Khasiat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 November 2021
Khasiat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan TubuhKhasiat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan Tubuh

“Katanya, khasiat bawang putih tunggal lebih banyak jika dibandingkan dengan bawang putih biasa. Apakah benar demikian? Sebenarnya, apa itu bawang putih tunggal dan apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh?”

Halodoc, Jakarta – Biasanya, bawang putih tumbuh dalam satu bonggol, tetapi ternyata ada pula bawang putih yang disebut sebagai bawang putih tunggal atau bawang putih lanang. Bawang putih ini punya bentuk bulat dengan warna yang cenderung lebih putih. Kabarnya, khasiat bawang putih tunggal lebih banyak dibandingkan dengan bawang putih biasa. Terlebih untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Benarkah?

Berbagai Khasiat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan Tubuh

Seperti halnya bawang putih pada umumnya, bawang putih tunggal juga memiliki kandungan minyak atsiri dan senyawa allicin yang dipercaya sangat berkhasiat untuk tubuh. Namun, bawang putih tunggal tidak dipakai sebagai bumbu masak seperti bawang putih biasa. Nah, manfaat bawang putih tunggal sendiri, yaitu: 

  • Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kandungan senyawa allicin pada bawang putih tunggal dapat membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Dipercaya, terjadi penurunan kadar kolesterol sebanyak 12 persen dengan rutin mengonsumsi bawang putih tunggal selama empat minggu. 

  • Mencegah Terjadinya Komplikasi Kehamilan

Bagi ibu yang sedang hamil, mengonsumsi bawang putih tunggal juga sangat direkomendasikan. Khasiat bawang putih tunggal untuk ibu yang sedang hamil adalah membantu mencegah terjadinya komplikasi kehamilan. Ini karena kandungan yang terdapat di dalam bawang putih tunggal yang membantu memaksimalkan kerja enzim yang cenderung mengalami penurunan ketika ibu sedang hamil. 

Selain itu, manfaat dari mengonsumsi bawang putih tunggal juga membantu menurunkan risiko terjadinya preeklampsia. Namun, untuk mengetahui berapa dosis yang tepat, sebaiknya tanyakan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Jadi, sebaiknya download segera aplikasi Halodoc di ponselmu, ya!

  • Meringankan Diabetes

Konsumsi bawang putih tunggal sebanyak dua hingga tiga buah secara rutin diyakini bisa membantu menurunkan sekaligus mengontrol kadar gula dalam darah. Kandungan vitamin B dan senyawa allicin dalam bawang putih tunggal akan mendorong pankreas menghasilkan insulin dalam tubuh. Ini akan membantu tubuh memerangi risiko diabetes lebih efektif. 

Seperti sebuah studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Ilmiah Kesehatan STRADA. Intervensi dalam bawang putih tunggal dengan dosis tertentu memiliki efek positif terhadap penurunan kadar gula dalam darah, meningkatkan kadar insulin, penurunan resistensi insulin, dan penurunan kadar malondialdehid pada mencit. Meski begitu, tetap dibutuhkan studi penguat yang menguji efektivitasnya pada manusia. 

  • Antioksidan Alami

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Digital Press Life Sciences menyebutkan bahwa bawang putih tunggal bisa dijadikan sumber antioksidan alami karena kandungan zat allicin di dalamnya. Nah, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, kamu disarankan untuk mengonsumsinya secara utuh. 

  • Menambah Stamina

Khasiat bawang putih tunggal lainnya yang banyak dipercaya oleh masyarakat adalah membantu meningkatkan stamina tubuh. Guna membuktikannya, sebuah studi pun dilakukan dan dibuktikan bahwa terdapat pengaruh dari pemberian ekstrak bawang putih tunggal sebagai zat imunostimulan. Selanjutnya, dilakukan pengujian kapasitas dan aktivitas berat limfa dan fagositosis makrofag pada seekor mencit yang telah diinduksi dengan bakteri E. coli.

Studi yang dimuat dalam Journal of Pharmaciana tersebut membuat masyarakat semakin yakin untuk mengonsumsi bawang putih tunggal sebagai penambah stamina tubuh secara alami. Meski begitu, tetap dibutuhkan studi lain yang menguji efektivitas bawang putih tunggal langsung pada manusia. 

Nah, itu tadi beberapa khasiat bawang putih tunggal untuk menunjang kesehatan tubuh. Meski begitu, pastikan kamu mengonsumsinya tidak berlebihan dan selalu tanyakan pada dokter apabila terdapat reaksi yang tidak biasa pada tubuhmu setelah mengonsumsinya, ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

Yeni Susanti, et al. 2020. Diakses pada 2021. Effect of Single Clove Garlic Extract (Allium Sativum Linn) on Blood Sugar Levels, Malondialdehyde, Insulin Levels and Insulin Resistance (Experiments in Rats (Rattus Norvegicus) Induced by Streptozotocin. STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan 9(2).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan