Ketahui 11 Fakta Menarik Mengenai Anjing Husky

8 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   11 Desember 2023

“Anjing Husky berasal dari Siberia dan terkenal dengan bulu tebal, mata biru, serta kekuatan fisiknya. Faktanya, mereka biasa hidup di suhu dingin dan loyal terhadap pemiliknya.”

Ketahui 11 Fakta Menarik Mengenai Anjing HuskyKetahui 11 Fakta Menarik Mengenai Anjing Husky

Halodoc, Jakarta – Anjing Husky dikenal karena penampilannya yang mirip serigala dan memiliki mata biru yang khas. Jenis husky paling sering ditemukan di negara atau daerah bersalju. Anjing jenis ini memiliki kepribadian yang ramah, lembut, memiliki wibawa tapi tidak agresif. 

Dengan bulu tebal, mata berbentuk almond, dan tubuh berotot, anjing jenis ini terlihat sebagai anjing yang tampan dan gagah. Mereka memiliki tinggi 50–60 sentimeter dan berat 16–27 kilogram.

Jika kamu penasaran apakah anjing jenis ini cocok untuk dipelihara sesuai dengan gaya hidupmu, ketahui fakta menarik mengenai hewan ini!

Berbagai Fakta Menarik Seputar Anjing Husky

Berikut ini beberapa fakta yang menarik untuk diketahui mengenai anjing husky:

1. Hidup di cuaca yang sangat dingin

anjing husky

Bagaimana bisa anjing jenis ini bisa hidup di cuaca yang sangat dingin? Mereka memiliki bulu yang tampak seperti mantel saking tebalnya. Itulah yang membuat mereka tetap hangat dalam suhu jauh di bawah nol.

Anjing ini memiliki “double coat” atau dua lapis rambut tebal dengan lapisan bawah bulu yang kuat, sehingga membuat mereka terasa hangat. Anjing ini juga memiliki cakar yang kuat untuk mempertahankan cengkraman di tanah es.

Ia juga merupakan penggali yang hebat, yang bisa menggali lubang di salju sebagai tempat untuk berlindung dari angin yang dingin. 

2. Mampu mengubah metabolisme

Tahukah kamu kalau anjing ini dapat berlari berjam-jam tanpa merasa lelah? Hal ini karena tubuhnya mampu menyimpan energi cadangan di dalam lemaknya. Selain husky ini 11 Jenis Anjing Lucu dan Menggemaskan yang Bisa Dipelihara.

3. Anjing ikonik dari Siberia

anjing husky berasal dari siberia

Anjing ini dijuluki sebagai Siberian husky karena berasal dari Siberia. Namun, meski begitu, mereka diperkenalkan ke Alaska pada tahun 1909 untuk ajang balapan kereta luncur anjing, ketika mereka datang dari Siberia.

Aslinya, anjing ini berasal dari Asia Timur Laut di mana mereka dibiakkan oleh orang-orang Chukchi di Siberia untuk menarik kereta luncur dan menjadi sahabat manusia. 

4. Anjing husky memiliki mata yang cantik

Banyak jenis anjing jenis ini yang memiliki mata berwarna biru pucat yang mencolok. Heterochromia (dua mata berbeda warna) juga sifat genetik yang ada pada anjing ini, tapi salah satunya hampir selalu berwarna biru.

5. Tidak cocok untuk dipelihara di setiap rumah

Tidak heran jika anjing ini sangat senang tumbuh dan tinggal di iklim dingin berkat dukungan karakter fisiknya. Hewan ini juga membutuhkan halaman yang luas untuk beraktivitas dan mengerahkan semua energi yang mereka miliki.

Jika kamu tidak tinggal di iklim dingin atau memiliki halaman yang sempit, rasanya kurang pas untuk memelihara anjing ini. Namun, bagi kamu yang suka kerapian dan memiliki alergi, maka sebaiknya hindari memeliharanya, karena bulunya cenderung mudah rontok.

6. Anjing Husky adalah penjaga yang baik

Jika kamu tinggal di iklim dingin atau sejuk,  memiliki rumah dengan halaman luas dan memiliki gaya hidup berpetualang di alam luar, husky bisa jadi peliharaan yang sempurna.

Anjing jenis ini sangat berorientasi dan tumbuh dalam keluarga. Mereka bisa jadi anjing penjaga yang baik dan biasanya sangat baik pada anak-anak. 

7. Bulu anjing husky indah

Salah satu karakteristik yang paling mencolok dari anjing ini adalah bulunya yang indah dan tebal. Bulu husky terdiri dari lapisan bawah yang lembut dan lebat serta lapisan luar yang lurus.

Bahkan, bulu pada area leher tampak seperti syal. Bulunya akan rontok selama musim semi dan gugur. Akan tetapi, memasuki musim dingin, bulunya akan kembali tebal.

Untuk merawat bulu anjing kesayangan, gunakan produk kesehatan hewan yang sesuai dengan anjuran dokter hewan. Untuk mendapatkan produk kesehatan hewan yang terjamin keasliannya, kamu bisa cek di Toko Kesehatan Halodoc.✔️

8. Loyal pada pemiliknya

Fakta berikutnya tentang anjing Husky adalah memiliki sifat loyal pada pemiliknya. Husky juga kebanyakan ramah dan mudah bergaul dengan orang lain.

Namun karena kesetiaannya itu, seringkali pemilik khawatir jika harus meninggalkan anjing ini sendirian. Sebab, anjing ini memerlukan afeksi dan perhatian dari sang majikan. Anjing ini bisa gelisah, bahkan saat kamu beru meninggalkannya selama satu jam saja.

9. Aktif, energik, dan suka berlarian

Anjing husky yang energik

Anjing ini memiliki pribadi yang energik, sehingga sangat aktif sepanjang hari dan suka berlarian. Hal tersebut juga didukung oleh tubuhnya yang kuat.

Jika kamu merupakan pribadi yang sangat aktif, akan sangat cocok bagi kamu untuk memelihara anjing ini. Mereka bisa menjadi teman yang menyenangkan untuk lari pagi bersama. 

10. Anjing Husky mudah bosan dan dapat mengacaukan rumah

Jika kamu baru memelihara anjing pertama kalinya, anjing Husky tidak direkomendasikan karena ia cukup sulit untuk dilatih. Umumnya, anjing jenis ini direkomendasikan untuk pemilik yang sudah berpengalaman dan memiliki konsistensi serta komitmen dalam merawatnya. 

Apabila sedang merasa bosan, mereka cenderung akan mengacaukan dan merusak seisi rumah. Tindakannya tersebut bertujuan untuk mencari perhatian pada pemilik. Maka itu, penting untuk memberikan perhatian dan membawa mereka keluar rumah untuk mengurangi rasa jenuh.

11. Senang berteman dengan hewan lain

Anjing husky senang berteman dengan anjing lain

Fakta menarik lain dari anjing husky adalah kesenangannya berteman dengan hewan lain. Jadi, jika kamu memiliki hewan peliharaan lain di rumah, anjing husky mudah akrab dan senang berteman. Misalnya dengan kucing, burung, ataupun anjing jenis lainnya.

Ketahui juga fakta menarik soal anjing satu ini melalui artikel berikut: Kenali 7 Fakta Menarik dan Karakter Anjing Siberian Husky

Cara Merawat Anjing Husky

Anjing jenis ini merupakan hewan peliharaan yang tidak membutuhkan banyak perawatan. Namun, kekuatan dan stamina anjing ini mungkin tidak cocok untuk semua orang.

Sebagai pemilik, kamu membutuhkan taman yang sangat aman dengan pagar tinggi, karena anjing jenis ini terkenal sangat aktif dan “nakal”, termasuk kerap melakukan upaya melarikan diri. 

Seperti kebanyakan anjing, ia lebih suka ditemani daripada sendirian tanpa ada orang di sekitarnya. Dengan kata lain, anjing ini tidak suka kesepian. Yuk, Kenali 5 Tanda Anjing Husky Alami Stres.

tanda-tanda anjing husky sedang stres

Berikut ini beberapa perawatan yang anjing Husky perlukan:

1. Berikan anjing husky pelatihan khusus

Anjing ini memiliki pemikiran yang mandiri sehingga ia membutuhkan pelatihan berbasis penghargaan atau reward yang konsisten sepanjang hidupnya. Sebagai pemilik, kamu perlu melatihnya dengan tegas, adil, sekaligus penuh kasih  sayang. Namun, jangan pernah berteriak atau menghukum anjing karena ini dapat sangat menghambat proses pelatihan dan merusak hubungan.

2. Ajak bersosialisasi

Faktanya, anjing ini memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi. Sosialisasi yang tepat sejak usia muda dengan orang, anjing, dan pengalaman yang berbeda, dapat menjadikannya anjing dengan rasa percaya diri yang tinggi dan ramah. 

3. Ajak anjing husky berolahraga rutin

Perlu kamu pahami, anjing ini sangat aktif dan membutuhkan banyak olahraga. Bila perlu, kamu harus membawanya ke alam bebas agar anjing peliharaanmu dapat menyalurkan energinya. Setidaknya mereka membutuhkan minimal dua jam olahraga setiap hari.

4. Rawat bulunya

Husky memiliki bulu yang banyak dan tebal agar tetap nyaman dan hangat. Di sisi lain, kerontokan bulunya pun lebih banyak dari rata-rata anjing.

Maka itu, kamu harus rutin menyikat bulunya beberapa kali seminggu agar bulunya tetap halus dan dalam kondisi baik. Tidak ada salahnya juga jika kamu membawa mereka ke salon khusus anjing untuk mendapatkan perawatan.

5. Kebersihan secara menyeluruh

Kebersihan adalah bagian penting dalam merawat husky. Bentuk badannya besar, berlipat, bulu lebat, dan pertumbuhan yang signifikan, sehingga penting untuk memberikan perawatan intensif.

Ini termasuk menyikat gigi, memotong kuku, dan membersihkan telinga dan gigi. Saat menyikat gigi hanya gunakan pasta gigi untuk anjing karena pasta gigi manusia dapat menjadi racun bagi mereka.

Itulah fakta menarik mengenai anjing Husky. Menarik bukan? Jika kamu ingin tahu lebih banyak bagaimana merawat anjing jenis ini, kamu bisa bertanya pada dokter hewan di Halodoc.✔️

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2023. 10 Reasons Why The Siberian Husky Is An Amazing Breed.
I Heart Dogs. Diakses pada 2023. All About Huskies: 8 Fun Facts You May Not Have Known.
Dogs Time. Diakses pada 2023. Siberian Husky.
PDSA. Diakses pada 2023. Siberian Husky breed information.
Rupa-rupa.com. Diakses pada 2023. 8 Fakta Menarik Anjing Husky Yang Loyal.
Vida Vet Care. Diakses pada 2023. Siberian Husky.
Best Dog Walker Kelowna. Diakses pada 2023. How To Keep A Husky Busy.
Husky Gifts. Diakses pada 2023. How To Take Care Of A Siberian Husky (Absolute Essentials).
Animal Wised. Diakses pada 2023. How to Take Care of a Siberian Husky.
Outdoor Federation. Diakses pada 2023. Are Huskies Good Hiking Dogs?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan