Pahami Karakter Menarik seputar Kucing American Shorthair

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   29 Oktober 2021
Pahami Karakter Menarik seputar Kucing American ShorthairPahami Karakter Menarik seputar Kucing American Shorthair

“Kucing American shorthair dikenal dengan ciri khas bulu yang pendek, tetapi lebat. Selain itu, ada sejumlah karakter unik lain yang ada pada jenis kucing ini, seperti senang bermain, aktif bergerak, serta jenis kucing yang sehat atau jarang terserang penyakit berbahaya.

Halodoc, Jakarta – American shorthair adalah jenis kucing yang memiliki sederet keunikan dan karakter yang menarik. Jika kamu berencana mengadopsi kucing sebagai hewan peliharaan, jenis yang satu ini layak untuk masuk pertimbangan. Penasaran apa saja karakter dan ciri yang dimiliki oleh kucing American shorthair? Cari tahu jawabannya di artikel berikut ini! 

Bagi sebagian orang, American shorthair adalah jenis kucing favorit untuk dijadikan hewan peliharaan. Sebab, jenis kucing ini dikenal memiliki sifat penyayang dan hangat. Tidak hanya itu, pemilik kucing ini juga tidak perlu terlalu khawatir terkait kondisi kesehatan, sebab hewan ini tergolong sehat atau jarang terserang penyakit parah. 

Baca juga: Tips Merawat Anak Kucing Munchkin

Mengenal Jenis Kucing American Shorthair 

American shorthair merupakan jenis kucing dengan kondisi fisik cukup sehat. Jika hewan peliharaan ini dirawat dengan tepat, dan jika kamu cukup beruntung, kucing mungkin hanya perlu menemui dokter hewan untuk pemeriksaan rutin serta kondisi kesehatan yang berkaitan dengan bertambahnya usia. Dari segi ukuran, jenis kucing ini tergolong berukuran medium. 

Namun, American shorthair adalah jenis hewan yang aktif dan senang bergerak atau bermain bersama pemiliknya. Maka dari itu, penting untuk memastikan kucing ini mendapat asupan makanan serta pola diet yang baik untuk menjaga fisiknya. Sebab, masalah seputar berat badan sering menjadi penyakit yang mungkin terjadi pada kucing yang sudah tua. 

Baca juga: Tidak Sama, Ini Bedanya Kucing Siberia dengan Maine Coon

Kabar baiknya, jenis kucing ini disebut mungkin memiliki umur yang panjang, yaitu bisa mencapai usia 20 tahun. Namun, masalah khas hewan peliharaan tetap saja rentan menyerang jenis kucing ini, seperti kutu, infeksi saluran kemih, diare, cacing pita, hingga hair ball. Namun, penyakit ini jarang bersifat serius dan bisa sembuh dengan perawatan sederhana. 

Sesuai dengan namanya, shorthair, jenis kucing ini memiliki bulu atau rambut yang cenderung pendek. Namun, bulu kucing umumnya sangat lebat dan memiliki beragam warna dan pola yang cantik. Fitur wajah kucing ini bulat dan sedikit datar. Sekilas, penampilan wajah American shorthair hampir mirip dengan kucing Persia. 

Bagaimana Merawat Kucing Ini? 

Meski memiliki bulu yang pendek, bukan berarti pemilik hewan ini bisa mengabaikan perawatan rutin. Oleh karena tebal, bulu atau rambut kucing ini harus dibersihkan secara rutin. Selain merawat kulit, penting juga untuk memastikan kebersihan dan kesehatan gigi, kuku, serta pembersihan telinga secara teratur. Diet dan nutrisi untuk kucing ini juga harus direncanakan dengan baik.  

American shorthair adalah jenis kucing yang membutuhkan pengawasan nutrisi yang ketat. Hal tersebut untuk memastikan kucing terhindar dari risiko kelebihan berat badan alias obesitas yang menjadi jenis penyakit umum kucing ini. Memberikan diet yang tepat serta perawatan kesehatan secara rutin bisa meningkatkan peluang kucing hidup hingga usia maksimal, yaitu lebih dari 15 tahun. 

Baca juga: Perlu Tahu, Ini 5 Cara Tepat Merawat Kucing Anggora

Meskipun jenis kucing ini secara umum sehat, bukan berarti tidak memiliki risiko penyakit. Jika hewan peliharaan menunjukkan gejala sakit atau perubahan sikap, sebaiknya segera bawa ke klinik hewan terdekat. Sebab, bisa jadi itu adalah tanda dari gangguan kesehatan serius. Biar lebih mudah, gunakan aplikasi Halodoc untuk mencari dan menemukan daftar klinik hewan terdekat yang bisa dikunjungi. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
Americanshorthair.org. Diakses pada 2021. Most Common American Shorthair Cat Health Problems.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. American Shorthair: Cat Breed Profile. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan