• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pakai Kacamata Sering Jerawatan, Ini Pencegahannya

Pakai Kacamata Sering Jerawatan, Ini Pencegahannya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Kacamata adalah suatu benda yang wajib dikenakan bagi beberapa orang yang memiliki masalah penglihatan. Benda tersebut harus dikenakan setiap untuk mendukung aktivitas harian. Maka dari itu, kamu harus benar-benar menjaga kebersihannya ketika dikenakan.

Seseorang yang memakai kacamata mungkin saja mengalami jerawatan. Selain masalah kebersihan, ternyata kacamata dapat menyebabkan terganggunya kesehatan kulit, sehingga menyebabkan jerawat. Untuk mengetahui secara detail, berikut bahasan lengkap tentang cara mencegah jerawat karena pemakaian kacamata!

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Pengguna Lensa Kontak

Mencegah Jerawat karena Pemakaian Kacamata

Beberapa orang harus mengenakan kacamata secara teratur karena tidak dapat beraktivitas tanpa benda tersebut. Pada beberapa kasus, penggunaan kacamata dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah dan bahkan breakout. Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebab kacamata dapat membuat kulit mengalami jerawat.

Umumnya, pemakaian kacamata dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat pada penghubung kacamata yang berada di atas hidung dan juga pipi. Hal tersebut terjadi karena terdapat suatu benda yang menggosok atau memberi tekanan pada kulit. Oleh karena itu, terjadi sumbatan pada pori-pori yang membuat tumbuhnya jerawat dengan mudah. Hal ini juga lebih parah pada seseorang yang menggunakan riasan tebal dan kulit berminyak.

Apa saja hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah jerawat karena pemakaian kacamata? Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan:

  1. Penyesuaian Kacamata

Salah satu cara mencegah jerawat saat memakai kacamata adalah penyesuaian ukuran. Jika kamu harus sering mendorong kacamata ke atas hidung karena tidak pas atau terlalu berat, jerawat pun dapat tumbuh. Hal tersebut terjadi karena tangan yang tidak bersih menyentuh kulit, sehingga menyebabkan jerawat. Maka dari itu, sangat penting untuk menyesuaikan kebutuhan kacamatamu.

  1. Rajin Bersihkan Kacamata

Selalu pastikan kamu selalu membersihkan kacamata yang digunakan agar dapat mencegah timbulnya jerawat saat pakai kacamata. Disarankan untuk menggunakan alkohol dasar dan mengelap bagian yang bersinggungan dengan wajah setiap malam. Dengan membersihkan bingkai secara teratur, risiko terjadinya jerawat akan menurun.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara mencegah jerawat, tanyakan saja pada dokter di Halodoc. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa beli obat lho. Praktis tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantar dalam waktu kurang dari satu jam.

Baca juga: 7 Tips Mengurangi Bekas Merah di Wajah Sehabis Facial

  1. Beristirahat Menggunakan Kacamata

Untuk mencegah jerawat karena pemakaian kacamata, kamu bisa beristirahat dari menggunakan kacamata. Kamu mungkin tetap menggunakannya ketika pertumbuhan jerawat sedang parah. Maka dari itu, kamu dapat mengenakan patch jerawat untuk melindungi dan mengobati jerawat agar tidak bertambah parah. Selalu berikan waktu supaya wajah kamu tidak mengenakan kacamata setiap saat.

  1. Gunakan Pencuci Muka Anti-Jerawat

Kamu dapat menggunakan pencuci muka yang dapat mengatasi jerawat di beberapa apotek dan toko. Dengan menggunakan pencuci wajah yang mengandung asam salisilat di malam hari, risiko kamu mengalami jerawat di wajah akan menurun. Cobalah untuk lebih memperhatikan pipi dan jembatan hidungmu.

  1. Gunakan Pembersih Make Up

Kamu juga wajib untuk menggunakan pembersih rias wajah sebelum membersihkan wajah. Riasan dapat menumpuk di bawah kacamata, sehingga menyebabkan jerawat. Dengan memastikan tidak ada makeup yang menempel, wajah kamu akan lebih bersih sehingga bebas dari jerawat. Cobalah untuk memilih pembersih yang tidak berbasis minyak.

Baca juga: Bukan Supaya Keren, Ini 4 Manfaat Pakai Kacamata Hitam

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat karena pemakaian kacamata. Dengan melakukan hal-hal tersebut, kamu dapat terbebas dari jerawat. Jika jerawat terjadi secara parah, jangan lupa hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi:
Self. Diakses pada 2020. The acne-prevention strategies glasses wearers need to know
Bustle. Diakses pada 2020. Do glasses cause acne? These 5 tips will make sure your frames aren't the source of your breakouts