5 Manfaat Es Batu untuk Perawatan Kulit Wajah

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Februari 2024

“Selain menyegarkan, manfaat es batu juga bisa dirasakan untuk wajah, yaitu membantu menghilangkan jerawat, tanda penuaan, hingga membantu membersihkan pori-pori.”

5 Manfaat Es Batu untuk Perawatan Kulit Wajah5 Manfaat Es Batu untuk Perawatan Kulit Wajah

DAFTAR ISI

  1. Manfaat Es Batu untuk Perawatan Wajah
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Halodoc, Jakarta – Banyak sekali cara yang dapat kamu lakukan untuk bisa memiliki kulit wajah cantik dan sehat. Salah satunya adalah memakai es batu. Tidak hanya menyegarkan sebagai pelepas dahaga saat cuaca sedang panas terik, manfaat es batu untuk wajah pun bisa kamu dapatkan.

Memang benar, memiliki kulit wajah yang sehat, cerah, dan terawat menjadi dambaan banyak orang, terutama wanita. Tidak heran jika mereka rela melakukan berbagai cara untuk mendapatkan hal tersebut. Mulai dari cara alami seperti memakai es batu sampai pergi ke klinik kecantikan.

Manfaat Es Batu untuk Perawatan Wajah

Kamu mungkin sering mendengar bahwa es batu memiliki banyak manfaat untuk perawatan wajah dan kecantikan.

Bagi sebagian orang, bahan rumahan ini dapat mengatasi beberapa kondisi wajah, seperti:

1. Mengatasi jerawat

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah es batu bisa menghilangkan jerawat? Faktanya, cara ini terbilang populer.

Ketika jerawat muncul, kulit rentan mengalami peradangan atau inflamasi. Es batu akan membantu meringankan bengkak, nyeri, dan kemerahan. 

Selain itu, bahan ini juga bisa mendorong kotoran naik hingga ke permukaan kulit. Jadi, ukuran jerawat akan mengecil secara perlahan hingga hilang sepenuhnya. Kamu bisa menggunakan es batu dengan cara mengompres area wajah yang berjerawat.

Nantinya, jerawat yang mengalami peradangan akan memunculkan titik putih. Lalu, apakah Es Batu Bisa Menghilangkan Jerawat, Ini Penjelasannya.

2. Mencerahkan wajah

Menggunakan es batu pada wajah saat pagi hari pun akan memberikan manfaat yang tidak pernah kamu duga, yaitu membuat kulit tampak lebih cerah dan bercahaya. Ini karena bahan tersebut dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Artinya, kulit memperoleh nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya. Supaya bisa mendapatkan manfaatnya lebih maksimal, kamu bisa memijat kulit wajah dengan menggunakan es batu. 

Selain membantu melancarkan sirkulasi darah, aktivitas ini juga bisa membantu mengurangi stres. Gunakan sebelum kamu memulas riasan pada wajah.

3. Mengontrol minyak berlebih pada wajah

Produksi minyak berlebih pada wajah bisa membuat wajah terlihat kusam dan lebih tua. Tak hanya itu, kulit wajah berminyak juga rentan mengalami jerawat.

Namun, kamu bisa menggunakan es batu untuk membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengoleskan es batu pada area wajah dan sedikit memijatnya pada malam hari sebelum tidur.

Namun, manfaat ini belum terbukti efektivitasnya secara ilmiah, sehingga tentu perlu studi lebih lanjut tentang hal ini.

4. Membersihkan pori-pori wajah

Terjadinya masalah kulit, misalnya jerawat adalah akibat dari pori-pori kulit yang tersumbat. Tidak hanya itu, menumpuknya kotoran dan sel kulit mati pun membuat wajah menjadi kusam dan tidak segar.

Tidak ada salahnya mencoba mengatasinya dengan es batu, karena bahan tersebut kabarnya mampu membersihkan kulit hingga ke dalam pori.

Kamu juga bisa membaca artikel Manfaat Es Batu untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah untuk penjelasan lebih lengkap.

5. Menyamarkan kantung mata

Selain mengontrol minyak berlebih, manfaat es batu untuk wajah berikutnya adalah membantu menyamarkan kantung mata.

Munculnya kantung mata membuat siapa saja jadi kurang percaya diri, dan menggunakan es batu sebelum tidur bisa membantu meringankan kondisi ini.

Cukup kompres mata dengan es batu selama beberapa saat. Pijat-pijat secara perlahan sehingga rasa dingin bisa memasuki kulit dan membantu melancarkan sirkulasi darah pada area tersebut. 

Itu tadi beberapa manfaat es batu untuk wajah. Namun, perlu kamu ketahui bahwa meski punya banyak manfaat, es batu untuk wajah pun ada efek sampingnya. 

Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Apabila ingin tahu tips perawatan kulit lainnya, kamu bisa hubungi dokter di Halodoc. Mereka bisa memberikan informasi seputar perawatan kulit sesuai tipe kulit yang kamu miliki. 

Nah, berikut beberapa dokter yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun yang bisa kamu hubungi.  

Dokter-dokter ini juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E

Kamu bisa menghubungi dr. Dina Febriani Sp.D.V.E. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta pada 2009 dan Universitas Sebelas Maret Surakarta pada 2023. 

Dokter Dina Febriani Sp.D.V.E saat ini berpraktik di Pekanbaru, Riau dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman selama 14 tahun yang ia miliki, dr. Dina Febriani Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar berbagai perawatan kulit wajah. 

Chat dr. Dina Febriani Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Frieda Sp.D.V.E

Selanjutnya, kamu dapat hubungi adalah dr. Frieda Sp.D.V.E. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya pada 2015 dan Universitas Sebelas Maret pada 2022. 

Ia kini berpraktik di Bogor, Jawa Barat dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Memiliki pengalaman selama 8 tahun, dr. Frieda Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang perawatan wajah.

Chat dr. Frieda Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

3. dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E

Pilihan lainnya adalah dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E.

Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang pada 2010 dan Universitas Airlangga pada 2016. 

Dokter Ryski saat ini berpraktik di Gresik, Jawa Timur dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berbekal pengalaman selama 13 tahun, dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar tips perawatan wajah. 

Chat dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc. Pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. Can Ice Facials Reduce Puffy Eyes and Acne?
Medical News Today. Diakses pada 2024. Can you treat acne with ice?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan