Memelihara Ikan Koi, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   02 Juni 2021
Memelihara Ikan Koi, Perhatikan Beberapa Hal IniMemelihara Ikan Koi, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Halodoc, Jakarta - Ikan koi termasuk hewan yang dipelihara karena keindahan yang ditimbulkan dari coraknya. Selain itu, ikan koi kerap dihubungkan dengan simbol keberuntungan pada kepercayaan tertentu. Meski begitu, memelihara ikan koi tidak bisa dibilang mudah juga karena ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Untuk lebih jelasnya, baca ulasan berikut ini!

Tips Penting saat Memelihara Ikan Koi

Seseorang yang memelihara ikan koi kerap dihubungkan dengan pelepasan stres dan kecemasan yang dirasakan akibat rutinitas harian. Selain itu, kehadiran kolam koi juga dapat menjadi cara sempurna untuk menambahkan keindahan pada halaman belakang. Meski begitu, menjaga kolam beserta ikan yang ada di dalamnya bukan perkara mudah. Ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk menghindari masalah yang besar kelak.

Baca juga: Ini 4 Manfaat Memelihara Ikan bagi Kesehatan

Beberapa langkah pencegahan yang sederhana dan efektif sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kolam sehingga ikan koi yang ada di dalamnya panjang umur. Sama seperti manusia yang menghirup oksigen bersih agar tetap sehat, segala yang berhubungan dengan ekosistem pada kolam juga perlu diperhatikan. Nah, berikut ini beberapa tips untuk memelihara ikan koi, terutama pada kolamnya:

1. Pemeriksaan Air secara Konsisten

Setiap orang yang memiliki ikan koi di area terbuka kerap mengalami masalah, seperti bercampurnya air kolam dengan air hujan yang asam dan limbah ikan yang berlebihan. Untuk mengatasi masalah yang umum tapi serius ini, ada baiknya melakukan pemeriksaan air secara rutin. Ini karena, kualitas air yang buruk mampu menyebabkan ikan mengalami masalah kesehatan. Tentunya kamu tidak ingin semua ikan yang ada mati bukan? Maka dari itu, lakukanlah rutinitas ini.

2. Hindari Memberi Makan Berlebihan

Terlalu banyak memberi makan ikan koi adalah salah satu masalah yang kerap dilakukan pemiliknya padahal maksudnya baik. Saat memberi makan, kamu benar-benar harus menilai ikan tersebut untuk membantu dalam mendeteksi penyakit atau cedera yang terjadi. Saat memberi makan yang berlebihan, kualitas air menjadi buruk, sehingga dapat menyebabkan amonia dan nitrit tinggi di dalam air yang mengakibatkan kerusakan sirip, parasit, dan penyakit lainnya.

Baca juga: Jenis Ikan Hias yang Mudah untuk Dipelihara

Jika kamu ingin tahu lebih jauh tentang segala penyakit yang dapat disebabkan oleh ikan koi, dokter hewan dari Halodoc siap membantu untuk memberikan penjelasan yang lengkap. Hanya dengan download aplikasi Halodoc, interaksi dengan ahli medis melalui fitur Chat atau Voice/Video Call, dapat memudahkan tanpa perlu tatap muka. Unduh sekarang juga aplikasinya!

3. Perawatan Alat Kolam dengan Benar

Peralatan pada kolam biasanya mencakup sistem penyaringan yang berkualitas, pompa air, skimmer protein, sistem aerasi, dan alat sterilisasi ultraviolet. Pompa kolam berguna untuk memompa air agar menciptakan pergerakan yang tepat di kolam. Lalu, sistem filtrasi dengan kombinasi skimmer protein berguna untuk menjaga kebersihan permukaan air. Jika semuanya berguna dengan benar, kemungkinan besar semua ikan koi yang kamu miliki tetap sehat.

Hal yang perlu diketahui juga jika ikan dan hewan air lainnya dapat menularkan penyakit ke manusia. Maka dari itu, ada baiknya untuk mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum dan sesudah berinteraksi dengan akuarium ikan koi. Hal ini berlaku terutama pada anak-anak, wanita hamil, orangtua, dan seseorang yang memiliki masalah terhadap sistem kekebalan.

Baca juga: Tren Pelihara Ikan Cupang, Ketahui Cara Tepat untuk Merawatnya

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memelihara ikan koi. Memang, ikan koi bukan hewan yang murah untuk didapatkan, sehingga perhatian lebih perlu diberikan. Dengan cara ini, diharapkan kelangsungan hidup ikan koi terus terjaga hingga bertahun-tahun lamanya.

Referensi:
Koi-Care. Diakses pada 2021. The Most Effective Tips for Koi Pond Maintenance.
Pet Smart. Diakses pada 2021. Koi Care Guide.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan