5 Daftar Obat Mules yang Ampuh di Apotek

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Februari 2024

“Rasa mules di perut bisa disebabkan karena ingin BAB atau kondisi medis seperti sembelit, diare, atau nyeri karena haid. Konsumsi obat seperti Cap Lang Pil Sakit Perut, Guanistrep Suspensi, Disflatyl, I-Free Terapi Hangat Nyeri Haid, dan Ponstan yang bisa kamu dapatkan di Halodoc.”

5 Daftar Obat Mules yang Ampuh di Apotek5 Daftar Obat Mules yang Ampuh di Apotek

Rekomendasi Obat Mules Ampuh yang Mudah Dicari 


Halodoc, Jakarta – Rasa mules biasanya muncul sebagai tanda untuk buang air besar. Kebanyakan perut mules juga bukan sesuatu yang serius dan akan hilang dalam beberapa jam atau beberapa hari. Penyebabnya sering kali berhubungan dengan masalah pencernaan seperti sembelit, diare, alergi makanan, peradangan sejenis GERD, atau bisa juga karena menstruasi. 

Jika kamu merasakan perut mules yang tak kunjung hilang dan mulai mengkhawatirkan, kamu bisa coba mengatasinya dengan minum obat-obatan. 

Rekomendasi Obat Mules Ampuh yang Mudah Dicari 

Berikut ulasan beberapa obat ampuh untuk mengatasi mules yang bisa kamu temukan di apotek: 

1. Cap Lang Pil Sakit Perut

Obat herbal untuk melawan mules yang terbuat dari nilam, tanaman angelica, daun mint, dan banyak bahan alami lainnya. Cap Lang Pil ini ampuh meredakan sakit perut, muntah ringan, dan membantu memelihara kesehatan pencernaan. 

Untuk pemakaiannya, obat ini bisa dikonsumsi sesuai kebutuhan saat sebelum dan sesudah makan. 

Kisaran harga: Rp2.800 per sachet. 

Dapatkan Cap Lang Pil Sakit Perut di Toko Kesehatan Halodoc.

Kamu juga perlu bahan alami lho untuk atasi sakit perut. Yuk cari tahu apa saja yang ampuh di sini: “10 Herbal untuk Meredakan Sakit Perut Bagian Bawah”. 

2. Guanistrep Suspensi 60 ml

Kandungan kaolin dan pektin di dalam Guanistrep Suspensi bekerja sebagai antidiare. Obat mules ini menyerap racun dan bakteri penyebab diare, mengurangi frekuensi BAB, dan memperbaiki konsistensi feses yang encer. Selain itu, obat ini juga bisa digunakan untuk diare yang tidak diketahui dengan jelas penyebabnya. 

Untuk orang dewasa dan anak di atas 12 tahun bisa minum obat ini sebanyak 2 sendok takar (maksimal 60 ml), anak 6-12 tahun  cukup 1-2 sendok takar (maksimal 30 ml), sementara anak 3-6 tahun juga 1-2 sendok takar (hanya 15 ml). 

Guanistrep Suspensi bisa diminum saat makan atau tanpa makan. Obat mules ini tergolong obat bebas jadi kamu bisa membelinya tanpa resep dokter. 

Kisaran harga: Rp16.700 per botol. 

Dapatkan Guanistrep Suspensi 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Disflatyl 40 mg 10 Tablet

Obat mules ini mengandung simethicon yang bisa meredakan kembung dan rasa tidak nyaman di perut karena gas yang berlebihan. Aturan pemakaiannya adalah 3 kali sehari 2 tablet dikunyah sampai halus setelah makan dan sebelum tidur. Tapi, perlu diperhatikan untuk bagi ibu hamil atau menyusui, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum konsumsi obat. 

Obat ini tergolong obat bebas yang bisa dibeli tanpa resep dokter. 

Kisaran harga: Rp7.100 per strip.

Dapatkan Disflatyl 40 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. I-Free Terapi Hangat Nyeri Haid 6 Pads

Nah, alat ini ampuh buat kamu yang langganan mules saat menstruasi. I-Free Terapi Hangat Nyeri Haid adalah perawatan perut mules berbentuk pad sebagai medium terapi yang membantu mengurangi nyeri saat datang bulan tanpa harus meminum obat. 

Pad ini bisa memberikan efek hangat ketika terpapar dengan udara selama 8 jam, dan menyembuhkan kram perut serta nyeri ketika ditempelkan. 

Kisaran harga: Rp64.000 per box. 

Dapatkan I-Free Terapi Hangat Nyeri Haid 6 Pads di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Ponstan 500 mg 10 Tablet

Ponstan memiliki  asam mefenamat yang memberikan efek analgesik (pereda nyeri), antiinflamasi, serta antipiretik (pereda demam). Obat ini selain ampuh untuk mengatasi mulas, juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri ringan hingga nyeri sedang seperti sakit kepala, sakit gigi, dismenore primer (nyeri atau kram perut), nyeri karena trauma, nyeri otot, dan nyeri pasca operasi. 

Perlu diingat bahwa ponstan adalah obat merah yang penggunaan serta pembeliannya wajib disertai resep dokter. 

Kisaran harga: Rp38.000 per strip. 

Dapatkan Ponstan 500 mg 10 Tablet  di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa obat mules yang ampuh dan mudah dicari di apotek. Selain obat-obatan ini, kamu juga bisa cari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi: 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Abdominal Pain. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan