Manfaat Daun Dadap untuk Cegah Infeksi Luka

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Oktober 2022

“Daun dadap sudah dikenal akan manfaatnya yang banyak untuk kesehatan. Daun tersebut bisa dikonsumsi maupun diaplikasikan di luar tubuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.”

Manfaat Daun Dadap untuk Cegah Infeksi LukaManfaat Daun Dadap untuk Cegah Infeksi Luka

Halodoc, Jakarta – Dadap atau dadap serep adalah pohon yang sering digunakan sebagai pagar hidup atau peneduh. Meski begitu, tanaman yang punya nama latin Erythrina variegata ini bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, terutama bagian daunnya.

Daun dadap sudah digunakan dalam banyak obat-obatan tradisional di India, Cina dan Asia Tenggara. Daun yang lebar ini bisa diolah menjadi ramuan untuk mengatasi berbagai penyakit, bahkan menghancurkan patogen penyebab infeksi. Selain itu, daun dadap juga bisa digunakan langsung pada kulit yang terluka untuk mencegah infeksi. Yuk, simak manfaat daun dadap lebih jauh di sini.

Daun Dadap dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Daun dadap yang muda sebenarnya bisa dikonsumsi sebagai sayuran. Biasanya, tanaman herbal tersebut dilalap setelah direbus dahulu atau bisa juga dibuat sayur bening. Karena mengandung nutrisi dan senyawa tanaman yang baik, mengonsumsi daun dadap bisa memberi banyak manfaat kesehatan. Namun, selain dikonsumsi, daun tersebut juga bisa digunakan untuk mencegah infeksi pada luka.

Daun dadap memiliki kandungan yang bertindak sebagai antiseptik. Daun tersebut bisa menghentikan atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme pada luka, sehingga mencegah infeksi. Cara menggunakan daun dadap untuk luka, pertama-tama rebus beberapa bunga dan daun dalam air, lalu biarkan dingin. Kemudian saring bunga dan daunnya, lalu gunakan airnya untuk membersihkan atau mengompres luka.

Selain untuk mencegah infeksi luka, berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari daun dadap:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Mengonsumsi daun dadap bisa menurunkan kolesterol tinggi. Sayuran ini bisa mengeluarkan kolesterol jahat dari dalam tubuh, sehingga membantu menjaga kesehatan jantung.

2. Membantu mengatasi cacingan

Minum air rebusan daun dadap yang dicampur dengan madu bisa membunuh cacing pita, cacing gelang dan cacing kremi. Senyawa dalam daun tersebut bisa mematikan cacing, sehingga patogen tersebut bisa dikeluarkan secara alami saat buang air besar. Minumlah air rebusan daun dadap setiap hari pada pagi hari saat perut kosong untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

3. Melancarkan menstruasi dan produksi ASI

Manfaat daun dadap juga baik untuk wanita, karena air rebusan daun dan bunga tanaman tersebut bisa melancarkan menstruasi. Sementara untuk busui, tanaman herbal ini juga bisa meningkatkan produksi air susu ibu (ASI).

4. Meredakan demam

Erythrina variegata juga memiliki sifat antipiretik, yaitu obat penurun demam dan antinyeri. Karena itu, bila kamu atau anak mengalami demam, daun dadap bisa digunakan sebagai obat penurun demam alami. Minumlah satu gelas teh yang dibuat dari daun pohon, dua kali sehari sampai demamnya hilang.

5. Membantu mengatasi disentri

Disentri adalah penyakit yang sering membuat bayi dan anak-anak tersiksa, karena menyebabkan sakit perut dan diare. Penyakit tersebut terjadi akibat infeksi pada usus besar. Nah, bila Si Kecil mengalami disentri, ibu bisa coba menggunakan daun dadap sebagai pengobatan alami. Caranya, campurkan sari daun tersebut dengan minyak jarak, lalu diminum.

6. Mengobati rematik

Rematik juga merupakan masalah kesehatan yang terasa menyakitkan hingga bisa menghambat aktivitas pengidapnya. Nah, penyakit tersebut bisa diatasi secara alami dengan menggunakan daun dadap. Kandungan senyawa aktif pada daun tersebut mampu memberi efek antiinflamasi. Efek ini bisa mengatasi gangguan persendian, meredakan pembengkakan, dan rasa nyeri yang ditimbulkannya. 

Untuk mendapatkan manfaat daun dadap ini, pertama-tama panaskan dulu di atas api kecil, lalu gunakan sebagai tapal (obat dalam bentuk cairan kental atau bubur), pada bagian sendi yang mengalami nyeri.

Itulah beberapa manfaat daun dadap untuk kesehatan. Namun, bila kamu sakit, kamu tetap dianjurkan untuk menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. 

Sekarang, periksa kesehatan ke dokter sudah lebih mudah dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Tinggal buat janji medis di rumah sakit pilihanmu lewat aplikasi. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Health Benefits. Diakses pada 2022. Facts about Coral Tree.
Winrock International. Diakses pada 2022. Erythrina Variegata – More Than A Pretty Tree.
Wikipedia. Diakses pada 2022. Dadap

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan