Kenali 7 Fakta Menarik dan Karakter Anjing Siberian Husky

6 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   08 Agustus 2023

“Anjing Husky mudah dilatih dan sangat cocok untuk rumah dengan anak-anak. Namun sifatnya yang energik membuatnya tidak bisa menahan diri untuk tidak mengejar hewan yang lebih kecil.”

Kenali 7 Fakta Menarik dan Karakter Anjing Siberian HuskyKenali 7 Fakta Menarik dan Karakter Anjing Siberian Husky

Halodoc, Jakarta – Anjing jenis siberian husky atau anjing husky dikenal luas sebagai anjing yang tinggal di iklim dingin. Anjing husky merupakan anjing kereta luncur milik orang-orang Chukchi di Asia Timur Laut. 

Anjing ini bisa membantu manusia dalam memperluas tempat berburu, karena mereka mampu berlari jarak jauh dengan kecepatan sedang. Selain itu, anjing jenis ini dapat membawa beban ringan dalam suhu yang sangat rendah tanpa menghabiskan banyak energi. 

Nah, mau tahu lebih jauh mengenai fakta menarik anjing siberian husky sebelum memutuskan untuk memeliharanya?

Fakta Menarik Anjing Siberian Husky

Anjing siberian husky memiliki tubuh yang besar dan mirip dengan serigala. Tidak heran jika banyak yang bertanya-tanya, apakah anjing siberian husky galak? Kenyataannya, anjing husky memang berjiwa bebas, tapi mereka biasanya ramah kepada manusia. 

Mereka atletis, suka bermain, dan lincah. Mereka juga suka berada di luar ruangan dan membutuhkan olahraga harian yang signifikan, terutama dalam cuaca dingin. 

Yuk, baca fakta menarik karakter anjing Husky di sini:

1. Sifat yang baik, ramah, dan energik

Husky memiliki karakter ekstrovert, yang senang bersosialisasi dan ramah dengan manusia. Itulah sebabnya pelatihan anak anjing husky sangat penting untuk sopan santun dan pengendalian diri di sekitar orang baru.  

Mau tahu cara melatih anak anjing? Nah, simak selengkapnya di artikel ini: 4 Trik Melatih Anjing agar Patuh Sejak Kecil.

2. Atletik 

Siberian husky memiliki kemampuan atletik. Jangan tertipu dengan penampilan mereka yang suka diemong. Siberian husky membutuhkan banyak olahraga untuk menjadi bahagia dan sehat. 

Siberian husky berasal dari suku Chukchi di Asia timur laut. Mereka dilahirkan dalam sekawanan anjing kereta luncur yang bekerja dan mempertahankan orientasi kawanannya. Inilah yang membuat anjing ini memiliki kemampuan atletik.

3. Liar dan tak terkendali

Siberian husky cenderung liar dan tak terkendali. Dia senang menggali, melompat keluar, atau berlarian di sekitar lingkungan. Memelihara husky berarti harus siap dengan insting liar lepas kendalinya ini. Jika kamu mencari anjing yang tenang, anjing husky bukan pilihan yang tepat. 

4. Pemikir

Anjing siberian husky adalah tipikal anjing yang cerdas. Tidak hanya pintar, mereka adalah pemikir mandiri. Mereka akan memutuskan apakah mereka ingin melakukan apa yang kamu minta atau tidak.  Husky juga senang belajar trik baru. Kebutuhan akan stimulasi mentalnya, sama besarnya dengan kebutuhan akan olahraga. 

5. Setia

Anjing siberian husky adalah anjing keluarga yang setia dan menyenangkan. Mereka lembut di sekitar anak-anak (asalkan mereka berolahraga secara teratur). Anak-anak sangat cocok untuk bermain dengan anjing husky ini. 

6. Jarang menggonggong

Husky jarang menggonggong, membuat mereka tidak cocok sebagai anjing penjaga. Mereka lebih cenderung ramah dengan orang asing daripada agresif. Husky membutuhkan pemilik yang kuat dan berpengalaman yang dapat menetapkan posisi alfa di dalam rumah. Pelatihan kepatuhan sejak usia muda sangat penting, tetapi bisa menjadi tantangan karena sifat keras kepala mereka.

7. Membutuhkan kepemilikan

Siberian husky adalah anjing kawanan, dan mereka membutuhkan pemilik yang merupakan pemimpin kawanan yang jelas. Ini membuat pelatihan lebih mudah karena anjing menghormati kamu sehingga lebih mudah dikendalikan. 

Membuat anjing menunggu waktu makan adalah salah satu cara terbaik untuk menetapkan peran kepemimpinan. Sebelum memelihara jenis anjing ini, Ini 5 Bahan Baku Makanan Anjing Agar Nutrisinya Terpenuhi.

Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Memelihara Anjing Husky

Setelah mengetahui karakteristik anjing husky, kamu juga perlu memperhatikan hal-hal berikut ini jika ingin memeliharanya:

  • Siberian husky adalah jenis anjing yang ramah dan suka bertemu orang baru, mereka tidak bisa kamu jadikan anjing pengawas. Jadi, tetaplah waspada dan jangan menggantungkan keselamatan rumah ke peliharaanmu.
  • Mereka adalah anjing yang sangat energik dan tidak bisa menahan diri untuk tidak mengejar hewan yang lebih kecil. Karena itu, mereka membutuhkan tempat yang aman untuk berlarian, seperti halaman berpagar atau taman anjing.
  • Penting agar pagar halaman tinggi dan aman, karena husky dapat melompat tinggi dan menggali tanah di bawah pagar untuk melarikan diri. Untuk memeliharanya, pagar rumah harus terbuat dari kayu solid dan tingginya minimal 3 meter. 
  • Habitat asli anjing ini di area bersalju, pastikan ruangan tempatnya beraktivitas bersuhu dingin. Terutama jika kamu memelihara jenis anjing ini di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Penting untuk memiliki ruang ber-AC di rumah demi menjaga kesehatan anjing ini.
  • Sebagian besar husky bisa rukun dengan anjing lain, tetapi mereka memiliki naluri predator alami dan dapat mengejar atau menyakiti kucing peliharaan. Itulah sebabnya kamu tidak boleh menempatkan siberian husky berdekatan dengan hewan peliharaan lain. Misalnya kelinci atau burung peliharaan.
  • Sebagai anjing kawanan alami, mereka suka menjadi bagian dari sebuah keluarga dan tidak suka ditinggalkan sendirian untuk waktu yang lama. 
  • Jika hendak memelihara siberian husky, sangat tepat jika kamu memelihara dua ekor anjing ini. Dengan dua anjing, mereka akan bisa menghibur satu sama lain. Namun, kamu tidak perlu memiliki dua husky, memiliki jenis anjing lain yang suka bercanda akan sangat membantu. Tanpa anjing lain di rumah, pemilik husky harus aktif dan siap menemani anjingnya bermain setiap hari.

 Selain informasi di atas, Ketahui 7 Fakta Menarik Mengenai Anjing Husky.

Alasan Anjing Siberian Husky Mirip Serigala

Seperti yang bisa kamu lihat, anjing siberian husky memiliki penampilan yang mirip dengan serigala. Namun mungkin belum banyak yang mengetahui, mengapa anjing husky mirip serigala? Ada tiga faktor yang dapat menjawab pertanyaan tersebut, yaitu:

1. Keturunan

Seperti hampir semua jenis anjing peliharaan, husky memang keturunan langsung serigala sejak puluhan ribu tahun yang lalu. Para ilmuwan telah melacak nenek moyang yang berbeda dari spesies serigala yang disebut serigala siberia, sepupu dekat serigala abu-abu yang terkenal. 

Umumnya, semua anjing memiliki sifat serigala dalam DNA-nya. Namun, pada ras husky (terutama siberian husky), memiliki banyak sifat serigala di dalam DNA mereka. Terutama karena mereka dibutuhkan di daerah kutub. Hal tersebut menyebabkan penampilan yang sangat mirip, meskipun secara genetik masih sangat berbeda.

2. Lingkungan

Selain faktor keturunan, serigala dan husky juga berasal dan hidup di lingkungan yang sangat mirip, yaitu Kutub Utara Siberia. Dengan begitu, mereka memiliki banyak karakteristik yang membantu kedua ras bertahan hidup dalam cuaca yang sangat dingin. Misalnya saja, serigala dan husky memiliki bulu yang banyak untuk membuat tubuh mereka tetap hangat meskipun suhu ekstrem.

3. Pembiakan

Ras husky modern merupakan keturunan dari ras anjing kereta luncur kuno yang ditemukan di Semenanjung Chukotka di Siberia. Pada masa itu, orang Chukotka memelihara anjing kereta luncur untuk membantu mereka bertahan hidup di lingkungan yang keras. Oleh karena itu, mereka juga dikenal sebagai anjing kereta luncur Chukotka.

Nenek moyang husky tersebut dilatih untuk memiliki daya tahan yang lebih tinggi, watak yang lebih ramah, dan ukuran yang lebih kecil. Oleh karena itu, mereka akan mengonsumsi lebih sedikit makanan. 

Ada spekulasi bahwa orang-orang kuno di Chukotka terkadang mengawinkan serigala dan husky untuk mempertahankan kumpulan genetik baru. Selain itu untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan anjing mereka. Hal tersebut menjadikan alasan kemiripan antara dua anjing spesies yang berbeda ini.

Jadi, apakah kamu tertarik dan siap memelihara anjing siberian husky? Jika masih bingung dan ingin tahu lebih lanjut soal hewan peliharaan satu ini, kamu bisa kok mendiskusikannya dengan dokter hewan di Halodoc. Yuk, coba sekarang!

Referensi:
Canna-Pet. Diakses pada 2023. Husky Temperament & Personality.
The Spruce Pets. Diakses pada 2023. Amazing Facts About Siberian Huskies.
Your Pure Breed Puppy by Michele Welton. Diakses pada 2023. Siberian Huskies: What’s Good About ‘Em, What’s Bad About ‘Em.
Husky Habits. Diakses pada 2023. Why Do Huskies Look Like Wolves? The 3 Main Reasons Why.
Hike with Halo. Diakses pada 2023. 12 Traits You Should Know Before Adopting a Siberian Husky.
Hillspet.com. Diakses pada 2023. Siberian Husky Dog Breed Information and Personality Traits.
Dog time.com. Diakses pada 2023. Siberian Husky.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan