• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Bahan Ampuh yang Ada dalam Obat Batuk Berdahak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Bahan Ampuh yang Ada dalam Obat Batuk Berdahak

Ketahui Bahan Ampuh yang Ada dalam Obat Batuk Berdahak

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 November 2022

“Ekspektoran merupakan bahan dalam obat batuk berdahak yang ampuh untuk mengatasi jenis batuk tersebut. Bahan ini bekerja dengan cara mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan.”

Ketahui Bahan Ampuh yang Ada dalam Obat Batuk BerdahakKetahui Bahan Ampuh yang Ada dalam Obat Batuk Berdahak

Halodoc, Jakarta – Batuk merupakan kondisi kesehatan yang umum dialami banyak orang. Untuk meredakannya secara cepat, obat-obatan sering menjadi pilihan yang dilakukan. 

Ada banyak obat batuk yang dijual bebas di apotek yang bisa kamu dapatkan tanpa resep dokter. Namun, agar bisa mengatasi keluhan kesehatan tersebut secara efektif, kamu perlu memilih obat batuk berdasarkan jenis batuk yang kamu alami. 

Bila mengalami batuk berdahak, pilihlah obat batuk berdahak yang secara khusus diformulasikan dengan menggunakan bahan-bahan tertentu yang efektif untuk mengatasi jenis batuk tersebut. 

Ketahui Bahan Ampuh dalam Obat Batuk Berdahak

Jangan asal pilih, penting untuk mengetahui bahan ampuh apa yang terkandung dalam obat batuk yang kamu pilih, agar kamu bisa mengobati jenis batuk yang dialami secara tepat. Untuk mengatasi batuk berdahak, kamu perlu obat batuk dengan bahan yang bisa mengencerkan dahak, sehingga cairan tersebut bisa dikeluarkan. 

Nah, ekspektoran adalah bahan dalam obat batuk berdahak yang ampuh untuk membantu membersihkan lendir atau dahak dari saluran pernapasan. Tidak hanya mengatasi batuk berdahak, bahan ini juga bisa membantu meredakan hidung tersumbat bila kamu sedang pilek atau flu.

Ekspektoran bermanfaat untuk mengobati gejala infeksi saluran pernapasan. Jenis infeksi ini termasuk flu biasa hingga bronkitis dan pneumonia. Infeksi ini bisa menyebabkan penumpukan lendir di tenggorokan dan paru-paru. Pengidapnya mungkin akan mengalami batuk dan dada terasa sakit karena akumulasi lendir. Nah, ekspektoran bisa membantu meringankan gejala ini.

Ekspektoran bisa membantu pengidap untuk mengeluarkan dahak ketika batuk. Bahan obat batuk berdahak ini tidak menghentikan batuk seperti yang dilakukan oleh bahan supresan. Pada kasus batuk berdahak, kamu memang perlu obat yang menghasilkan batuk yang produktif daripada menekannya.

Hal itu karena dengan batuk, kamu bisa mengeluarkan dahak dan membersihkan saluran napas dari bakteri dan kuman lainnya. Ekspektoran tersedia tanpa resep dalam bentuk cair, pil, dan tablet.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Bahan obat batuk berdahak ini bekerja dengan cara melumasi jalan napas kamu. Hal ini membantu mengencerkan lendir dan membuat sekresi tersebut di jalan napas menjadi lebih tipis. Dengan mengencerkan lendir, ekspektoran membuat batuk kamu lebih produktif dan memudahkan kamu untuk mengeluarkan lendir secara efektif dan membersihkan tenggorokan.

Berbagai Jenis Ekspektoran

Ada dua jenis obat ekspektoran, yaitu:

  • Guaifenesin. Jenis ini adalah ekspektoran yang paling umum digunakan. Bahan aktif ini bisa ditemukan dalam banyak obat batuk berdahak, pilek, dan flu biasa. Selain itu, guaifenesin juga adalah bahan aktif dalam dekongestan yang dijual bebas, obat penekan batuk, antihistamin dan obat pereda nyeri dan demam. Guaifenesin menghidrasi lendir untuk mengurangi rasa lengketnya.
  • Kalium iodoida. Ini adalah ekspektoran kuat yang memerlukan resep dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat ini bila kamu memiliki penyakit paru-paru kronis. Pasalnya, penyakit tersebut bisa menghasilkan dahak yang berlebihan yang bisa memperburuk penyakit, seperti asma, bronkitis, dan lain-lain. Kalium iodida membantu melonggarkan lendir dan membuatnya lebih mudah batuk.

Tips Mengatasi Batuk Berdahak Secara Alami

Selain mengonsumsi obat batuk berdahak yang mengandung ekspektoran, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi batuk berdahak secara alami:

1. Konsumsi mentol

Mentol adalah bahan kimia alami yang berasal dari tumbuhan dalam keluarga min. Bahan ini umum digunakan dalam obat batuk (pelega tenggorokan) dan sirup obat batuk. Mentol bisa memberi kamu sensasi dingin dan terkadang bisa meredakan sakit tenggorokan. Sebuah studi menentukan bahwa mentol bisa mengendurkan otot saluran napas, sehingga memungkinkan lebih banyak udara masuk ke sistem pernapasan untuk membantu meredakan batuk.

2. Perbanyak minum cairan

Apa pun jenis ekspektoran yang kamu konsumsi, menjaga tubuh tetap terhidrasi tetap penting. Jadi, perbanyaklah minum air putih atau buat secangkir teh untuk menambah asupan cairan kamu. Hindari alkohol dan kafein sebisa mungkin.

3. Uap 

Menghirup udara yang hangat dan lembap bisa mengatasi batuk yang terus-menerus. Uap bisa membantu mengencerkan dahak di jalan napas. Kamu bisa mandi atau berendam air hangat lebih lama atau gunakan pelembab udara untuk meningkatkan kelembapan ke paru-paru.

4. Madu 

Madu juga bisa membantu mengencerkan dahak dan meredakan batuk. Kamu bisa menambahkan madu ke dalam secangkir teh atau bahkan mencampurnya dengan susu hangat. Namun ingat, jangan berikan madu kepada bayi di bawah 12 bulan karena mereka memiliki risiko botulisme yang lebih tinggi.

Bila batuk berdahak kamu tidak kunjung sembuh, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Kamu bisa berobat ke dokter dengan buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. A Guide to Cough Medicine.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Expectorant.