Mengenal Ruang PICU, Ruangan Perawatan Intensif Anak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 November 2023

“Pediatric intensive care unit atau PICU adalah fasilitas kesehatan yang dilengkapi dengan peralatan medis dan tim medis khusus. Ruangan ini dirancang untuk merawat anak-anak dengan kondisi serius, seperti gangguan pernapasan, cedera kepala, atau penyakit kritis. “

Mengenal Ruang PICU, Ruangan Perawatan Intensif AnakMengenal Ruang PICU, Ruangan Perawatan Intensif Anak

DAFTAR ISI

1. Kondisi Anak yang Membutuhkan Perawatan di Ruang PICU 

2. Perawatan dan Peralatan Medis yang Tersedia di Ruang PICU


Halodoc, Jakarta – PICU adalah ruangan di rumah sakit yang dikhususkan untuk memberikan perawatan intensif kepada anak, dengan kondisi medis serius yang mengancam jiwa. 

PICU dilengkapi dengan peralatan medis canggih dan tim kesehatan yang terlatih untuk memberikan pemantauan dan intervensi intensif. Termasuk pemantauan jantung dan penanganan kondisi medis mendesak lainnya. 

Berbeda dengan bagian lain di rumah sakit, di ruang PICU anak-anak mendapatkan perawatan dan pemantauan ketat terhadap detak jantung, pernapasan, dan tekanan darah.

Kondisi Anak yang Membutuhkan Perawatan di Ruang PICU 

PICU juga memungkinkan dokter untuk memberikan terapi yang tidak tersedia di bagian lain rumah sakit. Hal ini dapat mencakup ventilator (mesin pernapasan) dan obat-obatan yang hanya digunakan di bawah pengawasan medis.

Beberapa gangguan yang memerlukan perawatan di PICU antara lain:

  • Gangguan pernapasan berat, seperti asma parah atau sindrom gangguan pernapasan.
  • Cedera kepala parah, seperti trauma kepala serius yang memerlukan perhatian intensif.
  • Gangguan jantung, seperti gagal jantung atau aritmia serius.
  • Infeksi berat, seperti infeksi paru-paru, sepsis, atau penyakit menular lain yang mengancam nyawa.
  • Setelah operasi besar, terutama pada organ vital.
  • Mengalami kejang berulang yang sulit dikontrol.
  • Gangguan metabolik, seperti ketoasidosis diabetik atau gangguan metabolisme genetik.
  • Gangguan neurologis serius, seperti stroke atau peningkatan tekanan di dalam tulang tengkorang.
  • Gagal ginjal yang membutuhkan dukungan alat bantu.
  • Syok septik, yaitu kondisi darurat akibat infeksi yang merambah ke seluruh tubuh. Waspadai, ini yang jadi gejalanya: Waspada, Ini 7 Gejala Sepsis yang Bisa Terjadi
  • Gangguan darah serius, seperti anemia berat atau gangguan pembekuan darah.

Perawatan dan Peralatan Medis yang Tersedia di Ruang PICU

Perawatan dan peralatan medis yang terdapat di ruang PICU berfungsi untuk meningkatkan keberhasilan pengobatan yang dilakukan oleh dokter. Beberapa peralatannya, antara lain:

1. Kateter intravena (IV)

Hampir semua anak di PICU menggunakan IV untuk memberikan cairan intravena, obat-obatan, dan nutrisi langsung ke dalam aliran darah. Selang biasanya ditempatkan di tangan, kaki, tungkai, atau kulit kepala. 

Kateter intravena ini merupakan selang tipis dan fleksibel yang dimasukkan ke dalam vena dengan jarum kecil. Setelah masuk ke dalam vena, jarum dicabut dan hanya menyisakan selang plastik lembut.

Kateter ini memiliki beragam jenis, salah satunya central venous catheter (CVC). Ketahui penjelasannya dalam artikel ini: Mengenal Central Venous Catheter, Fungsi, dan Jenisnya

2. Obat-obatan

Di PICU, tim medis bisa memantau penggunaan dan reaksi terhadap obat-obatan berbahaya yang diberikan pada pasien, seperti epinefrin, dopamin, dan morfin. Di sini, dokter akan mengawasi dan memantau tanda-tanda vital pada tubuh anak secara ketat.

Kenali jenis obat dan penjelasan terkait epinefrin dalam artikel ini: Kenalan dengan Epinefrin, Obat untuk Atasi Alergi Berat

3. Monitor

Tim medis juga akan memasangkan alat dan menyambungkannya pada layar monitor. Caranya dengan menempatkan kabel berstiker di dada guna memantau atau menghitung detak jantung dan laju pernapasan pasien. 

Selain itu, tim medis juga akan  memasang alat pada jari tangan atau kaki dan menyambungkannya pada oksimetri nadi (pulse-ox). Prosedur ini bertujuan untuk memeriksa kadar oksigen dalam darah.

PICU adalah ruangan yang diawasi oleh dokter spesialis dan perawat yang sudah terampil di bidangnya. Di sini juga terdapat beberapa subspesialis, seperti ahli jantung dan ahli bedah saraf.

PICU juga memiliki apoteker, ahli gizi, ahli terapi okupasi, dan ahli terapi fisik yang akan berpartisipasi dalam perawatan pasien. Jadi, mereka bisa memastikan jika pasien mendapatkan perawatan terbaik pada waktu yang tepat.

Mau tahu apa saja peran perawat di rumah sakit? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 9 Peran Perawat di Rumah Sakit yang Perlu Diketahui“.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Nemour Kid’s Health. Diakses pada 2023. When Your Child’s in the Pediatric Intensive Care Unit.
Apollo Cradle & Children Hospital. Diakses pada 2023. What is a PICU?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan