Manfaat Konsumsi Apel untuk Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Agustus 2021
Manfaat Konsumsi Apel untuk Pengidap DiabetesManfaat Konsumsi Apel untuk Pengidap Diabetes

“Apel merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi. Mengonsumsi apel secara rutin dapat membantu kamu menjaga kesehatan tubuh, termasuk pada pengidap diabetes. Banyak manfaat apel untuk pengidap diabetes, mulai dari mengontrol kadar gula darah dan membantu tubuh menggunakan asupan gula lebih baik.”

Halodoc, Jakarta – Siapa sih yang tidak suka dengan buah apel? Apel menjadi salah satu buah yang banyak disukai karena beragam manfaatnya. Mulai dari menjaga kesehatan kulit, jantung, hingga mengontrol gula darah.

Tidak ada salahnya simak lebih banyak mengenai manfaat mengonsumsi apel untuk pengidap diabetes. Kamu juga bisa cari tahu lebih banyak mengenai jenis makanan sehat yang cocok dikonsumsi oleh pengidap diabetes, di sini!

Baca juga: Tetap Sehat, Begini Makan Enak untuk Pengidap Diabetes

Manfaat Apel bagi Pengidap Diabetes

Menjalani pola makan sehat adalah kebiasaan yang perlu dijalani oleh pengidap diabetes. Hal ini dilakukan untuk mengontrol kadar gula darah agar tidak melonjak tinggi dan menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih buruk. 

Apel merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan gula dan karbohidrat di dalamnya. Namun, buah apel masih aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes tipe 1 maupun tipe 2. Hal ini disebabkan gula yang terdapat dalam apel merupakan gula alami atau fruktosa.

Seperti buah lainnya, apel mengandung serat yang tinggi. Serat dalam apel memperlambat pencernaan dan penyerapan gula dalam darah. Kondisi ini membuat gula masuk ke dalam darah secara perlahan sehingga tidak menyebabkan kenaikan kadar gula secara tiba-tiba.

Selain itu, kandungan polifenol apel mampu memperlambat proses pencernaan karbohidrat dalam tubuh dan menurunkan kadar gula darah. Apel memiliki beberapa jenis antioksidan untuk membantu pengidap diabetes mengontrol kadar gula darah.

Berikut ini beberapa antioksidan yang ditemukan dalam apel mampu membantu mengontrol gula darah, yaitu:

  1. Quercetin. Antioksidan ini membantu tubuh memperlambat proses pencernaan karbohidrat sehingga mencegah lonjakan gula darah dalam tubuh.
  2. Chlorogenic Acid. Jenis ini membantu tubuh untuk menggunakan asupan gula dengan lebih baik.
  3. Phlorizin. Kandungan ini memperlambat penyerapan gula dan menurunkan kadar gula.

Itulah manfaat mengonsumsi apel bagi pengidap diabetes. Kamu bisa mengonsumsi apel sebanyak 2 buah dalam satu hari untuk manfaat yang lebih optimal. 

Jangan lupa untuk selalu menjalankan pengobatan yang disarankan oleh dokter dan mengonsumsi obat-obatan yang dianjurkan. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter ketika gejala diabetes yang kamu alami semakin memburuk. Gunakan aplikasi Halodoc dengan download melalui App Store atau Google Play. 

Baca juga: Pola Makan Sehat yang Harus Diterapkan Pengidap Diabetes

Makanan Sehat bagi Pengidap Diabetes

Bukan hanya apel yang merupakan buah terbaik bagi pengidap diabetes. Ada berbagai jenis makanan sehat lainnya yang bisa dikonsumsi dan membantu mengontrol kadar gula darah. Berikut ini makanan sehat yang perlu dikonsumsi, seperti:

  1. Biji Chia

Biji chia atau chia seeds merupakan salah satu jenis makanan terbaik bagi pengidap diabetes. Biji chia memiliki kandungan serat sangat tinggi sehingga memperlambat proses penyerapan karbohidrat. Biji chia juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

  1. Kacang-kacangan

Selain lezat, kacang-kacangan memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang cukup tinggi. Hal ini membuat kacang-kacangan dinilai baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes.

Kebanyakan kacang-kacangan memiliki kandungan serat yang tinggi dan karbohidrat yang rendah. Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang baik untuk dikonsumsi, seperti almond, hazelnut, pistachio, dan walnut.

  1. Brokoli

Brokoli dikenal sebagai sayuran yang kaya nutrisi dan rendah karbohidrat. Brokoli dinilai aman untuk dikonsumsi pengidap diabetes. Bahkan, kandungan vitamin dan senyawa dalam brokoli mampu mencegah gangguan kesehatan yang lebih buruk.

Baca juga: Jenis Sayuran Sehat yang Baik untuk Pengidap Diabetes

Itulah makanan sehat yang bisa dikonsumsi selain apel bagi pengidap diabetes. Jangan lupa untuk selalu menjalankan gaya hidup sehat agar kadar gula darah dalam tubuh selalu terkontrol dengan baik.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Do Apples Affect Diabetes and Blood Sugar Levels?.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Are Apples Good for Diabetes?
Healthline. Diakses pada 2021. The 16 Best Foods to Control Diabetes.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan