• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Cara Menghilangkan Varises Secara Alami

Ketahui Cara Menghilangkan Varises Secara Alami

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ketahui Cara Menghilangkan Varises Secara Alami

Halodoc, Jakarta - Varises terjadi saat pembuluh darah di tubuh membengkak dan membesar. Pada beberapa orang, kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit dan terasa tidak nyaman. Beberapa perawatan alami yang dapat dilakukan untuk mengurangi tampilan dan nyeri pada varises. 

Varises dapat berkembang saat katup kecil di pembuluh darah menjadi lemah. Katup tersebut biasanya menghentikan aliran darah ke belakang melalui vena dan saat katup rusak, darah berkumpul di vena. Inilah yang menyebabkan urat bengkak dan pembengkakannya menjadi sangat terlihat di permukaan kulit. 

Baca juga: Menekuk Kaki Setelah Olahraga Bisa Kena Varises?

Cara Alami Menghilangkan Varises

Varises dapat terlihat karena warnanya yang biru tua atau ungu sering menonjol keluar dari bawah kulit. Jika seseorang mengalami varises, maka pengobatan alami berikut ini dapat membantu mengelola kondisi dan memperbaiki gejala varises, yaitu:

  • Olahraga

Studi dari International Journal of Advances in Nursing Management mengungkapkan, rutin berolahraga akan mendorong sirkulasi darah yang lebih baik di kaki. Nah, hal ini membantu mendorong darah yang terkumpul di pembuluh darah. Olahraga juga dapat membantu menurunkan tekanan darah di tubuh, yang merupakan faktor penyebab varises. 

Rutin berolahraga juga akan membantu otot betis bekerja tanpa ketegangan yang berlebihan. Lantas, olahraga seperti apa yang bisa kamu lakukan? Cobalah berjalan atau jogging, bersepeda, berenang, dan yoga. Sesuaikan dengan kemampuan tubuhmu, ya!

  • Mengenakan Stoking Kompresi

Stoking kompresi bisa kamu beli di sebagian besar apotek. Ini dapat membantu dengan memberikan tekanan pada kaki, sehingga otot dan vena dapat mengalirkan darah ke jantung. Orang yang mengenakan stoking kompresi setinggi lutut dengan tekanan 18 hingga 21 mmHg selama seminggu umumnya mengalami pengurangan rasa sakit dan nyeri akibat varises. 

  • Menerapkan Pola Makan yang Baik

Makanan asin atau kaya natrium dapat menyebabkan tubuh menahan air. Sebaiknya, kurangi mengonsumsi makanan asin agar meminimalkan retensi air. Makanan tinggi potasium membantu mengurangi retensi air. Makanan tinggi kalium meliputi kacang almond, lentil dan kacang putih, kentang, sayuran berdaun, beberapa ikan seperti salmon dan tuna.

Makanan dengan serat membantu menjaga usus tetap bergerak dan mencegah sembelit. Hal ini juga penting karena mengejan dapat memperburuk katup yang rusak atau memperburuknya. 

Orang dengan kelebihan berat badan lebih mungkin mengalami varises. Maka itu, mengurangi berat badan dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah dan pembengkakan yang serta ketidaknyamanan varises. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Varises Saat Hamil

  • Konsumsi Makanan Mengandung Flavonoid

Mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid juga dapat membantu seseorang mengecilkan varisesnya. Flavonoid meningkatkan sirkulasi darah, menjaga aliran darah, dan memperkecil kemungkinan varises. Makanan ini juga membantu mengurangi tekanan darah di arteri dan mengendurkan pembuluh darah. Semua ini mampu mengurangi gejala varises. Makanan yang mengandung flavonoid yaitu sayuran, bawang bombay, paprika, buah jeruk, anggur, apel, blueberry, biji coklat, dan bawang putih. 

  • Jaga Kaki Tetap Terangkat

Menjaga kaki tetap terangkat akan membantu meningkatkan sirkulasi darah. Ini juga dapat mengurangi tekanan di pembuluh darah kaki dan gravitasi akan membantu darah mengalir kembali ke jantung dengan lancar. Kamu harus berusaha untuk menjaga agar kaki tetap terangkat saat akan duduk untuk waktu lama, seperti saat bekerja atau istirahat. 

  • Lakukan Pijatan

Memijat lembu area yang terdapat varises dapat membantu menjaga aliran darah melalui vena. Seseorang dapat menggunakan minyak pijat atau losion untuk mendapatkan efek yang optimal. Namun hindari tekanan langsung ke vena karena dapat merusak jaringan yang rapuh. 

Baca juga: Pentingnya Penanganan dan Pengobatan Varises yang Tepat

Itulah yang dapat kamu lakukan untuk dapat mengatasi varises dengan cara alami. Jika cara-cara di atas tidak memberikan hasil yang diharapkan, maka itu saatnya kamu bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga, ya!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Home remedies for varicose veins
Healthline. Diakses pada 2020. Home Remedies for Varicose Veins
International Journal of Advances in Nursing Management. Diakses pada 2020. Prevention of Varicose Veins