• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 5 Jenis Gigi Palsu yang Permanen
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui 5 Jenis Gigi Palsu yang Permanen

Ketahui 5 Jenis Gigi Palsu yang Permanen

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 30 September 2021
Ketahui 5 Jenis Gigi Palsu yang Permanen

“Jenis gigi palsu yang beragam bisa membantu mengatasi berbagai masalah gigi, terutama gigi yang harus dicabut karena berbagai alasan. Gigi pengganti ini bisa membantu memudahkan proses pencernaan makanan serta melengkapi penampilan. Ada beberapa jenis gigi pengganti yang bisa dipilih, mulai dari gigi palsu sebagian sampai gigi palsu lengkap.

Halodoc, Jakarta – Gigi palsu alias denture yang beragam berperan untuk menggantikan gigi yang hilang. Selain bisa memengaruhi penampilan, tidak memiliki gigi atau ompong nyatanya bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman hingga kesulitan untuk mencerna makanan. Secara umum, gigi palsu yang dibuat bersifat permanen, yaitu bisa dikenakan dalam jangka waktu panjang. 

Ada beberapa jenis gigi pengganti yang perlu diketahui. Pemasangan alat bantu ini juga biasanya disesuaikan dengan kondisi mulut serta kebutuhan. Penasaran apa saja jenis-jenis gigi pengganti yang tersedia dan bisa digunakan? Temukan jawabannya di artikel berikut ini! 

Baca juga: Perlukah Pemeriksaan Panoramic Sebelum Cabut Gigi?

Jenis Gigi Palsu yang Perlu Diketahui 

Ada beragam jenis gigi pengganti yang tersedia dan bisa digunakan. Biasanya, pemilihan jenis gigi ini disesuaikan dengan kebutuhan atau jumlah gigi yang sudah copot. Secara umum, ada beberapa jenis gigi palsu yang perlu diketahui, di antaranya: 

  1. Gigi Palsu Sebagian 
gigi palsu sebagian

Jenis yang satu ini digunakan untuk mengganti satu atau beberapa gigi yang hilang. Biasanya, gigi palsu sebagian dipasangkan dengan cara dikaitkan ke gigi atau gusi sekitar yang masih sehat menggunakan pengait logam. 

  1. Gigi Atas 
gigi atas

Jenis gigi palsu sebagian terbagi dua, yaitu bagian atas dan bawah. Gigi palsu atas untuk mengganti deretan gigi bagian atas dan biasanya ditempelkan atau dikaitkan pada rahang atas.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Dokter Gigi Umum dan Prostodonsia

  1. Gigi Palsu Bawah 
gigi palsu bawah

Seperti gigi atas, gigi palsu bawah digunakan untuk “menambal” deretan gigi bawah. Jenis gigi palsu yang satu ini dipasang dengan cara dikaitkan ke gusi bawah. 

  1. Gigi Palsu Lengkap 
gigi palsu lengkap

Gigi palsu lengkap digunakan ketika semua gigi atas dan bawah perlu dicabut. Selain itu, jenis gigi palsu ini juga bisa digunakan untuk menggantikan gigi palsu yang sudah lama dipakai. 

  1. Immediate Denture 
Immediate Denture

Ini adalah jenis gigi palsu lengkap. Immediate denture biasanya bisa langsung dipasang setelah gigi asli dicabut. 

Baca juga: 5 Penyakit Gigi dan Mulut yang Rentan Dialami Lansia

Berniat untuk memasang gigi palsu tapi masih butuh informasi lebih lengkap? Bicarakan dengan dokter gigi di aplikasi Halodoc saja. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Ayo download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Dentaly. Diakses pada 2021. What Are the Different Types of Dentures?
WebMD. Diakses pada 2021. Dental Health and Dentures.