• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Masalah Pekerjaan Bisa Sebabkan Gangguan Penyalahgunaan Zat

Masalah Pekerjaan Bisa Sebabkan Gangguan Penyalahgunaan Zat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Masalah Pekerjaan Bisa Sebabkan Gangguan Penyalahgunaan Zat

Halodoc, Jakarta - Masalah yang dihadapi di tempat kerja, merupakan salah satu faktor penentu seseorang bisa mengalami gangguan penyalahgunaan zat (substance abuse disorder). Profesi yang memiliki jam kerja panjang dikaitkan dengan tingkat risiko mengonsumsi alkohol harian yang lebih tinggi. Sementara pekerjaan lain yang berisiko melakukan penyalahgunaan zat yaitu pekerjaan dengan stres tinggi. 

Dilansir dari MedlinePlus, gangguan penyalahgunaan zat juga bisa terjadi ketika seseorang melampiaskan masalah di tempat kerja, sekolah, rumah dengan penggunaan alkohol atau zat lain seperti narkoba.

Penyalahgunaan zat yang disebabkan karena masalah pekerjaan akan mengakibatkan buruknya kinerja di tempat kerja. Beberapa masalah yang akan muncul seperti terlambat datang ke kantor, tidur di tempat kerja, buruk dalam mengambil keputusan, kehilangan efisiensi, dan meningkatnya kemungkinan mengalami masalah dengan rekan kerja atau atasan. 

Baca juga: Tips Menghilangkan Stres Dalam Waktu Singkat

Faktor yang Berkontribusi Terhadap Penyalahgunaan Zat pada Pekerja

Beberapa faktor dapat berkontribusi pada penyalahgunaan zat pada pekerja. Faktor-faktor yang dapat mendorong ataupun mencegah penyalahgunaan zat di tempat kerja seperti merasa asing di tempat kerja dan budaya tempat kerja.

Budaya tempat kerja dapat memainkan peran besar dalam menentukan apakah penggunaan minuman dan narkoba diterima atau dicegah/dilarang. Bagian dari budaya ini dapat bergantung pada campuran gender karyawan. Umumnya, gangguan penyalahgunaan zat lebih sering dialami oleh pria dibandingkan pria. 

Mengapa demikian? Ditemukan bahwa pekerjaan yang didominasi laki-laki menciptakan budaya mengonsumsi minuman alkohol atau menyalahgunakan zat lainnya untuk membangun solidaritas. Masalah ini yang kemudian dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan penyalahgunaan zat yang lebih tinggi. 

Selain lingkungan dan budaya di tempat kerja, pekerjaan itu sendiri juga dapat berkontribusi pada tingkat penyalahgunaan zat yang lebih tinggi oleh karyawan. Pekerjaan yang membosankan, membuat stres, atau mengasingkan diri dapat berkontribusi pada penyalahgunaan zat di antara karyawan. 

Baca juga: Hindari Stres, Saatnya Lakukan 5 Olahraga Ringan di Meja Kerja

Penyalahgunaan zat oleh karyawan juga berkaitan dengan otonomi kerja yang rendah, kurangnya kompleksitas pekerjaan, kurangnya kontrol atas kondisi dan produk kerja, kebosanan, pelecehan seksual, agresi verbal dan fisik, dan perilaku tidak sopan. 

Mengelola Stres Bekerja dengan Cara yang Bijak

Mengobati stres adalah cara mencegah penyalahgunaan zat hanya akan merusak tubuh lebih buruk lagi. Sebaiknya kelola stres dengan cara yang bijak, agar tubuh tidak merusak dirinya sendiri. 

  • Bicarakan Masalah yang Dialami

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres. Berbagi cerita dan membicarakan masalah pekerjaan yang menjadi penyebabnya dapat meringankan tekanan dan ketegangan. Jika kamu merasa sudah terlalu berat, jangan ragu dan sungkan untuk mengajak bicara orang terdekat, rekan kerja, atasan atau keluarga. Bila perlu kamu juga bisa membicarakannya pada profesional seperti psikolog melalui aplikasi Halodoc

  • Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Di kala stres, luangkan waktu untuk diri sendiri. Lupakan sejenak masalah dan tekanan dari luar tubuh dengan memanjakan diri melalui hal menyenangkan. Kamu dapat mengisi me time dengan hal menyenangkan atau hobi yang sudah jarang kamu lakukan, seperti membaca buku, jalan-jalan dan liburan, atau pergi ke salon. 

  • Meditasi

Jika tidak cukup waktu untuk pergi liburan, kamu dapat melakukan meditasi di rumah untuk mengatasi stres. Meditasi atau yoga bisa memberi efek positif bagi kesehatan jiwa dan membuat tubuh terasa lebih sehat. Dengan yoga dapat membantu memberi keseimbangan, ketenangan, dan kedamaian dalam tubuh. 

Baca juga: Hindari Stres, Saatnya Lakukan 5 Olahraga Ringan di Meja Kerja

Melalui pengelolaan stres yang lebih baik, maka kamu dapat mencegah terjadinya gangguan penyalahgunaan zat. Jika ada hal yang masih ingin diketahui tentang gangguan ini, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc, kapan saja dan di mana saja. 



Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2020. The Dangers of Substance Abuse in the Workplace
Addiction Center. Diakses pada 2020. The Relationship Between Addiction and Job Problems