• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Es Batu Dapat Menjadi Obat Sariawan Anak?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta, Es Batu Dapat Menjadi Obat Sariawan Anak?

Mitos atau Fakta, Es Batu Dapat Menjadi Obat Sariawan Anak?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 April 2021
Mitos atau Fakta, Es Batu Dapat Menjadi Obat Sariawan Anak?

Halodoc, Jakarta - Luka sariawan tentu terasa menyakitkan bagi anak. Meskipun sariawan bisa sembuh tanpa pengobatan khusus, namun ada cara untuk mempercepat penyembuhan, mengobati nyeri akibat sariawan, dan mengurangi rasa sakit. Beberapa obat sariawan anak yang secara alami bisa meredakan, yaitu obat sariawan yang dijual bebas dan obat kumur khusus anak. 


Sariawan adalah bisul kecil di dalam mulut yang berwarna putih atau abu-abu kemerahan. Sariawan bisa muncul di belakang bibir, lidah, bagian dalam pipi, dan tepat di bibir. Sariawan tidak menular dan biasanya sembuh tanpa pengobatan dalam 7-10 hari. Pasalnya, mengompres es batu pada bibir bisa menjadi obat sariawan anak. Benarkah demikian?


Baca juga: Cari Tahu 5 Penyebab Sariawan dan Cara Mengatasinya


Efektivitas Es Batu sebagai Obat Sariawan Anak


Jika Si Kecil mengalami nyeri pada sariawan, cobalah mengompreskan es batu pada sariawan. Bungkus es batu kecil dalam handuk kecil atau tisu dan letakkan dengan hati-hati di atas luka. Sebaiknya hindari meletakkan es langsung ke kulit sariawan. Cara ini bisa membantu menghilangkan rasa sakit pada sariawan. 


Kompres es batu juga bisa mencegah peradangan pada luka yang disebabkan oleh iritasi. Hanya saja cara ini bermanfaat untuk sariawan di babar. Sementara itu, pada sariawan di area mulut lainnya mungkin lebih sulit dijangkau oleh es batu. 


Perlu diketahui, mengompres sariawan dengan es batu bisa menjadi salah satu cara alami untuk mengatasi nyeri akibat sariawan. Alasannya, sensasi dingin dari es batu diyakini bisa memberikan sensasi mati rasa pada titik yang nyeri. 



Baca juga: 5 Fakta tentang Sariawan


Perawatan yang Dilakukan selama Anak Sariawan


Sebaiknya jangan langsung memberikan obat-obatan untuk mengobati sariawan anak. Sebab, sariawan bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu.

Selain mengompres sariawan dengan es batu, berikut ini beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit selama sariawan masih ada di mulut Si Kecil:

  • Hindari semua pemicu yang bisa memperparah luka sariawan.
  • Cobalah berkumur dengan larutan garam atau baking soda. Takarannya kira-kira 1 sendok teh baking soda dan setengah cangkir air hangat.
  • Gunakan sedotan saat minum untuk mengurangi rasa sakit.
  • Jangan gunakan pasta gigi dengan bahan yang bisa memicu iritasi, contohnya sodium lauril sulfat.
  • Perbanyak mengonsumsi air putih. Meski terbilang sepele, hal ini bisa membantu untuk mempercepat penyembuhan sariawan.
  • Konsumsi makanan yang lembut dan hindari makanan yang asam, asin, pedas, dan minuman panas.
  • Cara mengobati sariawan dengan bahan alami juga bisa melalui makanan. Dorong anak untuk banyak mengasup sayur dan buah-buahan yang kaya vitamin C, B, folat, dan zat besi. Bila perlu, Si Kecil dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin tersebut. Vitamin B kompleks dan C dapat mempercepat penyembuhan sariawan.


Baca juga: Perlukah ke Dokter untuk Mengobati Sariawan?


Jika cara-cara di atas tidak menyembuhkan sariawan anak, maka saatnya untuk bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai obat sariawan anak yang tepat. Karena sariawan yang berlangsung terlalu lama perlu dicurigai. 


Sariawan memang membutuhkan waktu untuk sembuh dengan sendirinya. Kira-kira sekitar 2–4 minggu, bergantung dari luka tersebut. Misalnya, luka karena trauma (tergigit benda tajam) bisa membuat peradangan cenderung tak kunjung reda.


Namun, bila tak terjadi hal-hal yang memicu iritasi pada peradangan, kamu perlu waspada. Sebab, hal ini bisa saja pertanda dari suatu penyakit. Itulah pentingnya pemeriksaan oleh dokter ahli.

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2021. Canker Sores. 
Healthline. Diakses pada 2021. Stomatitis.
WebMD. Diakses pada 2021. Oral Health Centre. Mouth ulcers: Symptoms, treatment and prevention.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Nine ways to treat canker sores
Consumer Guide to Dentistry. Diakses pada 2021. 7 Home Remedies for Canker Sores