Mengenal Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 Oktober 2021
Mengenal Manfaat Asam Jawa untuk KesehatanMengenal Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan

“Asam jawa lebih terkenal sebagai penyedap rasa dibandingkan berbagai manfaat yang diberikannya. Padahal, ada banyak kandungan dari buah ini yang bisa diberikan agar tubuh tetap sehat bila dikonsumsi secara rutin. Maka dari itu, pastikan kamu mengetahui segala manfaatnya.”

Halodoc, Jakarta – Asam jawa memang identik dengan penyedap rasa pada sayuran agar terasa lebih nikmat. Rasa asam yang dihasilkan memang sangat khas dan kemungkinan sulit untuk mencari penggantinya. Selain itu, buah ini sangat mudah untuk didapatkan dan harganya relatif murah. 

Namun, apa saja sih manfaat dari asam jawa bagi kesehatan? Ketahui jawabannya di sini!

Berbagai Manfaat dari Asam Jawa untuk Kesehatan

Asam jawa adalah jenis buah tropis yang berasal dari pohon asam yang aslinya dari Afrika, tetapi juga tumbuh di daerah tropis lain. Pohon asam menghasilkan polong seperti kacang yang mengandung biji dan daging yang berserat. Saat dimasak, asam jawa ini dapat menghasilkan rasa asam manis yang sangat khas.

Baca juga: Berbagai Jamu yang Baik untuk Wanita

Asam jawa memang paling dikenal karena penggunaannya sebagai penyedap rasa di dalam makanan pada beberapa daerah, seperti Asia dan Meksiko. Nah, menariknya lagi, selain digunakan sebagai penyedap rasa, ternyata asam jawa juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat asam jawa untuk kesehatan:

1. Kaya antioksidan

Asam jawa dipercaya dapat menjadi sumber antioksidan karena kaya akan kandungan fitonutrien. Hal ini juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menjaga sistem imunitas tetap prima. Antioksidan juga diperlukan untuk mengurangi dampak inflamasi yang ditimbulkan oleh stres oksidatif.

Selain itu, asam jawa juga mengandung polifenol seperti flavonoid yang sangat baik untuk membantu tubuh mengatur kadar kolesterol. Penelitian dilakukan pada hamster yang memiliki kolesterol tinggi dan setelah diberikan buah asam terdapat penurunan terhadap total kolesterol, kolesterol LDL, dan trigliserida.

2. Memiliki sifat antikanker

Pada sebuah penelitian, disebutkan jika asam jawa memiliki sifat antikanker karena mampu mengurangi penanda stres oksidatif, dan menunda perkembangan karsinoma pada sel ginjal. Hal ini dipercaya karena efek antioksidannya dan ekstrak biji asam jawa juga memiliki sifat induksi enzim antioksidan dan efek penghadang jalur sinyal yang berhubungan dengan kanker.

Untuk mencegah kanker, setiap orang perlu melakukan pemeriksaan rutin tahunan agar penyakit ini dapat terdeteksi dini. Nah, pemeriksaan kesehatan ini bisa kamu pesan melalui aplikasi Halodoc yang bekerja sama dengan banyak rumah sakit. Guna mendapatkan kemudahan ini, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Baca juga: Benarkah Sayur Asem Bisa Perburuk Sakit Maag?

3. Antimikroba

Asam jawa juga bermanfaat sebagai antimikroba, yaitu antijamur, antivirus, dan antibakteri. Ekstrak asam dari buah ini mengandung senyawa alami yang memiliki efek antimikroba dan kerap digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, termasuk malaria. Selain itu, senyawa lupeol di dalamnya kerap dihubungkan dengan efek antibakteri.

4. Melindungi hati

Hati termasuk salah satu organ yang rentan mengalami gangguan, salah satunya adalah penyakit hati berlemak. Disebutkan jika ekstrak dari buah asam jawa terbukti dapat memberikan efek perlindungan pada hati. Hal ini disebabkan adanya kandungan antioksidan yang disebut procyanidins yang mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas pada hati.

Baca juga: Ibu, Ini Resep Membuat Sayur Asem yang Praktis

5. Mencegah diabetes

Manfaat asam jawa yang terakhir adalah mampu mencegah terjadinya diabetes. Efek kesehatan ini dikarenakan kandungan antiinflamasi dari ekstrak biji asam jawa yang terbilang efektif sebagai perlindungan potensial, dan meningkatkan pengaturan gula darah agar tetap normal. Saat dikonsumsi secara rutin oleh pengidap diabetes, asam jawa dapat menurunkan kadar gula dalam darah. 

Jadi, sangat disarankan untuk mengonsumsi asam jawa secara rutin guna mendapatkan segala manfaatnya bagi kesehatan. Salah satu makanan yang menyehatkan dan rasa asam dari buah ini sangat terasa adalah dengan mengonsumsi sayur asem. Jika kamu memiliki cara lain untuk menikmati asam jawa, lakukanlah selama masih dalam takaran normal.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Good Food. Diakses pada 2021. Top 6 health benefits of tamarind.
Healthline. Diakses pada 2021. What Is Tamarind? A Tropical Fruit with Health Benefits.
Healthline. Diakses pada 2021. What Is Tamarind? A Tropical Fruit with Health Benefits.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan