang Ampuh


Halodoc, Jakarta – Setiap orang mungkin beberapa kali pernah mengalami kesulitan untuk buang air besar. Tentunya hal ini dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman dan bahkan sakit jika dibiarkan. Maka dari itu, kamu perlu tahu cara melancarkan buang air besar dengan metode alami. Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Cara Melancarkan Buang Air Besar dengan Alami

Faktanya, memang tidak ada patokan baku seberapa sering buang air besar perlu dilakukan dalam sehari atau bahkan lebih. Sebab, setiap orang memiliki frekuensi yang berbeda-beda, ada yang 2 kali per hari, bahkan 1-2 kali seminggu. Namun, jika buang air besar sudah tidak dilakukan lebih dari 3 hari dan menimbulkan rasa tidak nyaman, ada baiknya harus diobati.

Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui cara melancarkan buang air besar. Sebelum mengonsumsi obat-obatan, ada baiknya untuk mengetahui cara alami untuk mengatasinya. Nah, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu cara melancarkan buang air besar adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Seseorang yang jarang minum air putih berisiko lebih tinggi alami konstipasi atau sembelit. Ada baiknya untuk menghindari konsumsi minuman bersoda karena dapat memperburuk sembelit dan bahkan membahayakan kesehatan. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi air putih secara rutin.

2. Perbanyak Konsumsi Serat

Banyak dokter yang menyarankan untuk mengonsumsi lebih banyak serat untuk mengatasi masalah pencernaan, terutama sembelit. Serat mampu membuat kotoran di saluran pencernaan lebih mudah dikeluarkan. Alangkah lebih baiknya jika mengonsumsi makanan dengan kandungan serat larut, seperti kacang-kacangan, lentil, kacang polong, serta beberapa buah dan sayuran. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi psyllium yang merupakan pilihan terbaik sebagai cara melancarkan buang air besar.

3. Mengonsumsi Kopi Berkafein

Diketahui jika minum kopi dapat membantu dalam meringankan sembelit. Hal ini dapat terjadi karena kopi mampu merangsang otot-otot di sistem pencernaan. Bahkan, cara ini disebut-sebut lebih efektif dibandingkan mengonsumsi air putih. Kopi juga mengandung sedikit serat larut yang dapat membantu tubuh untuk mencegah sembelit dengan meningkatkan keseimbangan bakteri.

Mau tahu cara menahan BAB dengan aman saat situasi mendesak? Baca di artikel ini: “Ini 5 Cara Aman Menahan BAB dengan Sehat saat Situasi Mendesak“.

4. Rutin Berolahraga

Berolahraga juga dapat menjadi salah satu cara melancarkan buang air besar. Sebab seseorang yang tidak banyak bergerak memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami sembelit. Saat berolahraga, tinja di pencernaan dapat bergerak dan akhirnya mampu dikeluarkan dari tubuh. Meski begitu, hal ini tidak ampuh terjadi pada semua orang. 

5. Mengonsumsi Pencahar Herbal

Senna adalah salah satu pencahar herbal yang aman dan efektif untuk mengatasi masalah pada pencernaan. Dengan mengonsumsi obat herbal ini, diharapkan buang air besar dapat kembali normal. Senna mengandung senyawa tanaman glikosida yang mampu merangsang saraf di usus agar buang air besar lebih mudah dilakukan.

Nah, itulah beberapa cara melancarkan buang air besar yang bisa dilakukan secara alami. Cobalah untuk melakukan semua hal tersebut agar sembelit yang terjadi dapat diatasi tanpa mengonsumsi obat. Dengan begitu, masalah yang terjadi di saluran pencernaan dapat diatasi menggunakan cara alami.

Rekomendasi Obat Susah Buang Air Besar yang Ampuh

Apabila cara alami tidak efektif, kamu dapat menggunakan obat-obatan untuk mengatasi susah BAB.  Berikut ini sejumlah rekomendasi obat yang dapat membantu melancarkan BAB:

1. Microlax Family Gel 3 Tube

Obat susah BAB pertama yang dapat kamu gunakan adalah Microlax Family Gel 3 Tube.

Microlax merupakan obat pencahar untuk sulit buang air besar dalam bentuk gel. Obat ini bekerja dengan menurunkan tegangan permukaan feses dan menyerap air ke dalam usus besar.

Untuk menggunakan obat ini, kamu dapat memasukkan cairan enema ke dalam rektum. Obat ini dapat digunakan baik bagi orang dewasa maupun untuk anak-anak di atas 3 tahun dengan dosis 1 tube.

Perlu diperhatikan, Microlax tidak boleh digunakan pada penderita wasir akut dan peradangan usus.

Rentang harga: Rp72.400 per box.

Dapatkan Microlax Family Gel 3 Tube di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Dulcolax 5 mg 4 Tablet

Berikutnya, kamu juga bisa menggunakan Dulcolax 5 mg 4 Tablet sebagai obat pelancar BAB. Dengan kandungan Bisacodyl, obat ini efektif merangsang pergerakan usus besar untuk mengatasi kondisi sembelit.

Selain itu, Dulcolax juga berguna sebagai persiapan sebelum prosedur terapi diagnostik, sebelum dan sesudah operasi, serta untuk mempercepat proses defekasi.

Waktu kerja obat ini biasanya sekitar 6-12 jam setelah penggunaan. Oleh karena itu, kamu dapat mengkonsumsi obat ini pada malam hari agar efeknya terasa saat bangun keesokan harinya.

Dosis yang dianjurkan untuk penggunaan Dulcolax adalah sebagai berikut:

  • Dewasa dan anak di atas usia 10 tahun: 1-2 tablet per hari.
  • Anak usia 6-10 tahun: 1 tablet sekali sehari.

Rentang harga: Rp11.700 per strip.

Dapatkan Dulcolax 5 mg 4 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Laxadine Sirup 30 ml

Laxadine Sirup 30 ml merupakan opsi obat susah BAB lainnya yang bisa kamu gunakan. 

Obat ini bekerja dengan cara merangsang gerak peristaltik pada usus besar dan menghambat penyerapan air berlebih dari feses. Alhasil, feses dapat keluar dengan lebih mudah.

Kamu dapat mengkonsumsi obat ini sebelum tidur dengan dosis sebagai berikut:

  • Dewasa : 1 kali sehari 1-2 sendok makan (15-30ml)
  • Anak 6-12 tahun : 1/2 dosis dewasa

Hindari penggunaan jangka lama karena dapat mengakibatkan tubuh menjadi kekurangan cairan dan elektrolit, kelemahan otot, dan penurunan BB. 

Rentang harga: Rp37.000 per box.

Dapatkan Laxadine Sirup 30 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Custodiol 5 mg 10 Tablet

Pilihan obat pelancar BAB lainnya yang dapat kamu gunakan adalah Custodiol 5 mg 10 Tablet. Dengan kandungan Bisacodyl, obat ini berfungsi sebagai pencahar yang efektif untuk mengatasi sembelit yang berlangsung selama beberapa hari.

Kamu dapat mengkonsumsi obat ini pada malam hari, dengan menelannya utuh bersama air secukupnya. Perlu diingat, kamu sebaiknya tidak mengkonsumsi Custodiol bersama dengan susu atau antasida.

Dosis penggunaan Custodiol adalah sebagai berikut:

  • Dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun: 2-3 kali sehari, 1 tablet.
  • Anak-anak usia 6-12 tahun: 1 kali sehari, 1 tablet.

Untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum penggunaan.

Rentang harga: Rp8.600 per strip.

Dapatkan Custodiol 5 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Laxadine Emulsi 60 ml

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan obat sirup Laxadine Emulsi 60 ml untuk membantu mengatasi masalah susah BAB.

Obat ini mengandung Phenolphtalein, Paraffin Liquidum, dan Glycerin yang bekerja dengan cara merangsang gerakan peristaltik usus besar, menghambat reabsorpsi air, dan melicinkan jalannya feses.

Kamu dapat mengkonsumsi obat ini sebelum atau sesudah makan dengan dosis sebagai berikut:

  • Dewasa dan anak di atas 12 tahun: 1 x sehari 1-2 sendok makan
  • Anak 6 – 12 tahun: 1 kali sehari 0.5-1 sendok makan

Apabila terjadi gangguan seperti mual atau muntah, segera hentikan pemakaian.

Rentang harga: Rp60.000 – Rp61.100 per botol.

Dapatkan Laxadine Emulsi 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Dapatkan obat pelancar BAB tersebut dan produk kesehatan lainnya secara mudah menggunakan Toko Kesehatan Halodoc. Obat akan dikirim dalam 24 jam langsung menuju lokasimu!

Kamu juga bisa lho mendapatkan jawaban langsung dari ahli medis menggunakan fitur tanya dokter dari Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan hanya menggunakan smartphone di tangan. Maka dari itu, gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. 13 home remedies for constipation.
Healthline. Diakses pada 2022. Constipation Relief: How to Make Yourself Poop.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan