• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Minuman Ini Bisa Dikonsumsi untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Minuman Ini Bisa Dikonsumsi untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Sedang mengalami sakit tenggorokan? Tahukah kamu kalau berbagai obat alami yang dikonsumsi di rumah bisa meredakan sakit tenggorokan? Beberapa mungkin sudah pernah kamu dengar, seperti minum air hangat yang diberikan sesendok madu dan perasan lemon, serta berkumur dengan air garam.

Sejatinya radang tenggorokan dapat disebabkan oleh infeksi virus (termasuk flu biasa), infeksi bakteri (radang tenggorokan adalah penyebab umum sakit tenggorokan), radang amandel, bahkan nyeri setelah tonsilektomi (operasi pengangkatan amandel). Selengkapnya mengenai sakit tenggorokan dan penanganannya bisa dibaca di bawah ini!

Bahan Natural untuk Redakan Sakit Tenggorokan

Selain minum air hangat dengan perasan lemon dan madu atau berkumur dengan air garam, kamu juga bisa meredakan sakit tenggorokan lewat cuka. Cuka bersifat asam dan dapat membunuh bakteri di tenggorokan, serta melapisi dan meredakan sakit tenggorokan. Khasiatnya juga bisa sampai melonggarkan dahak yang mungkin mengiritasi tenggorokan.

Baca juga: 7 Cara Ampuh Atasi Radang Tenggorokan

Gunakan ramuan cuka sebagai obat kumur dengan cara mencampur satu sendok teh cuka sari apel dengan segelas air. Ramuan ini juga dapat dikombinasikan dengan satu sendok teh garam untuk berkumur.

Untuk varian lain, kamu bisa menambahkan satu sendok makan cuka sari apel dengan satu sendok makan madu ke teh. Minyak esensial peppermint juga berfungsi sebagai dekongestan dengan menipiskan lendir, sehingga bermanfaat juga untuk meredakan sakit tenggorokan dan meredakan batuk kering.

Minumlah teh peppermint, atau tambahkan minyak peppermint ke dalam air minum, atau oleskan minyak esensial peppermint di dada. Bawang putih memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu jika kamu memiliki infeksi bakteri, dan meredakan sakit tenggorokan.

Bagaimana cara mengolahnya? Hancurkan bawang putih mentah untuk melepaskan senyawa yang disebut allicin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Tambahkan segelas air hangat lalu diminum. Untuk menghilangkan rasa tidak enak dari bawang putih, kamu bisa mencacah cengkeh dan mencampurkannya ke segelas air yang sudah terlebih dahulu ditambahkan bawang putih.

Kamu juga bisa menambahkan bawang putih ke dalam jus sayur yang kamu buat. Kombinasi bawang putih dan sayuran segar tidak hanya mampu meredakan sakit tenggorokan, tetapi juga meningkatkan imunitas tubuh. 

Baca juga: 3 Cara Alami Meredakan Sakit Tenggorokan pada Bayi

Informasi lebih detail mengenai bahan natural untuk meredakan sakit tenggorokan bisa ditanyakan ke aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Jangan Mengonsumsi Makanan Ini

Kamu harus menghindari makanan yang mungkin lebih mengiritasi tenggorokan atau yang sulit untuk ditelan. Makanan-makanan ini mungkin termasuk:

  1. Biskuit,
  2. Roti kering,
  3. Bumbu pedas dan saus,
  4. Soda,
  5. Kopi,
  6. Alkohol, dan
  7. Makanan ringan kering, seperti keripik kentang, pretzel, atau popcorn

Pada beberapa orang, susu dapat menebal atau meningkatkan produksi lendir. Ini mungkin memicu kamu untuk untuk batuk lebih sering, sehingga memperburuk sakit tenggorokan. Beberapa obatan rumahan dapat membantu, tetapi tidak semua orang nyaman dan cocok mengonsumsinya.

Beberapa malah memicu efek samping, alergi, interaksi dengan obat lain, dan interaksi dengan suplemen herbal lainnya. Jika kamu tidak yakin dengan obat rumahan, tanyakan kepada dokter. Ini terutama jika kamu sedang hamil atau berencana hamil.

Referensi:
Medicine Net. Diakses pada 2020. Sore Throat Home Remedies.
Healthline. Diakses  pada 2020. What to Eat and Drink When You Have a Sore Throat.