• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Punya Kulit Sensitif, Ini Perawatan Wajah yang Tepat

Punya Kulit Sensitif, Ini Perawatan Wajah yang Tepat

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Berbicara tentang dunia kecantikan, maka berhubungan dengan jenis kulit pada setiap orang. Mereka yang memiliki jenis kulit sensitif memerlukan perhatian ekstra dalam perawatan wajah. Mereka harus lebih selektif dalam memilih make up dan skincare. Seseorang yang memiliki jenis kulit sensitif mudah mengalami masalah kulit, seperti gatal, kemerahan, perih, berjerawat, atau sensasi terbakar di kulit jika salah dalam menggunakan produk. 

Semua masalah yang dialami pemilik kulit sensitif dapat semakin parah akibat beberapa hal. Seperti misalnya paparan polusi, perubahan hormon, dan stres. Tidak heran jika kulit pemilik sensitif jadi lebih mudah mengalami jerawat, kemerahan, ruam, dan kekeringan yang ekstrim. 

Baca juga: Kulit Sensitif? Begini Cara Memilih Sabun yang Tepat

Perawatan Wajah untuk Kulit Sensitif

Buat kamu pemilik kulit sensitif, jangan khawatir lagi karena berikut ini terdapat rangkaian perawatan yang bisa dilakukan menurut Health berikut:

  • Evaluasi Setiap Produk. Bila pernah mengalami iritasi di masa lalu, pastikan untuk mencari tahu alasan penyebab iritasi terjadi. Jangan menyepelekan reaksi yang terjadi pada kulit. Kamu harus mengenal pemicu yang bisa saja berasal dari produk perawatan atau kosmetik tertentu, atau bisa juga dari lingkungan.

  • Hindari Terlalu Sering Mencuci Wajah. Bagi pemilik wajah sensitif, hindari tidak terlalu sering membersihkan wajah. Lakukan secukupnya saja, yakni dua kali sehari, saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Jika kamu membersihkan wajah terlalu sering, ini bisa memperparah kondisi kulit sensitif. Hindari terlalu sering melakukan eksfoliasi karena dapat membuat lapisan penghalang kulit makin tipis.  

  • Pilih Produk Khusus Kulit Sensitif. Pastikan selalu menggunakan produk yang memang dikhususkan untuk kulit sensitif. Perlu diingat, semakin banyak jenis bahan kimia yang ada di dalam suatu produk, maka semakin tinggi risiko timbulnya reaksi pada kulit. Untuk pembersih wajah, kamu dapat menggunakan bahan-bahan yang berasal dari bahan alami seperti lidah buaya atau vitamin E.

Baca juga: 4 Tips Teliti Membeli Kosmetik Aman untuk Kulit

  • Perhatikan Zat Kimia dalam Produk. Perawatan kulit sensitif yang juga harus dilakukan adalah memperhatikan kandungan pada produk perawatan wajah maupun kosmetik. Hindari penggunaan produk yang memiliki kandungan alkohol, sabun, ataupun pewangi. Sementara, beberapa bahan alami yang disarankan untuk digunakan adalah lidah buaya, chamomile, dan teh hijau. 

  • Jangan Gonta-Ganti Produk. Perawatan kulit sensitif yang penting lainnya adalah tidak sering berganti produk kosmetik atau perawatan wajah lainnya. Produk-produk di pasaran cukup menarik untuk dicoba, tetapi ingat bahwa kulit sensitif bisa terganggu karenanya. Mengganti produk secara terus-menerus bisa memicu kerusakan lapisan penghalang kulit. Jika kamu sudah menemukan produk khusus kulit sensitif yang cocok dan baik, sebaiknya gunakanlah produk tersebut terus-menerus.

  • Jika Muncul Ruam, Hindari Paparan Sinar Matahari. Jika kamu menemukan ada ruam di kulit, maka pastikan untuk melindungi ruam ini dari paparan sinar matahari. Kamu bisa gunakan topi agar ruam dan gatal tidak bertambah parah. Ini karena ketika muncul ruam, kulit menjadi lebih mudah terkena infeksi, bahkan berisiko menimbulkan dampak yang serius.

  • Hindari Menyentuh Wajah. Perawatan kulit sensitif terakhir yang bisa kamu lakukan adalah tidak terlalu sering menyentuh wajah. Sebab hal ini berpotensi memindahkan kotoran dan bakteri dari jari ke wajah. Tentunya, hal ini berisiko membuat kulit kotor dan memicu terjadinya jerawat. Jika ingin menyentuh wajah, maka pastikan terlebih dahulu tanganmu sudah bersih. 

Baca juga: Tanda-tanda Alergi Kosmetik dan Cara Mengatasinya

Namun, jika langkah-langkah di atas tidak memberikan hasil yang maksimal untuk kulit sensitif mu, maka sudah saatnya kamu memeriksakannya di rumah sakit. Buat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc segera, dan minta perawatan dan saran untuk mengatasi gejala terkait kulit sensitif yang kamu miliki.

Referensi:
Health. Diakses pada 2020. How to Care for Your Sensitive Skin.
Everyday Health. DIakses pada 2020. An Expert Guide to Soothing Sensitive Skin.