Mengenal Facial Parafin untuk Memudarkan Garis Wajah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Oktober 2022

“Jika kulit wajah terlihat kusam dan membutuhkan hidrasi, kamu dapat mempertimbangkan untuk melakukan facial parafin. Perawatan kulit ini dapat membantu memudarkan garis halus wajah dan membuat wajah tampak lebih bercahaya.”

Mengenal Facial Parafin untuk Memudarkan Garis WajahMengenal Facial Parafin untuk Memudarkan Garis Wajah

Halodoc, Jakarta – Banyak sekali jenis perawatan wajah yang dapat dilakukan untuk mengembalikan elastisitas, kelembapan wajah, memudarkan garis halus, dan membuat wajah jadi tampak lebih awet muda. Salah satunya yang mungkin bisa kamu pertimbangkan adalah facial dengan parafin. 

Mungkin, masih banyak wanita yang belum mengetahui prosedur perawatan wajah satu ini. Sebenarnya, facial dengan menggunakan parafin telah populer sejak tahun 1960-an. Perawatan wajah ini cocok untuk kulit kering dan kusam. Prosedurnya melibatkan pemakaian lilin parafin panas sebagai bahan dasar ketika melakukan perawatan kulit kering dan mengalami dehidrasi. 

Manfaat Facial Parafin untuk Kecantikan Wajah

Beberapa manfaat melakukan perawatan kulit wajah dengan prosedur facial parafin, di antaranya:

  • Membantu membuat kulit tampak lebih cerah

Lilin parafin memberikan kehangatan pada pembuluh darah. Dengan demikian, sirkulasi darah pun akan meningkat. Selanjutnya, prosedur ini akan membantu mencerahkan kulit.

  • Membantu membersihkan pori-pori kulit wajah

Panas yang didapat dari lilin parafin akan membantu membuka pori-pori kulit wajah. Dengan begitu, pori-pori menjadi longgar dan secara alami, semua kotoran, komedo putih dan komedo dihilangkan secara efisien.

  • Membantu menghidrasi kulit

Selama menjalani prosedur perawatan dengan menggunakan parafin, perawatan pelembab intensif juga diberikan pada kulit wajah dalam bentuk krim pijat. 

  • Membantu mengurangi garis halus dan kerutan

Lilin parafin membantu menenangkan otot-otot wajah yang mengalami penuaan. Itu sebabnya, parafin akan bertindak sebagai penenang dan membantu mengurangi garis halus dan kerutan pada saat yang bersamaan.

  • Memaksimalkan penampilan kulit

Kulit akan terlihat lebih lembut dan kenyal setelah sesi wajah parafin intensif.

Prosedur Facial dengan Menggunakan Parafin

Prosedur facial dengan menggunakan parafin terdiri dari beberapa langkah yang meliputi penguapan, pengelupasan kulit, ekstraksi, pijat krim, aplikasi losion dan perawatan masker lilin parafin. 

  • Pembersihan. Area wajah dan leher akan dibersihkan secara menyeluruh untuk menghilangkan kotoran dan kotoran.
  • Pijat relaksasi. Serangkaian pijat yang menenangkan dilakukan setelah wajah dan leher selesai dibersihkan. Ahli kecantikan akan memilih krim yang sesuai dengan kulit dan kebutuhan. Pijatan menyeluruh akan memberikan kelembutan pada kulit, dan membuat kulit siap untuk memasuki tahapan pemakaian lilin parafin.
  • Pembersihan kedua. Kelebihan krim akan dihilangkan dari kulit setelah proses pemijatan. Selanjutnya, lotion pelembab diterapkan lagi dan kamu akan diminta untuk berbaring dan rileks.
  • Perawatan dengan parafin. Sekarang, ahli kecantikan akan menempatkan kain kasa yang menyesuaikan bentuk wajah di wajah. Ini akan membantu melindungi kulit dari rasa tidak nyaman ketika bersentuhan dengan lilin panas. Setelah itu, lapisan lilin panas akan dibuat pada wajah hingga sebanyak empat lapis. 

Panas lilin ini membuka pori-pori kulit, meremajakan kulit, melemaskan otot-otot wajah dan kamu pasti merasa lebih rileks dan segar. Masker akan dilepas setelah sekitar 15 hingga 20 menit.

Apabila kamu tertarik untuk melakukan facial treatment, Dokter Ini Bisa Beri Info Facial Treatment Sesuai Kondisi Kulit.

Siapa yang Perlu dan Tidak Dianjurkan untuk Melakukan Perawatan Facial Parafin?

Semua wanita dengan kondisi kulit kering dan kusam bisa melakukan perawatan wajah dengan parafin. Namun, sebaiknya hindari perawatan wajah ini bila:

  • Memiliki kulit sensitif.
  • Memiliki kulit wajah yang berminyak.
  • Sedang memiliki masalah kapiler di wajah. 

Selanjutnya, perhatikan hal-hal ini sebelum melakukan prosedur perawatan facial dengan menggunakan parafin:

  • Pastikan untuk melakukan prosedur di klinik atau salon kecantikan yang kredibel. Pastikan pula prosedur dilakukan oleh seseorang yang ahli dan kompeten di bidangnya. 
  • Hindari melakukan prosedur sendiri di rumah atau tanpa pendampingan profesional karena dapat membuat kulit terbakar.
  • Apabila kamu merasa tidak nyaman atau mengalami gangguan pernapasan ketika sedang menjalani prosedur, pastikan untuk memberitahu ahli kecantikan. 

Kamu dapat membuat janji di rumah sakit atau klinik terdekat yang memiliki pelayanan perawatan wajah facial parafin dengan aplikasi Halodoc. Download aplikasi Halodoc di ponselmu melalui App Store maupun Play Store. 

Referensi:
Makeup and Beauty. Diakses pada 2022. All About Paraffin Facial.
Andalucia.com. Diakses pada 2022. Paraffin Mask.
Healthline. Diakses pada 2022. The Benefits of Paraffin Wax and How to Use It at Home.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan