• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengobatan Alami untuk Mengatasi Tukak Lambung

Pengobatan Alami untuk Mengatasi Tukak Lambung

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Pengobatan Alami untuk Mengatasi Tukak Lambung

Penanganan pola hidup dan makanan bisa membantu mengatasi tukak lambung. Penelitian menunjukkan bahwa flavonoid merupakan pengobatan alami yang dapat meredakan tukak lambung. Makanan dan minuman yang kaya akan flavonoid antara lain kedelai, polong-polongan,anggur merah, dan kubis.”

Halodoc, Jakarta – Tukak lambung adalah luka yang menyakitkan di lapisan perut. Tukak lambung terjadi ketika lapisan tebal lendir yang melindungi perut dari cairan pencernaan berkurang, sehingga asam pencernaan menggerogoti jaringan yang melapisi perut.

Tukak lambung dapat dengan mudah disembuhkan, tetapi bisa menjadi parah tanpa perawatan yang tepat. Gejala yang paling umum dari kondisi tukak lambung adalah sensasi terbakar atau nyeri di bagian tengah perut antara dada dan pusar. Biasanya, rasa sakit akan lebih intens saat perut kosong, dan bisa berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa jam. Adakah pengobatan alami untuk mengatasi tukak lambung?

Konsumsi Makanan Sehat yang Baik untuk Sistem Pencernaan

Penanganan pola hidup dan makanan bisa membantu mengatasi tukak lambung. Berikut adalah pengobatan alami yang membantu meredakan gejala tukak lambung:

Baca juga: Ciri Tukak Lambung yang Membedakannya dengan Maag

1. Konsumsi Makanan Mengandung Flavonoid

Penelitian menunjukkan bahwa flavonoid, juga dikenal sebagai bioflavonoid, merupakan pengobatan alami yang dapat meredakan tukak lambung.  Flavonoid adalah senyawa alami yang terkandung pada banyak buah dan sayuran. Makanan dan minuman yang kaya akan flavonoid antara lain:

  • Kedelai.
  • Polong-polongan.
  • Anggur merah.
  • Kubis.
  • Brokoli.
  • Apel.
  • Berry.
  • Teh, terutama teh hijau.

2. Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah bakteri dan ragi hidup yang mengandung mikroorganisme sehat yang penting untuk saluran pencernaan. Probiotik ada dalam produk makanan termasuk makanan fermentasi, seperti:

  • Mentega susu.
  • Yoghurt.
  • Sup kedelai Jepang.
  • Kimchi.
  • Kefir.

Penelitian telah menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu menghilangkan H. pylori (salah satu penyebab tukak lambung) dan meningkatkan pemulihan kesehatan. 

Baca juga: Masalah Umum yang Mengganggu Kesehatan Pencernaan

3. Konsumsi Madu

Madu mengandung hingga 200 elemen, termasuk polifenol dan antioksidan lainnya yang sifatnya antibakteri dan telah terbukti menghambat pertumbuhan H. pylori. Selama kamu memiliki kadar gula darah normal, kamu dapat mengonsumsi madu untuk pengobatan alami mengatasi tukak lambung. 

Baca juga: 3 Manfaat Madu untuk Kesehatan Reproduksi

4. Makan Ekstrak Bawang Putih

Ekstrak bawang putih telah terbukti menghambat pertumbuhan H. pylori. Jika kamu tidak menyukai rasa  bawang putih, kamu bisa mengonsumsi ekstrak bawang putih dalam bentuk suplemen. Bawang putih bertindak sebagai pengencer darah, jadi tanyakan kepada dokter sebelum meminumnya jika kamu sedang menggunakan obat pengencer darah. 

5. Cranberry

Cranberry membantu mengurangi infeksi saluran kemih dengan mencegah bakteri menetap di dinding kandung kemih. Ekstrak cranberry dan cranberry juga dapat membantu melawan H. pylori. Itulah sebabnya konsumsi cranberry direkomendasikan untuk mengatasi tukak lambung.

Tindakan Pencegahan Alami untuk Atasi Tukak Lambung

Kamu tidak bisa total sembuh dari tukak lambung tanpa melakukan pencegahan atau menghindari yang menjadi penyebabnya. Berikut adalah pencegahan yang bisa diterapkan supaya tidak mengalami tukak lambung atau supaya tukak lambungmu tidak kambuh, yaitu:

1. Hindari makanan yang dapat mengiritasi perut. Jika konsumsi makanan tertentu dapat mengganggu pencernaan hindarilah. Setiap orang berbeda, ada yang tidak bisa makan makanan pedas, ada yang sensitif dengan buah jeruk ataupun makanan berlemak. 

2. Berlatih moderasi. Konsumsi alkohol dalam jumlah besar dan telah terbukti berkontribusi pada perkembangan bisul pada lambung, kalau kamu seorang peminum mulailah membiasakan untuk membatasi asupan alkohol.

3. Pelajari cara mengontrol tingkat stres. Olahraga teratur dan teknik relaksasi pikiran dan tubuh dapat membantu kamu mengatasi stres. 

Itulah informasi mengenai pengobatan alami untuk mengatasi tukak lambung serta hal-hal yang harus dihindari. Kalau kamu butuh informasi lebih detail mengenai tukak lambung bisa ditanyakan langsung ke Halodoc. Mau beli obat tapi males keluar rumah? Bisa banget dilakukan melalui Halodoc!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Understanding Ulcer Prevention.
Healthline. Diakses pada 2021. Natural and Home Remedies for Ulcers.