Mengenal Lebih Dekat Kepribadian Kucing Siam

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   13 Agustus 2021
Mengenal Lebih Dekat Kepribadian Kucing SiamMengenal Lebih Dekat Kepribadian Kucing Siam

“Kucing siam merupakan jenis kucing yang cantik, tetapi menyimpan banyak kepribadian lagi. Jenis kucing ini ternyata juga dikenal sebagai kucing yang galak, cerdas, cerewet, akan tetapi sangat penyayang.

Halodoc, Jakarta – Kucing siam menjadi salah satu jenis kucing favorit untuk dijadikan hewan peliharaan. Bagaimana tidak, kucing ini dikenal memiliki penampilan yang cantik, dengan warna dan pola pada bulu tubuh yang khas. Selain itu, kucing ini juga memiliki mata berwarna biru yang menambah kecantikannya dan membuat siapa saja merasa gemas. 

Namun tahukah kamu, di balik kecantikannya ternyata jenis kucing ini terkenal galak. Kucing siam juga disebut bisa mengeluarkan suara atau mengeong dengan sangat keras. Meski begitu, masih ada banyak alasan untuk menjadikan hewan ini sebagai sahabat di rumah. Biar lebih jelas, mari mengenal lebih dekat kepribadian kucing siam melalui artikel ini! 

Baca juga: Ketahui 5 Jenis Kucing yang Paling Bersahabat

Kucing Siam dan Hal yang Perlu Diketahui 

Setiap hewan peliharaan memiliki keunikan tersendiri, termasuk kucing siam. Secara umum, jenis kucing ini terkenal galak dan tempramen. Katanya, hal tersebut disebabkan oleh faktor genetika. Kucing siam memiliki kelainan mata yang bisa memengaruhi kemampuan melihat dan perilakunya. Ada kondisi di mana kucing ini mengalami nistagmus, yaitu gerakan mata yang cepat baik ke atas, bawah, dan samping.

Kondisi ini yang diduga bisa membuat kucing mudah mengalami frustasi dan menjadi lebih temperamen. Kucing ini juga dikenal sebagai kucing yang cerewet. Kucing siam sering mengeluarkan suara atau mengeong, sehingga mungkin tidak cocok bagi kamu yang memilih untuk membangun suasana tenang di rumah. Saat sedang marah atau takut, kucing ini cenderung mengeluarkan suara yang kencang dan nyaring. 

Namun jangan khawatir, kucing ini juga dikenal penyayang. Jika dilatih dan diperlakukan dengan baik, jenis kucing ini bisa menjadi teman terbaik dan memberi sederet manfaat sehat dari memelihara hewan. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan bermain bersama, melatih kucing, atau sekadar berjalan-jalan. Selain baik untuk membangun kedekatan dengan hewan peliharaan, hal ini juga bisa membantu mengalihkan energi kucing siam agar tidak terlalu berisik. 

Selain cantik dan galak, jenis kucing ini juga disebut memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Kucing siam disebut bisa dilatih untuk melakukan banyak hal, termasuk hal-hal yang tidak biasa. Pada dasarnya, kucing ini memiliki sifat yang manja dan ingin selalu diperhatikan. Kucing ini senang dipeluk, disentuh, dan meringkuk di pangkuan pemiliknya. Menggemaskan, bukan? Bagaimana, sudah mulai tertarik untuk memelihara kucing siam? 

Baca juga: Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi 

Seperti makhluk hidup lain pada umumnya, kucing ini juga rentan terserang gangguan kesehatan. Secara umum, kucing ini dikenal cukup sehat dan bisa hidup hingga berusia 15 tahun. Namun pada kondisi tertentu, ada risiko penyakit yang bisa menyerang kucing siam, terutama masalah pada kesehatan gigi dan mulut serta pernapasan. Kebanyakan dari penyakit yang muncul merupakan penyakit keturunan atau terjadi karena faktor genetik. 

Kucing ini juga bisa mengalami hairball atau terbentuknya bola bulu yang tertelan kemudian menyumbat pencernaan kucing. Selain itu, jika kebersihan giginya tidak dirawat dengan baik, sejumlah penyakit gigi bisa menyerang. Menerapkan pola makan dan aktivitas yang tidak sehat juga bisa menyebabkan kucing siam mengembangkan penyakit batu ginjal. 

Baca juga: Bisakah Alergi Makanan Buat Kucing Jadi Agresif?

Maka dari itu, salah satu cara mencegahnya adalah dengan memberikan makanan yang sehat dan bernutrisi. Biar lebih mudah, kamu bisa membeli makanan khusus dan vitamin untuk hewan peliharaan di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, kebutuhan kesehatan hewan akan diantar segera. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Hill’s Pet. Diakses pada 2021. Siamese Cat Information and Personality Traits. 
Siamese of Day. Diakses pada 2021. Siamese Cats – Breed Temperament & Health.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan